Info Baru Penyebab Dinamo Pompa Air Terbakar

Penyebab Dinamo Pompa Air Terbakar

penyebab+dinamo+pompa+air+terbakar
Penyebab Dinamo Pompa Air Terbakar

Penyebab Dinamo Pompa Air Terbakar – Mesin pompa air memiliki manfaat yang sangat penting di rumah. Namun, banyak orang yang mengabaikan perawatannya dari kerusakan-kerusakan ringan yang terjadi. Sehingga menyebabkan masalah serius yang dapat mengakibatkan dinamo pompa air terbakar.

Dinamo merupakan komponen utama pada mesin pompa air. Karena memiliki tugas penting, yaitu sebagai sumber penggerak untuk memutar impeller. Namun, banyak terjadi kasus munculnya bau gosong dari motor penggerak tersebut yang berakhir dengan keluar asap dan mesin mati.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab masalah-masalah kecil yang dapat menjadi masalah besar. Seperti mesin pompa air berbunyi kasar, terjadi kebocoran air pada mesin, dan mesin menjadi sangat panas. Karena gejala-gejala seperti itu permasalahan awal dari dinamo pompa air yang terbakar.

Penyebab Dinamo Pompa Air Terbakar Dan Cara Mengatasinya

1. Adanya Korsleting Listrik

Salah satu penyebab dinamo pompa air terbakar adalah adanya hubungan arus pendek. Hal ini biasanya dikarenakan adanya kabel yang mengelupas dan dibiarkan begitu saja. Akhirnya bersetuhan dengan kabel lainnya dan terjadi korsleting listrik.

Untuk itu, periksalah secara rutin kondisi seluruh jalur kabel pada pompa air. Seperti stop kontak, kabel power, kabel kapasitor, dan kabel-kabel lainnya. Jika menemukan adanya kabel yang mengelupas, segera perbaiki dengan membungkusnya dengan isolatip.

2. Bearing Rusak

Kerusakan pada bearing biasanya ditandai oleh mesin pompa yang berbunyi kasar. Namun, dapat juga ditandai oleh putaran mesin yang melambat karena bearing macet. Jika mengalami hal seperti ini dan membiarkannya saja, maka dapat mengakibatkan dinamo terbakar.

Oleh sebab itu, jika mesin pompa air mulai berbunyi kasar, sebaiknya langsung periksa kondisi bearingnya. Namun, kita harus membongkar bagian dinamo untuk mengeceknya. Jika ternyata mendapati bearing yang rusak, gantilah bearing tersebut dengan yang baru.

3. Seal Pompa Bocor

Kebocoran seal pada mesin pompa air merupakan masalah yang sering terjadi. Hal ini biasanya ditandai oleh adanya genangan air di bawah mesin. Seal yang bocor menyebabkan air keluar dan mengalir ke dinamo mesin.

Jika menemukan adanya air yang menetes pada mesin pompa air, segeralah periksa seal pompa untuk memastikannya. Jika seal telah aus atau pir mekaniknya patah, maka gantilah dengan yang baru.

4. Otomatis Rusak

Kerusakan pada otomatis juga dapat menyebabkan dinamo pompa air terbakar. Jika otomatis rusak, maka mesin pompa tidak dapat berhenti dan akan terus menerus menyala. Sehingga mesin akan panas dan lama-kelamaaan dapat terbakar.

Untuk mengatasi otomatis yang rusak, gantilah dengan yang baru. Karena biasanya kotkmatis yang rusak tidak dapat diperbaiki karena kendala spare part yang susah dicari.

Itulah beberapa penyebab dinamo pompa air terbakar dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *