Home » Penyebab Mesin Diesel Tidak Bertenaga

Penyebab Mesin Diesel Tidak Bertenaga

mesin+diesel+tidak+bertenaga
Penyebab Mesin Diesel Tidak Bertenaga

Penyebab Mesin Diesel Tidak Bertenaga – Hilangnya tenaga saat diberi beban merupakan permasalahan yang sering terjadi pada mesin diesel. Masalah ini biasanya terjadi pada mesin diesel yang sudah berumur, namun bisa juga dialami oleh mesin diesel baru yang kurang perawatan.

Dalam kasus mesin diesel hilang tenaga, biasanya mesin masih bisa dinyalakan. Sebagai contoh adalah mesin molen. Jika gentong molen kosong, mesin begitu mudah dihudupkan, tetapi begitu gentong diisi bahan adonan cor, maka mesin akan tersendat-sendat lalu mati sendiri.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, butuh pengecekan pada komponen yang berhubungan dengan kompresi mesin. Karena, penyebab hilangnya tenaga pada mesin diesel adalah kompresi yang menurun. Sehingga tidak mampu untuk menarik beban yang dibebankannya.

Dan berikut merupakan beberapa bagian yang memungkinkan menjadi penyebab mesin diesel tidak bertenaga. Silahkan disimak agar dapat menemukan solusi untuk memperbaikinya.

Penyebab Mesin Diesel Tidak Bertenaga

1. Cylinder Liner Aus

Cylinder liner atau boring merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat pergerakan piston. Langkah piston secara terus menerus akan mengikis dinding cylinder. Sehingga, dalam jangka waktu yang lama, dinding cylinder akan aus yang menyebabkan kompresi mesin menurun.

Untuk mengecek kondisi cylinder liner apakah masih bagus atau tidak, cukup meraba dinding bagian dalamnya. Jika sudah tidak rata atau bergelombang, berarti cylinder liner tersebut sudah aus dan harus diganti.

2. Ring Piston Aus

Mesin diesel yang tidak bertenaga juga dapat disebabkan oleh ring piston yang aus. Sama seperti boring, ring piston ini memiliki batasan umur yang jika sudah longgar harus diganti dengan yang baru.

Pengecekan ring piston ini dapat dilakukan dengan menggunakan feeler gauge. Caranya yaitu melepas ring piston tersebut dari piston, kemudian memasukannya ke dalam boring. Jika jarak celah ring piston melebihi 0,20 mm, maka sudah waktunya melakukan penggantian pada ring piston.

3. Kebocoran Pada Klep

Mesin diesel yang sudah berumur, biasanya klep dan sitting klep akan habis. Sehingga klep tidak dapat menutup sempurna dan terjadi kebocoran kompresi. Meskipun kondisi seperti ini masih bisa diakali dengan memancing oli saat menyalakan mesin, namun ketika mesin hidup tenaganya akan hilang jika dibebani.

Oleh sebab itu, jika tenaga mesin diesel mulai menurun, periksalah kondisi klep dan sitting klep. Jika permukaanya sudah terkikis habis, lakukanlah penggantian pada kedua bagian tersebut. Dan jangan lupa untuk penyekir klep terlebih dahulu sebelum memasangnya.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab mesin diesel tidak bertenaga. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top