Home » Mesin » Bagian-Bagian Cup Sealer Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Cup Sealer Dan Fungsinya

bagian+bagian+cup+sealer
Bagian-Bagian Cup Sealer

Bagian-Bagian Cup Sealer Dan Fungsinya – Sebagai mesin yang berfungsi untuk menutup gelas plastik menggunakan suhu panas, cup selaer memiliki bagian-bagian yang penting dalam tuntutan kerjanya. Jika salah satu bagian tersebut tidak berfungsi, maka bagian yang lainnya pun tidak akan bekerja dengan benar.

Setiap bagian yang ada pada mesin pres plastik ini memiliki fungsi masing-masing. Tiap-tiap bagian tersebut akan membentuk sistem kerja antara yang satu dengan yang lainnya untuk menjalankan fungsi cup sealer.

Sistem kerja cup selaer sangat sederhana. Yakni mengubah energi listrik menjadi energi panas. Dengan panas yang dihasilkan, alat ini mampu merekatkan plastik dengan sempurna. Dan hal itu tentu saja didasari oleh bagian-bagian yang bekerja dengan baik.

Bagian-Bagian Cup Sealer Dan Fungsinya

Berikut merupakan penjelasan mengenai nama bagian-bagian pada mesin cup sealer dan fungsinya masing-masing.

1. Roll Plastik

Roll plastik adalah penggulung plastik pada mesin cup sealer yang berfungsi untuk menggulung plastik lid. Ada dua roll pada mesin ini, yaitu roll plastik lid dan roll penggulung sisa plastik. Kedua roll tersebut merupakan alur pergerakan plastik penutup gelas plastik.

2. Tuas Pres

Tuas pres merupakan gagang yang berfungsi untuk menggerakkan elemen pemanas. Pada as tuas pres ini terhubung dua pegas yang berfungsi untuk mengembalikan posisi tuas setelah melakukan pengepresan.

Baca Juga :  Bagian-Bagian Mesin Gerinda Datar Dan Fungsinya

3. Panel Indikator

Bagian selanjutnya dari mesin cup sealer yaitu panel indikator. Panel ini berupa papan plat yang terdiri dari saklar power, tombol pengatur temperatur, dan lampu indikator suhu.

4. Elemen Pemanas

Elemen pemanas inilah yang merupakan komponen utama dari cup sealer yang berfungsi untuk merekatkan gelas dengan plastik lid. Bagian ini berbentuk tabung yang terbuat dari aluminium yang mampu menahan panas hingga 250⁰ C.

5. Alat Pemotong

Alat potong pada mesin cup sealer berupa plat gergaji yang melingkari elemen pemanas. Pemotong ini bertugas memotong sisa plastik lid yang tidak menempel pada bagian permukaan gelas plastik. Alat pemotong tersebut akan bergerak secara otomatis ketika tuas pres ditarik ke bawah saat melakukan pengepresan.

6. Meja Geser

Meja geser adalah papan yang dapat digerakkan maju mundur pada mesin cup sealer. Meja inilah yang berfungsi untuk meletakan gelas minuman yang akan dipres.

7. Ring Diameter Gelas

Ring gelas merupakan sebuah ring yang memiliki dua permukaan dengan diameter yang berbeda. Ring inilah yang berfungsi untuk mengatur ukuran gelas yang digunakan pada mesin cup sealer.

Itulah penjelasan mengenai bagian-bagian cup sealer dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top