Home » Servis » Cara Memasang Gear Set Diesel Dongfeng

Cara Memasang Gear Set Diesel Dongfeng

gear+set+diesel+dongfeng
Cara Memasang Gear Set Diesel Dongfeng

Cara Memasang Gear Set Diesel Dongfeng – Gear set merupakan serangkaian roda gigi yang berfungsi untuk mengatur timing pergerakan beberapa komponen mesin diesel yang bergerak. Pada mesin diesel dongfeng, jumlah gear set ini berbeda-beda, tergantung dari tipe dan spesifikasi mesin.

Namun, pada umunya gear set pada mesin diesel terdiri dari gear crankshaft, gear camshaft, gear starting, gear oil pump, dan gear balancer. Pemasangan masing-masing gear tersebut harus tepat, karena jika tidak tepat maka mesin diesel tidak akan bisa hidup.

Gear set mesin diesel ini memiliki batasan umur, sehingga jika sudah waktunya tiba, maka harus melakukan penggantian. Apalagi jika pengisian oli pelumas kurang, maka gear tersebut akan lebih cepat aus dan berbunyi kasar.

Oleh sebab itu, perawatan pada mesin diesel harus diperhatikan agar gear set tersebut lebih awet dan tahan lama. Namun, jika memang sudah waktunya rusak, maka harus melakukan penggantian. Untuk itu, pada artikel ini akan membahas tentang cara memasang gear set pada mesin diesel dongfeng yang benar.

Cara Memasang Gear Set Mesin Diesel Dongfeng

Sebelum melakukan pemasangan gear set, pastikan gear set yang baru telah tersedia. Dan perlu diperhatikan untuk membeli gear set harus sesuai dengan tipe mesinnya. Dan berikut merupakan langkah-langkah memasang gear set mesin diesel dongfeng.

1. Pastikan oli mesin telah dikeluarkan terlebih dahulu agar tidak berceceran keluar ketika pembongkaran.

2. Bukalah cover (tutup) gear set dengan melepaskan baut penguncinya terlebih dahulu. Kemudian angkat cover secara perlahan.

3. Lepaskan gear yang akan diganti dengan menggunakan treker.

4. Memasang gear baru. Perlu diketahui bahwa setiap gear memiliki tanda berupa titik atau angka. Pastikan tanda tersebut saling bertemu antara gear yang satu dengan yang lainnya.

gear+set+diesel+dongfeng
Cara Memasang Gear Set Diesel Dongfeng 

5. Periksa kembali dengan cara memutar roda gila secara perlahan sambil mengamati apakah setiap tanda sudah benar-benar saling bertemu.

6. Jika sudah yakin, pasang kembali cashing/cover gear dan kencangkan baut penguncinya. Jangan lupa tempelkan packingnya terlebih dahulu. Jika packing rusak, gantilah dengan yang baru agar oli pelumas tidak bocor.

7. Isikan kembali oli mesin. Namun, jika sudah hitam pekat, bisa sekalian diganti agar performa mesin lebih maksimal.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memasang gear set diesel dongfeng. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top