Home » Mesin » Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+gerinda+tangan
Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan Dan Fungsinya – Mesin gerinda tangan adalah jenis mesin gerinda yang memiliki berbagai macam fungsi. Kita harus mengetahui bagian-bagain pada mesin gerinda tangan ini sebelum memakainya. Hal ini bertujuan agar tidak menyebabkan kesalahan yang dapat membahayakan keselamatan bekerja.

Pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian, fungsi, bagian-bagian mesin gerinda tangan dan fungsinya, beserat cara penggunaan mesin gerinda tangan sesuai prosedur yang benar.

Pengertian Mesin Gerinda Tangan

Mesin gerinda tangan adalah salah satu jenis mesin gerinda yang berfungsi untuk memotong, mengasah, menghaluskan dan meratakan benda kerja. Cara kerjanya yaitu merubah energi listrik menjadi energi gerak. Gerakan yang dihasilkan berupa putaran yang memutar mata gerinda. Mata gerinda itulah yang berfungsi sebagai pengikis, sehingga menghasilkan alur berupa pemotongan atau perataan permukaan benda.

Mesin gerinda tangan memiliki bagian yang dinamakan mata gerinda. Bagian inilah yang memiliki fungsi utama pada mesin gerinda. Mata gerinda memiliki beragam jenis bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Diantaranya jenis-jenis mata gerinda yaitu mata gerinda potong, mata gerinda asah, mata gerinda keramik, mata gerinda polishing pad, dan lain-lain.

Mesin gerinda tangan dalam dunia tehnik sering disebut dengan angel grinder. Pada umumnya, mesin pemotong ini memiliki dua varian jenis berdasarkan ukuran mata gerindanya, yaitu gerinda 4 inchi dan 7 inchi.

Bagian-bagian mesin gerinda tangan sebenarnya sangat sederhana. Karena hanya berupa rangkaian komponen mesin penggerak dan bagian elektrik yang menghasilkan energi gerak. Hal ini berlaku juga pada setiap komponen mesin gerinda, baik komponen gerinda tangan maupun komponen mesin gerinda duduk.

Fungsi Mesin Gerinda Tangan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa mesin gerinda tangan memiliki berbagai macam fungsi berdasarkan jenis mata gerinda. Dan berikut merupakan beberapa fungsi mesin gerinda tangan, diantaranya:

  • Memotong benda kerja dengan ketebalan yang tidak terlalu tebal
  • Membentuk profil pada benda kerja, seperti sudut, lengkungan, tirus, dan lain-lain
  • Meratakan dan menghaluskan permukaan benda kerja
  • Menajamkan perlatana alat potong supaya tajam
  • Menghilangkan sisi tajam pada permukaan atau sudut-sudut tepian benda kerja
  • Digunakan sebagai proses penyelesaian akhir (finishing) pada benda kerja

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan Dan Fungsinya

Bagian-bagian mesin gerinda tangan terdiri dari armature, stator, carbon brush, roda gigi penghubung, saklar, bearing, flange, kabel dan mata gerinda. Setiap bagian-bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Berikut penjelasannya.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Mesin Gerinda Datar Dan Sistem Kerjanya

1. Armature (Rotor)

Armature merupakan poros utama pada mesin gerinda tangan. Bagian ini terbuat dari gulungan tembaga. Pada salah satu ujungnya terdapat kipas yang berfungsi sebagai pendingin mesin dan penyeimbang putaran. Dan di salah satu ujung lainnya terdapat kolektor yang berfungsi sebagai tempat gesekan antara rotor dengan carbon brush. Pada bagian armature ini melekat dua buah bearing yang merupakan tempat dudukan berputarnya armature itu sendiri.

2. Stator Gerinda

Stator adalah bagian yang diam pasangan dari armature. Bagian ini berfungsi untuk menggerakan armature. Rangkanya berbentuk lingkaran memanjang. Terbuat dari gulungan tembaga yang tersusun rapih dan teratur. Kedua ujung gulungan tembaganya, terdapat dua jalur kabel yang memiliki fungsi berbeda. Kabel yang satu berfungsi sebagai penghubung dengan rumah carbon brush. Sedangkan kabel yang satunya lagi sebagai penghubung ke sumber listrik.

3. Carbon Brush (Spul)

Di kalangan masyarakat umum, carbon brush sering disebut dengan spul/brustel/arang. Merupakan bagian mesin gerinda tangan berupa karbon padat yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Pada ujungnya terdapat pir yang berfungsi untuk memastikan carbon brush tersebut selalu menempel pada kolektor armature. Jenis carbon brush mesin gerinda tangan sangat bervariasi. Mulai dari bentuk,ukuran, dan model pengaitnya.

4. Roda Gigi Penghubung (Helical Gear)

Roda gigi penghubung merupakan sepasang roda gigi yang saling mengait. Bentuk kedua ujung roda gigi tersebut adalah tirus, sehingga apabila dipadukan akan menghasilkan gerakan putaran yang tegak lurus. Bentuk gigi dari roda gigi penghubung ini ada yang lurus dan ada juga yang berbentuk miring. Biasanya setiap merk dan tipe mesin gerinda tangan bentuknya berbeda-beda.

5. Saklar Gerinda

Saklar adalah bagian yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Letaknya ada yang di atas dan di belakang mesin. Saklar pada mesin gerinda tangan ini biasanya ada juga yang dilengkapi dengan pengatur kecepatan putaran (speed control). Pengatur kecepatan inilah yang berfungsi untuk mengatur cepat lambatnya putaran pada mesin gerinda tangan.

6. Bearing Gerinda

Bearing atau laher merupakan komponen mesin gerinda tangan yang berfungsi sebagai tempat dudukan armature. Di dalam mesin gerinda tangan, terdapat tiga buah bearing. Yaitu dua buah bearing yang melekat pada armature dan satunya lagi berada kepala mesin gerinda tangan. Bearing ini memiliki nomer dan ukuran yang sangat beragam. Jadi apabila kita akan mengganti bearing mesin gerinda tangan, jangan lupa untuk melihat nomer yang tertera pada bearing tersebut.

Baca Juga :  Bagian Utama Tabung Pompa Air

7. Flange

Flange atau penjepit mata gerinda adalah bagian mesin gerinda tangan berupa sepasang lempengan besi yang berfungsi sebagai tempat dudukan batu gerinda. Bagian ini berada pada ujung mesin gerinda tangan. Pada flange inilah terdapat lubang untuk kunci mata gerinda.

8. Kabel

Sudah sangat jelas fungsi dari kabel. Tidak hanya pada mesin gerinda tangan, tetapi pada semua perangkat elektronik mana pun pasti memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai media aliran arus listrik. Fungsi kabel pada mesin gerinda tangan yaitu sebagai penghubung antara mesin gerinda dengan sumber listrik. Dan juga sebagai penghubung antara bagian-bagian komponen elektrik mesin gerinda tangan.

9. Mata Gerinda

Bagian selanjutnya yaitu mata gerinda. Bagian ini sering disebut batu gerinda. Bentuk mata gerinda ini yaitu lingkaran seperti piringan pipih dan sangat beragam jenisnya. Mata gerinda inilah yang paling berperan dalam memotong atau meratakan benda kerja. Sebelum menggunakan mata gerinda, kita harus paham terlebih dahulu macam-macam jenis mata gerinda tersebut. Karena setiap mata gerinda memiliki fungsi yang berbeda-beda.

10. Pelindung

Pada mesin gerinda tangan terdapat pelindung yang berada pada kepala mesin. Pelindung ini sering disebut dengan wheel guard. Fungsi wheel guard adalah untuk mengarahkan percikan gesekan antara mata gerinda dan benda kerja. Sehingga ketika menggunakan mesin gerinda tangan akan lebih aman dan nyaman.

Cara Penggunaan Mesin Gerinda

Dalam penggunaan mesin gerinda, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

  • Gunakan alat pelindung diri sesuai standar bekerja, seperti kacamata kerja, penutup telinga, sarung tangan, helm kerja, sepatu safety dan masker.
  • Pastikan mesin gerinda tangan dalam keadaan normal (tidak rusak).
  • Pastikan telah mengenal bagian-bagian mesin gerinda dan fungsinya.
  • Pilihlah mata gerinda sesuai fungsinya.
  • Gunakan kunci mata gerinda ketika memasang dan melepas mata gerinda.
  • Pegang mesin dengan kuat ketika menggerinda.
  • Setelah selesai menggerinda, bersihkan mesin gerinda dan simpan di tempat yang aman.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, fungsi, bagian-bagian mesin gerinda tangan dan fungsinya, serta cara penggunaan mesin gerinda tangan yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan di dunia tehnologi permesinan.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top