Home » Mesin » Bagian – Bagian Mesin Bubut Dan Fungsinya

Bagian – Bagian Mesin Bubut Dan Fungsinya

bagian - bagian mesin bubut dan fungsinya
Bagian – Bagian Mesin Bubut Dan Fungsinya
Bagian – Bagian Mesin Bubut Dan Fungsinya –  Postingan kali ini akan membahas tentang bagian-bagian mesin bubut dan fungsinya. Apa saja komponen yang ada pada mesin bubut? Silahkan simak uraian berikut ini.

Mesin bubut merupakan mesin perkakas yang berfungsi untuk memotong benda kerja melalui proses putaran. Pemotongan tersebut berupa penyayatan yang dihasilkan oleh mata bubut dan kinerja bagian-bagian mesin bubut yang dioperasikan oleh handle mesin.

Fungsi memsin bubut ini yaitu melakukan pengikisan terhadap benda kerja hingga menghasilkan pemotongan benda, pembuatan alur, membuat lubang, memperbesar ukuran lubang, membuat ulir, dan membuat tirus pada benda kerja.

Berdasarkan fungsinya, mesin bubut dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu jenis mesin bubut manual, mesin bubut semi otomatis, dan mesin bubut otomatis (CNC).

1. Mesin Bubut Mini (Manual)

Mesin bubut mini merupakan mesin bubut yang berukuran paling kecil. Sistem kerja dari mesin bubut mini ini dioperasikan sepenuhnya secara manual. Jenis mesin bubut ini, biasanya digunakan untuk membubut benda kerja yang berukuran kecil.

2. Mesin Bubut Standar (Semi Otomatis)

Mesin bubut standar adalah meisn bubut yang memiliki ukuran standar ISO. Sistem kerjanya yaitu semi otomatis. Dimana dapat dioperasikan secara manual maupun otomatis. Namun, jika akan menyetel otomatis, perlu disetting secara manual terlebih dahulu. Oleh karena itu, disebutlah mesin bubut semi otomatis.

3. Mesin Bubut CNC (Otomatis)

Mesin bubut CNC merupakan kependekan dari Computer Numerically Controled. Dimana untuk mengoperasikan mesin bubut CNC ini kita harus membuat program terlebih dahulu melalui komputer yang merupakan otak dari pergerakan otomatis mesin bubut tersebut. Setelah selesai membuat program, kita tinggal meletakan benda kerja pada kepala tetap mesin bubut dan mesin bubut tersebut akan bergerak secara otomatis sampai program yang ada dikomputer tersebut selesai.

Bagian-bagian mesin bubut pada dasarnya terdiri dari tiga komponen utama, yaitu dinamo penggerak, meja mesin dan dudukan mata pahat. Ketiga komponen itulah yang berkolaborasi dalam melakukan gerakan pembentukan benda kerja. Namun untuk lebih jelasnya mengenai bagian-bagian tersebut, silahkan simak uraian berikut ini.

Bagian – Bagian Mesin Bubut Dan Fungsinya

1. Kepala Tetap

Kepala tetap merupakan bagian yang berfungsi sebagai dudukan benda kerja. Kepala tetap ini berada di sebelah kiri mesin. Pada kepala tetap ini terdapat cekam (chuck) yang berfungsi sebagai penjepit benda kerja. Selain itu, terdapat juga beberapa tombol pengoperasian mesin seperti pengatur kecepatan, pengatur arah putaran, dan saklar utama.

2. Kepala Lepas

Dinamakan kepala lepas karena memang bagian ini dapat dilepas sesuai dengan fungsinya. Namun fungsi utama dari kepala lepas ini adalah sebagai senter penahan benda kerja. Posisi senter dari kepala lepas ini sejajar dengan kepala tetap. Sedangkan fungsi lain dari kepala lepas yaitu sebagai tempat chuck bor untuk proses pengeboran atau memperbesar ukuran lubang pada benda kerja.

3. Eretan

Eretan merupakan bagian tempat dudukan mata pahat mesin bubut. Eretan ini dapat bergerak maju mundur maupun melintang tergantung dari proses pembubutannya. Dan pada eretan ini dilengkapi dengan roda pemutar sebagai pengatur ukuran seberapa tipis atau tebal proses penyayatannya.

4. Meja Mesin

Meja mesin ini merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat dudukan kepala lepas dan eretan. Meja mesin ini memiliki permukaan yang sangat halus dan ukuran presisi yang sangat tinggi. Hal itu bertujuan agar proses pembubutan tidak terjadi kesalahan dalam ukuran. Karena jika meja mesin sudah rusak (tidak rata), maka hasil bubutan akan mengalami masalah dalam ukurannya.

5. Rumah Mata Pahat

Rumah mata pahat ini terletak pada eretan. Bagian ini berfungsi sebagai penjepit dan penahan mata pahat. Rumah mata pahat ini terdiri dari dua macam. Yaitu rumah mata pahat tetap (diam) dan rumah mata pahat yang dapat disetel posisi mata pahatnya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bagian-bagian mesin bubut dan fungsinya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top