Home » Cara Kerja Mesin Potong Rumput Gendong

Cara Kerja Mesin Potong Rumput Gendong

cara+kerja+mesin+potong+rumput
Cara Kerja Mesin Potong Rumput Gendong

Cara Kerja Mesin Potong Rumput Gendong – Mesin potong rumput adalah mesin yang digunakan untuk membabat rumput. Salah satu jenis yang sering digunakan adalah mesin potong rumput gendong. Motor penggerak pada mesin potong rumput jenis ini ada dua macam, yaitu motor bensin 2 tak dan 4 tak. Cara kerja mesin potong rumput gendong ini dipengaruhi oleh komponennya yang bergerak sesuai fungsi dan tugas masing-masing. Adapun beberapa komponen utama pada mesin potong rumput gendong yaitu :

1. Mesin Penggerak

Mesin penggerak pada mesin potong rumput gendong dibedakan menjadi dua macam, yaitu mesin 2 tak dan 4 tak. Meskipun berbeda jenis, namun dari kedua mesin penggerak tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai sumber penggerak utama mesin. Dan putaran yang dihasilkan oleh mesin penggerak tersebut nantinya akan ditransmisikan menuju kampas kopling, flexible shaft, gear box, dan berakhir pada mata potong.

2. Kampas Kopling

Kampas kopling pada mesin potong rumput berfungsi untuk mentransmisikan putaran mesin penggerak ke flexible shaft. Cara kerja kampas kopling ini yaitu membuka dan menutup sesuai putaran mesin. Pada putaran lambat (idle), komponen ini akan menutup, sehingga putaran mesin tidak ditransmisikan ke flexible shaft. Sebaliknya jika putaran mesin meningkat, kampas kopling ini akan membuka dan menyentuh rumah kampas yang kemudian berputar menggerakan flexible shaft.

3. Flexible Shaft

Flexible shaft merupakan komponen berupa batang as lentur yang dapat mentransmisikan putaran pada titik kelengkungan tertentu. Oleh sebab itulah mengapa mata potong dapat terus berputar meskipun gagang mesin potong rumput digerakan ke arah mana saja. Tugas dari flexible shaft ini yaitu meneruskan putaran mesin dari rumah kampas menuju gear box pada dudukan mata potong.

4. Gear Box

Gear box atau dudukan mata potong adalah bagian yang berfungsi sebagai pengubah putaran secara vertikal horizontal. Selain itu, gear box ini juga bertugas sebagai dudukan mata potong. Dimana pada ujung komponen ini terdapat flange penjepit yang digunakan untuk memasang mata potong rumput.

5. Mata Potong

Pada umumnya, mata potong mesin potong rumput memiliki tiga buah jenis, yaitu mata potong pelat baja, mata potong senar, dan mata potong cyrcle (bentuk lingkaran). Meskipun memiliki bentuk yang berbeda-beda, namun ketiga jenis mata potong tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai pembabat rumput.

Setelah mengetahui komponen-komponen utama pada mesin potong rumput gendong, pasti sudah ada gambaran bagaimana mesin potong rumput bekerja. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian berikut tentang cara kerja mesin mesin potong rumput gendong.

Cara Kerja Mesin Potong Rumput Gendong

Cara kerja mesin potong rumput berawal ketika mesin potong rumput dihidupkan, maka putaran mesin berada pada rpm terendah (idle). Dalam keadaan ini, kampas kopling berputar tanpa membuka. Sehingga mata potong pun belum berputar.

Jika kita menarik/menaikan tuas gas, maka putaran mesin akan meningkat. Sehingga, kampas kopling akan perlahan membuka dan menyentuh rumah kampas. Akibatnya rumah kampas akan berputar mengikuti kampas kopling.

Rumah kopling yang berputar akan memutar flexible shaft. Kemudian putaran tersebut akan sampai pada gear box. Di dalam gear box, putaran akan diubah tegak lurus hingga memutar shaft dudukan mata potong.

Dengan begitu, mata potong pun akan berputar sesuai putaran mesin. Semakin tuas gas ditarik penuh, maka putaran mata potong pun akan semakin cepat.

Kecepatan putaran mata potong tersebutlah yang akan bersentuhan dengan rumput hingga rumput terpotong. Semakin cepat putaran mesin, maka mata potong pun akan lebih mudah dalam membabat rumput. Namun, semua itu juga dipengaruhi oleh ketajaman mata potongnya.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakan mesin potong rumput sebaiknya asah terlebih dahulu mata potongnya agar pemotongannya lebih tajam dan cepat.

Begitulah kira-kira penjelasan mengenai cara kerja mesin potong rumput gendong. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top