Mesin Fungsi Noken As Dan Cara Kerjanya

Fungsi Noken As Dan Cara Kerjanya

fungsi noken as dan cara kerjanya
Fungsi Noken As Dan Cara Kerjanya
Fungsi Noken As Dan Cara Kerjanya – Pada mesin sepeda motor atau mobil 4 tak, pasti terdapat komponen yang bernama noken as (cam shaft). Lalu, apa fungsi noken as tersebut? Dan bagaimana cara kerjanya?

Noken as merupakan komponen mesin yang berputar yang digerakan oleh ker as (crank shaft). Pada dasarnya, noken as ini berupa poros yang memiliki tonjolan (lift) pada batangnya. Tonjolan tersebut berfungsi untuk mengatur buka tutup klep pada saat mesin berjalan.

Pada mesin, noken as biasanya terletak berdekatan dengan ker as. Karena, yang memutar noken as ini sebenarnya adalah ker as. Meskipun ada juga yang letaknya agak jauh dengan ker as, pasti akan dihubungkan oleh komponen lain seperti rantai keteng atau van belt.

Fungsi Noken As Dan Cara Kerjanya

Fungsi noken as yang paling utama yaitu sebagai pengatur durasi pergerakan klep hisap dan klep buang untuk membuka dan menutup dalam upaya memasokan udara dan bahan bakar ke ruang kompresi dan juga dalam langkah membuang sisa pembakaran.

Langkah buka tutup pada klep hisap, digunakan dalam proses pemasokan udara dan bahan bakar yang menuju ruang kompresi. Sedangkan pada klep buang, proses buka tutup tersebut digunakan dalam proses pembuangan sisa pembakaran. Sehingga, fungsi noken as tersebut sangat mempengaruhi performa tenaga pada sebuah mesin.

Sebagai komponen yang selalu bergerak dan bergesekan dengan tekanan, noken as ini memiliki jangka waktu pada masalah kekuatan. Jika mesin sudah berumur, biasanya tonjolan noken as tersebut akan aus yang menyebabkan tenaga mesin menurun. Sehingga, jika sudah tiba waktunya noken as tersebut aus, maka harus diganti dengan yang baru.

Untuk menjaga agar noken as tetap awet, sebaiknya gantilah oli mesin secara teratur. Karena, oli mesin dapat mengurangi gaya gesekan yang terjadi pada noken as. Sehingga, dengan oli pelumas yang selalu prima, umur noken as dapat bertahan lebih lama.

Cara kerja noken itu sendiri merupakan gerakan tonjolan-tonjolan noken as yang berputar. Jika noken as berputar, tonjolan pertama akan mendorong klep hisap, sehingga klep hisap terbuka dan menghisap udara dan bahan bakar masuk ke ruang kompresi.

Setelah campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang kompresi, tonjolan noken as pertama tersebut berputar dan menutup klep hisap. Dengan begitu, ruang kompresi akan tertutup dan terjadilah pembakaran.

Kemudian, noken as akan berputar kembali dan mendorong tonjolan yang kedua yang mengakibatkan klep buang terbuka. Sehingga, gas sisa pembakaran akan terdorong ke luar. Begitulah seterusnya siklus cara kerja noken as.

Jadi, kesimpulan dari cara kerja noken as yaitu mendorong klep hisap dan klep buang dengan durasi sudut putaran tertentu dalam melakukan proses pembakaran di ruang kompresi. Oleh karena itu, kerusakan yang terjadi pada tonjolan noken as sangat mempengaruhi performa dan kesehatan mesin.

Demikianlah uraian mengenai fungsi noken as dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *