Mesin Bagian Utama Tabung Pompa Air

Bagian Utama Tabung Pompa Air

tabung+pompa+air
Bagian – Bagian Tabung Pompa Air

Bagian Utama Tabung Pompa Air – Mesin pompa air atau yang sering dinamakan mesin alkon atau mesin sedot air, memiliki dua bagian utama yang keduanya merupakan bagian terpenting pada mesin pompa air tersebut. Kedua bagian tersebut yaitu mesin penggerak dan tabung pompa air.

Pada umumnya, sumber penggerak dari mesin pompa air ini yaitu mesin bensin dan mesin diesel solar. Namun ada juga yang merangkainya dengan menggunakan sumber penggerak dinamo atau elektromotor.

Tabung pompa air pada mesin alkon ini memiliki bagian-bagian yang sama pentingnya antara yang satu dengan bagian yang lainnya. Bagian-bagian tersebut merupakan rangkaian dari sebuah sistem kerja yang saling berkaitan.

Sehingga apabila salah satu bagian tersebut mengalami masalah, dapat dipastikan mesin pompa air tersebut tidak dapat berfungsi secara maksimal untuk menghisap dan memompa air. Dan berikut ini adalah bagian – bagian dari tabung pompa air dan sedikit penjelasannya.

Bagian – Bagian Utama Tabung Pompa Air Dan Fungsinya

1. Sock Drat

Sock drat merupakan bagian pada tabung pompa air yang berfungsi untuk mengaitkan selang. Bagian ini terletak pada ujung lubang hisap dan lubang buang. Pada setiap tabung pompa air, terdapat dua buah sock drat dengan ukuran yang sama. Sock drat ini dapat dilepas dan diganti dengan ukuran lubang selang yang akan dipasang.

2. Tutup Tabung / Drain Plug

Pada tabung pompa air, terdapat dua buah tutup air. Satu terletak di bagian atas dan satunya lagi terletak di bawah tabung pompa air. Tutup bagian atas berfungsi untuk menutup lubang pengisian / pemancing air, sedangkan tutup bagian bawah berfungsi untuk menutup lubang pembuangan air.

3. Volute Case / Housing Impeller / Keongan

Volute case atau yang sering disebut dengan keongan merupakan bagian yang terbuat dari besi cor ( casting ) yang berfungsi sebagai ruang gerak dari baling – baling pompa air. Biasanya pada keongan ini terdapat sebuah coakan yang berfungsi sebagai penahan agar keongan tersebut tidak bergeser saat mesin pompa air dihidupkan.

4. Impeller / Baling – Baling Pompa

Baling – baling pada pompa air memiliki dua tipe, yaitu tipe drat dan tipe kones ( spi ). Untuk tipe kones biasanya ditandai dengan adanya baut pengunci pada baling – baling tersebut. Pada baling – baling pompa air ini terdapat seal adjuster yang berfungsi sebagai tempat menempelnya mekanikal seal.

5. Mekanikal Seal

Mekanikal seal merupakan sebuah seal yang memiliki pir penahan. Mekanikal seal inilah yang berfungsi untuk menahan air agar tidak keluar pada saat mesin pompa air dihidupkan. Mekanikal seal ini juga sangat memepengaruhi daya hisap dari sebuah mesin pompa air. Jika mekanikal seal sudah aus, maka daya hisap pompa air akan berkurang.

Itulah pembahasan mengenai bagian-bagian utama mesin pompa air alkon dan sedikit penjelasanaya. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *