Home » Mesin » Komponen Mesin Genset 2 Tak Dan Fungsinya

Komponen Mesin Genset 2 Tak Dan Fungsinya

komponen+genset+2+tak
Komponen Genset 2 Tak

Komponen Mesin Genset 2 Tak Dan Fungsinya – Salah satu diantara jenis mesin genset yaitu genset 2 tak. Mesin pembangkit listrik ini menggunakan mesin 2 tak sebagai penggeraknya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa saja komponen yang ada pada mesin genset 2 tak beserta fungsinya.

Fungsi mesin genset itu sendiri adalah sebagai pembangkit listrik ketika terjadi pemadaman. Mesin ini mampu mengubah energi gerak menjadi energi listrik yang dapat digunakan kapan saja. Melihat pentingnya peranan mesin genset tersebut, maka kita perlu mengetahui nama komponen yang ada di dalamnya. Sehingga ketika terjadi permasalahan, kita dapat menemukan penyebabnya dengan mudah.

Secara umum, komponen mesin genset terdiri dari dua bagian utama, yaitu mesin penggerak dan generator. Pada genset 2 tak, mesin penggerak yang digunakan adalah jenis mesin 2 tak dengan menggunakan bahan bakar bensin campur. Berbeda dengan genset 4 tak yang menggunakan bahan bakar bensin murni atau solar.

Komponen Mesin Genset 2 Tak Dan Fungsinya

Mesin genset 2 tak atau sering dikenal dengan genset mini merupakan mesin genset yang berukuran relatif kecil. Kapasitas daya listriknya biasanya kurang dari 1000 Watt. Mesin ini sering digunakan oleh para pedagang dan nelayan di malam hari sebagai sumber listrik. Nah, berikut merupakan nama-nama komponen yang ada pada mesin genset 2 tak dan fungsinya masing-masing.

Baca Juga :  Macam - Macam Mesin Potong Rumput

A. Mesin Penggerak

Seperti namanya, mesin penggerak pada genset 2 tak mengusung jenis mesin 2 tak. Oleh sebab itulah bahan bakar yang digunakan adalah bensin campur. Meskipun begitu, komponen yang ada pada mesin 2 tak tidak jauh berbeda dengan mesin 4 tak, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Tangki Bensin

Tangki bensin adalah komponen yang berfungsi sebagai penampung bahan bakar. Tangki bensin pada genset 2 tak berukuran kecil. Bisanya hanya dapat menampung bensin sekitar 4 sampai 5 liter. Untuk itu, jika ingin menggunakan genset ini dalam waktu yang lama, maka harus menyiapkan bensin cadangan.

2. Karburator

Karburator adalah komponen yang berfungsi sebagai penyuplai bahan bakar ke dalam ruang pembakaran mesin. Dengan fungsinya yang begitu penting, maka karburator harus sering dibersihkan agar performa mesin genset tetap optimal.

3. Sistem Pengapian

Genset 2 tak menggunakan sistem pengapian yang berujung pada busi. Pengapian tersebut tercipta oleh beberapa komponen yang saling bekerja sama dalam menjalankan fungsinya, diantaranya yaitu roda magnet, CDI magneto, ignition coil, dan busi. Untuk itu, jika pengapian genset 2 tak hilang, periksalah bagian-bagian tersebut satu persatu.

Baca Juga :  Mesin Serutan Es Listrik Dan Manual

B. Generator

Generator adalah bagian penghasil energi listrik dengan memanfaat putaran dari mesin penggerak pada genset. Pada genset 2 tak, terdapat beberapa komponen yang terhubung pada generator sebagai pendukung timbulnya arus listrik, diantaranya yaitu:

1. Kapasitor

Kapasitor pada genset 2 tak memiliki ukuran kapasitas berkisar antara 12 sampai 24 microfarad. Fungsi kapasitor pada umumnya adalah sebagai penyimpan muatan listrik. Kerusakan pada kapasitor akan mengakibatkan genset tidak keluar arus listrik. Nah, jika mengalami masalah pada genset 2 tak tidak ada arus listrik, maka periksalah pada bagian kapasitor.

2. Switch Breaker

Pada genset 2 tak biasanya terdapat bagian yang bernama switch breaker. Komponen ini biasa terletak berdekatan dengan steker (lubang output). Fungsi dari switch breaker ini adalah untuk memutuskan jalur arus listrik jika penggunaan beban listrik melebihi kapasitasnya.

Nah, itulah beberapa komponen mesin genset 2 tak beserta fungsinya yang penting untuk diketahui. Jika mengalami permasalahan pada mesin genset seperti genset susah dihidupkan atau tidak keluar listrik, maka periksalah bagian-bagian tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top