Home » Info Baru » Tips Membeli Genset Bekas Murah dan Berkualitas

Tips Membeli Genset Bekas Murah dan Berkualitas

tips+membeli+genset+bekas
Tips Membeli Genset Bekas

Tips Membeli Genset Bekas Murah dan Berkualitas – Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan penting yang harus dipenuhi dengan baik. Apalagi jika menyangkut dunia bisnis, tentunya tidak ingin merugi jika terjadi pemadaman listrik.

Solusi terbaik saat ini untuk sebagai sumber listrik cadangan adalah genset. Genset merupakan singkatan dari generato set, yaitu mesin pembangkit listrik yang dapat digunakan ketika terjadi gangguan listrik. Mesin ini menjadi pilihan yang tepat sebagai cadangan energi listrik, baik di rumah maupun di area usaha.

Meskipun banyak yang menjual di pasaran, namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membeli genset baru, sehingga alternatif terbaik adalah menyewa genset atau membeli genset bekas.

Namun, melihat biaya penyewaan genset yang cukup mahal, mungkin salah satu pilihan terbaik adalah membeli genset secod. Meskipun bekas, namun jika kita cermat dalam memilihnya, tentu saja dapat difungsikan secara maksimal untuk mencegah banyaknya kerugian akibat pemadaman listrik.

Dalam membeli generator bekas, kita harus meneliti dan mengeceknya dengan benar. Karena sangat dikhawatirkan jika baru digunakan beberapa saat, malah sering servis dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, untuk menghindari hal seperti itu, berikut akan dibahas bagaiamana cara memilih genset bekas yang berkualitas.

Baca Juga :  Mesin Cabut Bulu Ayam Dan Penggunaannya

Tips Membeli Genset Bekas Murah dan Berkualitas

Berikut merupakan beberap tips yang dapat diterapkan ketika akan membeli mesin genset bekas agar terhidar dari segala hal negatif yang tidak diinginkan. Langsung saja disimak dengan baik.

  • Tentukan kebutuhan energi listrik yang dibutuhkan. Genset merupakan sumber listrik yang memiliki berbagai jenis kapasitas. Untuk itu, sebelum membelinya, tentukan kapasitas daya listrik genset dengan kebutuhan yang diperlukan.
  • Tentukan jenis genset bekas berdasarkan bahan bakar yang paling mudah ditemukan. Jangan sampai setelah membeli, lalu kebingungan mencari bahan bakarnya. Pada umumnya, bahan bakar genset menggunakan bensin dan solar.
  • Pilih merk atau brand yang telah terjamin kualitasnya. Karena meskipun genset bekas, biasanya kinerja mesinnya masih dapat diandalkan. Beberapa merk genset yang bagus seperti yanmar, honda, krisbow dan lain-lain.
  • Sebaiknya tanyakan sudah berapa lama genset telah digunakan. Bagaimana kondisinya dan masalah apa saja yang perlu diperbaiki. Jangan memilih genset yang sudah memiliki jam operasional cukup lama, Hal ini untuk menghindari banyaknya kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi.
  • Perhatikan juga bagaimana cara perawatan dan pemeliharaan sebelumnya. Tanyakan prosedur penggunaannya, seperti bagaimana cara menghidupkan, pengantian oli mesin dan komponen apa saja yang sudah dilakukan penggantian.
  • Uji beban kerja genset dengan melakukan beberapa kali percobaan dengan cara menghidupkan mesin dan menjalankan beban sesuai kapasitas yang tertera pada genset. Genset bekas paling tidak masih mampu menghasilkan kekuatan sebesar 80%.
  • Tanyakan apakah terdapat garansi jika baru beberapa saat digunakan sudah rusak fatal. Meskipun membeli genset bekas, paling tidak si penjual berani menjamin kualitasnya. Meskipun tidak seperti genset baru, setidaknya diberi garansi 1-2 bulan.
Baca Juga :  Sistem Pendingin Pada Mesin GX 160

Nah, itulah beberapa tips yang dapat diterapkan ketika berniat untuk membeli genset bekas, murah dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top