Home » Mesin » Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+gerinda+tangan
Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan Dan Fungsinya – Mesin gerinda tangan merupakan salah satu jenis power tools. Dalam penggunaannya, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja bagian-bagain yang terdapat pada mesin gerinda tangan.

Mesin gerinda tangan adalah sebauh mesin perkakas yang memiliki beragam berfungsi. Cara kerjanya yaitu merubah energi listrik menjadi energi gerak. Diantara fungsi mesin gerinda tangan adalah sebagai berikut:

  • Memotong benda dengan ketebalan yang tidak terlalu tebal
  • Membentuk profil benda, seperti sudut, lengkungan, dan tirus
  • Meratakan permukaan benda
  • Menghaluskan dan mengkilapkan permukaan benda
  • Menajamkan perlatana alat potong
  • Menghilangkan sisi tajam pada sudut-sudut tepian benda
  • Sebagai proses penyelesaian akhir (finishing)

Mesin gerinda tangan sering disebut dengan angel grinder. Secara umum, bagian-bagian mesin gerinda tangan terdiri dari rangkaian mesin penggerak dan perangkat elektrik. Berikut penjelasannya.

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Tangan

Berikut adalah bagain-bagian yang terdapat pada mesin gerinda tangan dan fungsinya masing-masing.

1. Armature (Rotor)

Armature merupakan poros utama pada mesin gerinda tangan. Bagian ini terbuat dari gulungan tembaga. Pada salah satu ujungnya terdapat kipas yang berfungsi sebagai pendingin mesin dan penyeimbang putaran.

Di salah satu ujung lainnya terdapat kolektor yang berfungsi sebagai tempat gesekan antara rotor dengan carbon brush. Pada bagian armature ini melekat dua buah bearing yang merupakan tempat dudukan berputarnya armature itu sendiri.

2. Stator Gerinda

Stator adalah bagian yang diam pasangan dari armature. Bagian ini berfungsi untuk menggerakan armature. Rangkanya berbentuk lingkaran memanjang. Terbuat dari gulungan tembaga yang tersusun rapih dan teratur.

Pada kedua ujung gulungan tembaga terdapat dua jalur kabel yang memiliki fungsi berbeda. Kabel yang satu berfungsi sebagai penghubung carbon brush. Sedangkan kabel yang satunya lagi sebagai penghubung ke sumber listrik.

Baca Juga :  Bagian-Bagian Cup Sealer Dan Fungsinya

3. Carbon Brush (Spul)

Di kalangan masyarakat umum, carbon brush sering disebut dengan spul/brustel/arang. Merupakan bagian mesin gerinda tangan berupa karbon padat yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik.

Pada ujungnya terdapat pir yang berfungsi untuk memastikan carbon brush tersebut selalu menempel pada kolektor. Jenis carbon brush mesin gerinda tangan sangat bervariasi. Mulai dari bentuk, ukuran, dan model pengaitnya.

4. Roda Gigi Penghubung (Helical Gear)

Roda gigi penghubung merupakan sepasang roda gigi yang saling mengait. Bentuk kedua ujung roda gigi tersebut adalah tirus, sehingga apabila dipadukan akan menghasilkan gerakan putaran yang tegak lurus.

Bentuk gigi dari roda gigi penghubung ini ada yang lurus dan ada juga yang berbentuk miring. Biasanya setiap merk dan tipe mesin gerinda tangan bentuknya berbeda-beda.

5. Saklar Gerinda

Saklar adalah bagian yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Letaknya ada yang di atas dan di belakang mesin. Saklar pada mesin gerinda tangan ini biasanya ada juga yang dilengkapi dengan pengatur kecepatan putaran (speed control). Pengatur kecepatan inilah yang berfungsi untuk mengatur cepat lambatnya putaran pada mesin gerinda tangan.

6. Bearing Gerinda

Bearing atau laher merupakan komponen mesin gerinda tangan yang berfungsi sebagai tempat dudukan armature. Di dalam mesin gerinda tangan, terdapat tiga buah bearing. Yaitu dua buah bearing pada armature dan satunya lagi berada pada bagian kepala mesin.

Bearing ini memiliki nomer dan ukuran yang sangat beragam. Sehingga, ketika kita akan mengganti bearing mesin gerinda tangan, jangan lupa untuk melihat nomer yang tertera pada bearing tersebut.

Baca Juga :  Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Putih

7. Flange

Flange atau penjepit mata gerinda adalah bagian berupa sepasang lempengan besi yang berfungsi sebagai tempat dudukan batu gerinda. Bagian ini berada pada ujung mesin. Pada flange inilah terdapat lubang untuk kunci mata gerinda.

8. Kabel

Sudah sangat jelas fungsi dari kabel. Tidak hanya pada mesin gerinda tangan, tetapi pada semua perangkat elektronik mana pun pasti memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai media aliran arus listrik.

Fungsi kabel pada mesin gerinda tangan yaitu sebagai penghubung antara mesin gerinda dengan sumber listrik. Dan juga sebagai penghubung antara komponen elektrik mesin gerinda tangan.

9. Mata Gerinda

Bagian selanjutnya yaitu mata gerinda. Bagian ini sering disebut batu gerinda. Bentuk mata gerinda ini yaitu lingkaran seperti piringan pipih dan sangat beragam jenisnya. Mata gerinda inilah yang paling berperan dalam memotong atau meratakan benda kerja.

Sebelum menggunakan mata gerinda, kita harus mengetahui jenis-jenis mata gerinda. Karena setiap mata gerinda memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

10. Pelindung

Pada mesin gerinda tangan terdapat pelindung yang berada pada kepala mesin. Pelindung ini sering disebut dengan wheel guard. Fungsi wheel guard adalah untuk mengarahkan percikan gesekan antara mata gerinda dan benda kerja. Sehingga ketika menggunakan mesin gerinda tangan akan lebih aman dan nyaman.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian mesin gerinda tangan dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top