Mesin Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Putih

Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Putih

penyebab+mesin+diesel+keluar+asap+putih
Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Putih

Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Putih – Diantara permasalahan yang sering terjadi pada mesin diesel adalah keluar asap putih yang tebal dari knalpot. Semakin di gas, maka semakin pekat asap putih yang keluar. Lalu, apa sebenarnya penyebab mesin diesel keluar asap putih tersebut?

Mesin diesel yang mengeluarkan asap pekat berwarna putih menandakan adanya beberapa komponen yang mengalami kerusakan. Kerusakan komponen tersebut mengakibatkan oli pelumas naik ke ruang pembakaran. Dan akhirnya ikut terbakar ketika mesin diesel melakukan proses pembakaran. Sehingga, sisa pembakaran yang keluar dari knalpot berwarna putih dan pekat.

Lalu, bagian apa saja yang menyebabkan oli pelumas naik ke ruang pembakaran? Diantara bagian-bagian mesin diesel yang menyebabkan hal tersebut yaitu boring aus, ring piston aus, dan packing head rusak. Setelah mengetahui penyebabnya, bagaimana cara memperbaikinya? Simak uraian berikut ini mengenai penyebab mesin diesel keluar asap putih dan cara mengatasinya.

Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Putih Dan Cara Mengatasinya

1. Boring Aus

Boring merupakan bagian pada mesin diesel yang berfungsi sebagai ruang pergerakan piston. Akibat dari langkah piston dalam jangka panjang, menjadikan boring aus (menjadi longgar). Kelonggaran tersebut tentu saja menjadi celah naiknya oli mesin ke ruang bakar. Akbibatnya, oli pelumas akan sampai ke ruang bakar dan ikut terkompresi dengan bahan bakar. Sehingga sisa pembakaran akan berwarna putih.

Untuk mengatasi boring yang telah aus pada mesin diesel, kita harus melakukan penggantian pada komponen tersebut. Karean boring mesin diesel tidak dapat dikorter untuk diperbesar diameternya (oversize). Sehingga, jalan satu-satunya untuk mengatasi boring yang rusak yaitu dengan mengganti boring tersebut.

2. Ring Piston Aus

Sama halnya dengan boring, ring piston pun akan mengalami pengikisan akibat bergesekan langsung dengan dinding boring. Akibatnya celah ring piston pun akan melebar dan menjadi jalan masuknya oli pelumas ke ruang bakar. Jika hal itu sampai terjadi, maka oli peluams akan ikut terbakar dan menghasilkan asap putih keluar dari knalpot.

Jika ring piston aus, maka kita harus mengganti ring piston tersebut dengan yang baru. Dan sebelum melakukan pemasangan ring piston yang baru, sebaiknya lakukan pengecekan dengan cara memasukan ke dalam boring. Karena biasanya jika ring piston aus, maka boring pun aus dan harus diganti dua-duanya.

3. Packing Head Rusak

Packing head merupakan pembatas antara silinder head dan blok silinder. Sedangkan pada batasan tersebut terdapat lubang saluran air pendingin. Jika packing head tersebut rusak, maka air pendingin pun akan meresap ke dalam ruang bakar dan ikur terbakar pada saat proses pembakaran mesin. Sehingga, mesin diesel akan mengeluarkan asap putih dari sisa pembakarannya.

Untuk mengatasi masalah ini, bukalah silinder head mesin diesel dan periksalah apakah packing headnya rusak atau tidak. Jika menemukan adanya paking head yang telah koyak, maka sebaiknya gantilah dengan yang baru agar terhindar dari masalah asap putih keluar dari lubang knalpot.

Itulah beberapa penyebab mesin diesel keluar asap putih dari lubang knalpot dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *