Home » Mesin » Prinsip Kerja Mesin Gerinda

Prinsip Kerja Mesin Gerinda

prinsip+kerja+mesin+gerinda
Prinsip Kerja Mesin Gerinda

Prinsip Kerja Mesin Gerinda – Mesin gerinda adalah mesin yang digunakan untuk memotong atau mengasah benda hingga menjadi suatu bentuk yang diinginkan. Prinsip kerja mesin gerinda itu sendiri yaitu batu gerinda tang berputar dan bersentuhan dengan benda kerja, sehingga terjadi proses pemotongan, pengasahan, dan pengikisan.

Berdasarkan prinsip kerja mesin gerinda yang telah disebutkan di atas, maka akan menghasilkan beberapa fungsimesin gerinda berupa memotong benda kerja, menghaluskan dan meratakan benda kerja, pembentukan profil pada sudut-sudut benda kerja seperti tirus dan lengkungan, pembuatan alur pada benda kerja, dan sebagai langkah finishing pengerjaan benda. Dengan begitu fungsi mesin gerinda ini sangat membantu dan memudahkan dalam menyempurnakan bentuk dan fungsi pada sebuah benda.

Secara umum, prinsip kerja mesin gerinda dibagi menjadi dua, yaitu semi otomatis dan full otomatis. Cara kerja semi otomatis yaitu dimana proses penggerendaan bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan atau pun dengan mesin secara otomatis. Sedangkan untuk full otomatis yaitu pengoperasian mesin gerinda secara otomatis penuh menggunakan program komputer.

Prinsip Kerja Mesin Gerinda

Dan berikut ini adalah jenis-jenis mesin gerinda yang memiliki cara kerja berbeda, tetapi dasar prinsip kerja yang digunakan sama, yaitu batu gerinda berputar dan menyentuh benda kerja.

1. Mesin Gerinda Permukaan (Surface Grinding Machine)

Mesin gerinda permukaan merupakan jenis mesin gerinda yang digunakan untuk memperoleh hasil permukaan yang datar, rata dan halus. Cara kerja mesin gerinda permukaan ini yaitu dengan menggerakan meja geser. Sedangkan untuk mengoperasikannya dapat dilakukan secara manual dan otomatis. Mesin gerinda permukaan ini terbagi mejadi dua jenis, yaitu :

a. Mesin Gerinda Permukaan Horizontal

Mesin gerinda permukaan horizontal ini masih dibagi menjadi dua lagi, yaitu gerakan meja bolak-balik dan gerakan meja berputar. Gerakan meja bolak-balik digunakan untuk menggerinda benda dengan permukaan rata dan menyudut. Sedangkan gerakan meja berputar digunakan unutk permukaan rata poros.

b. Mesin Gerinda Permukaan Veritikal

Mesin gerinda permukaan vertikal ini juga memiliki gerakan meja bolak-balik dan meja berputar. Fungsinya juga sama dengan mesin gerinda permukaan horizontal, yaitu untuk menggerinda benda permukaan rata dan bersudut untuk jenis meja bolak-balik dan untuk menggerinda permukaan rata poros pada gerakan meja berputar.

2. Mesin Gerinda Silindris (Cylindrical Grinding Machine)

Mesin gerinda silindris merupakan mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda benda yang memiliki bentuk silinder dan tirus. Benda kerja yang biasanya dikerjakan dengan mesin gerinda silindris yaitu bearing, poros, sleeve, spindle mesin, dan lain-lain. Mesin gerinda silindris ini terbagi menjadi 4 jenis, yaitu :

a. Mesin Gerinda Silindris Dalam

Mesin gerinda silindris dalam merupakan jenis mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda benda kerja yang memiliki diameter dalam berbentuk silinder atau pun tirus.

b. Mesin Gerinda Silindris Luar

Mesin gerinda silindris luar yaitu mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda diameter bagian luar pada benda yang memilik bentuk silider dan juga tirus.

c. Mesin Gerinda Silindris Luar Tanpa Center

Mesin gerinda silindris luar tanpa center ini biasanya digunakan untuk menggerida diameter luar benda kerja yang berbentuk silinder dan tirus dalam jumlah banyak denagn ukuran pendek maupun panjang.

d. Mesin Gerinda Silindris Universal

Mesin gerinda silindris universal inilah yang paling sempurna. Karena mampu menggerinda diameter dalam dan luar pada benda kerja yang berbentuk silinder dan tirus.

3. Mesin Gerinda Duduk (Brench Grinding Machine)

Mesin gerinda duduk merupakan jenis mesin gerinda yang memiliki dua batu gerinda yang dapat dipasang berbeda jenis. Misalnya batu gerinda potong di sebelah kiri dan batu gerinda halus di sebelah kanan. Hal itu bertujuan agar dapat memiliki multifungsi. Sehingga dapar digunakan untuk memotong maupun menghaluskan benda kerja secara bersamaan.

4. Mesin gerinda Tangan (Hand Grinding Machine)

Mesin gerinda tangan merupakan jenis mesin gerinda yang paling kecil. Pengoperasiannya manual menggunakan tangan. Cara kerjanya berbeda dengan mesin gerinda duduk. Dimana mesin gerinda duduk benda kerjanya yang digerakan, sedangkan pada mesin gerinda tangan, mesin gerindanya yang bergerak. Oleh sebab itu, penggunaan mesin gerinda tangan ini sangat cocok digunakan untuk menggerinda pada benda kerja yang memiliki permukaan tidak rata dengan celah-celah yang sempit.

Demikianlah pembahasan mengenai prinsip kerja mesin gerinda. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top