Mesin Cara Menggunakan Bor Duduk

Cara Menggunakan Bor Duduk

cara+menggunakan+bor+duduk
Cara Menggunakan Bor Duduk

Cara Menggunakan Bor Duduk – Fungsi mesin bor duduk memang sangat membantu dalam membuat lubang pada sebuah benda. Dengan menggunakan mesin bor duduk, proses pengeboran menjadi lebih mudah dan lebih tepat pada titik ukurannya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan mesin bor duduk yang benar dan aman.

Mesin bor duduk menggunakan energi listrik untuk menghidupkannya. Sehingga, sebelum mengoperasikannya, pastikan telah terhubung dengan sumber listrik. Dan langkah-langkah menggunakan mesin bor duduk adalah sebagai berikut.

Cara Menggunakan Mesin Bor Duduk

1. Colokan kabel power mesin bor duduk ke sumber listrik yang tersedia.

2. Pasang mata bor sesuai ukuran yang diinginkan pada chuck kepala bor. Gunakan kunci chuck untuk membuka dan mengencangkan mata bor.

3. Atur ketinggian meja geser agar mata bor dapat menjangkau kedalaman benda kerja dengan cara mengendurkan tuas pengaturnya ketinggian meja. Setelah meja geser berada di posisi yang tepat, kencangkan kembali tuasnya.

4. Tempatkan benda kerja yang telah diberi tanda titik pengeboran pada meja geser. Kemudian kunci benda kerja agar tidak terlepas ketika proses pengeboran berlangsung.

5. Arahkan dengan tepat mata bor ke tanda titik benda kerja dengan cara menurunkan tuas handle chuck bor. Dan pastikan ujung mata bor tepat berada pada titik benda kerja. Jika belum tepat, atur meja geser sampai posisi titik benda kerja tepat di bawah ujung mata bor.

6. Tutup kaca pelindung pada mesin bor dan hidupkan mesin bor duduk dengan menekan saklar mesin ke posisi ON.

7. Setelah mesin dihidupkan, turunkan tuas chuck secara perlahan-lahan sampai mengenai benda kerja. Kemudian tekan tuas chuck tanpa tenaga dan biarkan mata bor melakukan pengeboran dengan sendirinya sampai selesai.

Jika melakukan pengeboran pada lubang yang dalam, angkatlah sesekali tuas handle chuck agar bram (runtuhan sisa bor) dapat keluar. Dan untuk pengeboran benda keras, teteskan air cooler secara bertahap agar mata bor tidak cepat panas yang mengakibatkan mata bor tumpul.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan bir duduk. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *