Home » Info Baru » Mesin Parut Kelapa Mini

Mesin Parut Kelapa Mini

mesin parut kelapa mini
Mesin Parut Kelapa Mini
Mesin Parut Kelapa Mini – Mesin parut kelapa adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menggiling kelapa hingga menjadi serbuk kelapa (ampas). Mesin parut kelapa ini sangat praktis untuk kalangan rumah tangga maupun bisnis wirausaha.

Mesin parut kelapa memiliki cara kerja yang sederhana. Yaitu sebuah mesin penggerak yang memutar roda gigi pemarut yang telah didesain secara khusus. Gigi pemarut tersebut akan bergesekan dan mengikis kelapa hingga menghasilkan butiran serat-serat kelapa.

Jenis mesin parut kelapa ini sangat beragam. Mulai dari mesi parut kelapa kecil, sedang, dan besar. Tetapi dari berbagai macam jenis mesin parut kelapa tersebut, memiliki sistem kerja yang sama. Yang membedakannya adalah kontruksi dan komponennya. Secara umum, komponen mesin parut kelapa tersiri dari :

Baca juga : Alat Pres Plastik

Mesin Penggerak

Mesin parut kelapa memiliki dua macam jenis mesin penggerak. Yaitu menggunakan penggerak elektro motor (dinamo) dan mesin bensin. Mesin parut kelapa yang menggunakan dinamo biasanya merupakan jenis mesin parut kelapa mini yang biasanya dipakai oleh rumah tangga. Sedangkan mesin parut yang menggunakan mesin penggerak bensin memiliki kontruksi yang lebih besar. Dan biasanya digunakan untuk memarut kelapa dalam jumlah banyak.

Rol Parutan

Rol parut merupakan komponen mesin parut kelapa yang berbentuk tabung dan dikelilingi oleh gigi pemarut. Arah gigi pemarut kelapa ini bertolakan dengan putaran mesin. Sehingga, ketika mesin penggerak berputar, rol parut ini akan bergerak mengikis kelapa yang dimasukan.

Rumah Parutan

Rumah parutan merupakan bagian yang digunakan sebagai tempat penggilingan. Pada bagian ini juga tempat diletakannya rol parutan. Rumah parutan ini telah di desain khusus mengikuti besar kecilnya mata parutan. Dan bisanya dilengkapi oleh pelindung agar ampas hasil parutan tidak berhamburan keluar.

Mesin Parut Kelapa Mini Listrik Dan Bensin

Berdasarkan mesin penggeraknya, mesin parut kelapa dibedakan menjadi dua, yaitu seperti yang akan diuraikan berikut ini.

1. Mesin Parut Kelapa Mini Listrik

Mesin parut kelapa mini sangat praktis dalam penggunaanya. Jenis mesin parut kelapa mini ini memiliki mesin penggerak berupa dinamo (eletromotor) yang emiliki daya listrik sekitar 100 watt. Karena hanya dapat menggiling dengan kapasitas kecil, mesin parut kelapa ini biasanya hanya digunakan di rumah.

Cara pemakaian mesin parut mini ini juga sangat praktis dan mudah. Cukup menghubungkan  kabel power ke sumber penggerak dan menekan tombol starnya. Setelah itu, mesin  parut kelapa mini siap untuk memarut kelapa.

Kontruksi mesin parut kelapa mini terbuat dari bahan stainless tahan karat. Sehingga, aman untuk digunakan berulang-ulang karena mudah dibersihkan. Harga mesin parut kelapa ini juga murah dan sangat terjangkau. Yaitu sekitar Rp 300.000,- sampai Rp. 400.000,- tergantung dari daerah masing-masing.

Perawatan pada mesin parut kelapa mini ini cukup mudah. Yaitu Cukup menyiram air panas pada bagian rol dan rumah parutan sehabis menggunakannya. Setelah itu besrsihkan menggunakan kuas dan lap kering sampai bersih. Namun, perlu diperhatikan saat membersihkan dinamo penggerak jangan sampai terkena air. Karena dinamon tersebut bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika menyiramkan air ketika membersikannya.

2. Mesin Parut Kelapa Penggerak Mesin Bensin

Mesin parut kelapa dengan penggerak mesin bensin ini memiliki kontruksi lebih besar dari mesin parut kelapa mini. Mesin penggerak yang digunakan adalah jenis mesin bensin GX 160. Mesin parut ini memiliki bagian yang terpisah antara rumah parutan dan mesin penggeraknya. Dan antara kedua bagian tersebut dihubungkan oleh vanbelt (tali kipas).

Untuk perawatan mesin parut kelapa berpenggerak mesin bensin, sama seperti mesin parut kelapa mini. Namun, kita harus sesering mungkin mengecek kesehatan mesin penggeraknya. Dan alangkah baiknya jika di servis secara teratur.

Cara menggunakan mesin parut kelapa berpenggerak mesin bensin ini sedikit berbeda dengan mesin parut kelapa mini. Karena kita harus menghidupkan mesin penggeraknya terlebih dahulu, setelah itu barulah dapat digunakan untuk memarut kelapa. Harga dari mesin parut kelapa berpenggerak mesin bensin ini sangat bervarisai tergantung dari mesin penggeraknya. Namun, jika mesin penggeraknya merk biasanya harganya sekitar Rp. 2.800.000.

Demikianlah ulasan mengenai mesin parut kelapa mini listrik dan bensin. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top