Home » Info Baru » Pengertian Dan Bagian – Bagian Genset

Pengertian Dan Bagian – Bagian Genset

pengertian dan bagian-bagian genset
Pengertian Dan Bagian – Bagian Genset

Pengertian Dan Bagian – Bagian Genset – Postingan kali ini akan membahas tentang pengertian dan bagian-bagian mesin genset. Untuk lebih jelasnya simak artikel ini sampai selesai.

Mesin genset adalah mesin pembangkit energi listrik. Mesin tersebut merupakan gabungan dari dua komponen mesin, yaitu mesin penggerak dan generator. Mesin penggerak genset dapat berupa mesin bensin atau mesin solar. Sedangkan generatornya adalah komponen yang menghasilkan tegangan arus listrik.

Dalam tuntutan menghasilkan arus listrik, genset memiliki bagian-bagian yang bekerja sesuai tugasnya masing-masing. Komponen genset tersebut akan bekerjasama dalam satu rangkaian menjadi sebuah proses mekanik menjadi listrik.

Bagian – Bagian Genset Dan Fungsinya

1. Mesin Penggerak

Mesin penggerak adalah bagian yang menggerakan generator genset. Mesin penggerak genset ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu mesin penggerak bensin dan mesin penggerak diesel (solar). Namun, keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai sumber penggerak generator.

2. Komponen Generator

Generator merupakan bagian mesin genset yang bertugas menghasilkan energi listrik. Secara umun, geneartor terdiri dari dua komponen, yaitu :

Rotor, adalah bagian generator yang bergerak atau berputar. Perputaran rotor tersebut digerakan oleh mesin penggerak. Pada rotor inilah terdapat kumparan jangkar yang berfungsi untuk membangkitkan gaya gerak listrik AC yang kemudian diserahkan melalui komutator.

Stator, merupakan bagian generator yang diam yang terdiri dari belitan kumparan, rumah kumparan, dan sekat kumparan. Pada stator generator DC terdapat kumparan yang bertugas membangkitkan medan magnet. Dan kumparan tersebut dinamakan dengan kumparan medan. Besarnya arus yang mengalir pada kumparan sebanding dengan fluk magnet yang mengalir pada penampang inti kutub magnet.

3. AVR

AVR (automatic voltage regulator) merupakan bagian dari mesin genset yang berfungsi sebagai alat kontrol otomatis arus listrik. AVR ini akan mengatur besarnya arus listrik yang keluar dari generator. Sehingga, apabila arus yang keluar melebihi kapasitas generator, AVR ini akan mati (putus).

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian dan bagian-bagian mesin genset. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top