Home » Mesin » Cara Bongkar Pasang Mesin GX 160

Cara Bongkar Pasang Mesin GX 160

cara+bongkar+pasang+mesin+gx160
Cara Bongkar Pasang Mesin Gx160

Cara Bongkar Pasang Mesin GX 160 – Membongkar seluruh bagian mesin GX 160 biasanya dilakukan ketika akan melakukan servis total untuk melakukan proses korter pada bagian silinder blok. Pembongkaran tersebut dilakukan agar tidak mengganggu jalannya proses pengkorteran.

Korter itu sendiri merupakan proses memperbesar ukuran diameter silinder blok atau over size. Over size biasanya dilakukan ketika silinder blok mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa berupa baret atau aus karena gesekan ring piston. Untuk mengkorter mesin gx160, maka harus melakukan bongkar pasang seluruh komponen hingga yang tersisa hanya crankcase.

Dalam melakukan pembongkaran, lakukanlah secara berurutan dengan benar agar tidak terjadi kerusakan pada komponen lainnya. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara melakukan bongkar pasang pada keseluruhan bagian mesin GX 160.

Cara Bongkar Pasang Mesin GX 160

Langkah-langkah melakukan bongkar pasang pada mesin gx160 adalah sebagai berikut:

1. Bukalah filter udara dengan melepas baut pengunci yang berada di atas filter udara tersebut.
2. Kemudian lepaslah karburator dengan membuka 2 baut pengunci yang berada di depan karburator tersebut. Saat melepas karburator, jangan lupa untuk melepasakan kawat gas yang melekat pada karburator tersebut. Dan juga melepas selang bensin danmenutupnya dengan baut atau obeng.
3. Setelah itu, lepaskan tuas gas dengan membuka 2 baut penguncinya dan lepaskan juga pir gas yang mengait pada tuas gas tersebut.
4. Kemudian bukalah cover fun dengan melepaskan 4 baut peguncinya terlebih dahulu dan jangan lupa untuk melepaskan juga kabel massa yang menempel pada cover fun tersebut.
5. Setelah itu, lepaslah CDI dengan melepas 2 baut penguncinya.
6. Lepaskan knalpot dengan membuka 2 mur penguncinya.
7. Kemudian lepaskan juga tangki bahan bakar dengan membuka 1 baut dan 2 mur penguncinya.
8. Bukalah cover bonnet (OHV) dengan melepas 4 baut penguncinya.
9. Setelah itu lepaskan rocker arm (penyetel klep). Setelah rocker arm terlepas ambilah topi klep yang menempel pada ujung klep external. Dan ambil juga sepasang push road (sumpit) yang telah terlepas dari rocker arm tersebut.
10. Bukalah 4 baut silinder head dan lepaskan silinder head tersebut. Jika sedikit susah, ketuklah dengan palu secara perlahan – lahan. Setelah silinder head terlepas, ambil packing head yang menempel pada permukaan silinder head tersebut.
11. Setelah semua bagian luar terlepas, buanglah oli pelumas dengan melepas baut tap oli pelumas dan 2 buah tutup oli mesin yang biasanya berada berseberangan.
12. Setelah oli pelumas terbuang tuntas, bukalah tutup crank case yang berada di samping mesin dengan membuka 6 baut penguncinya.
13. Kemudian ambilah cam shaft (knoken as) dan 2 buah tappet.
14. Setelah itu, lepaskan 2 baut pengunci tangkai piston yang melekat pada tangkai piston tersebut. Setelah bautnya terlepas, ambilah piston dan tangkainya dengan mendorong tangkai piston tersebut ke luar.
15. Kemudian lepaskan mur pengunci roda magnet dan lepaskan kipas dan roda magnet tersebut beserta spi penahannya. Untuk melepas roda magnet, kita bisa menggunakan tracker roda magnet.
16. Setelah roda magnet terlepas, ambilah crank shaft dengan mengetuk secara perlahan -lahan.
17. Kemudian lepaskanlah tangkai governor dengan melepas mur penguncinya dan ambilah as governornya.
18. Setelah itu, lepaskan governor assy dengan mengetuk dari bagian luar mesin.
19. Dan yang terakhir yaitu melepas oli seal dan bearing crank shaft. Untuk melepas oli seal, kita bisa menggunakan obeng untuk mencukilnya. Dan setelah oli seal terlepas barulah melepas bearing dengan mengetuk dari arah luar mesin.

Baca Juga :  Cara Kerja Kulkas Dan Bagian-Bagiannya

Demkianlah pembahasan mengenai cara bongkar pasang komponen pada mesin GX 160. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top