Home » Servis » Cara Mengganti Metal Jalan Pada Mesin Diesel

Cara Mengganti Metal Jalan Pada Mesin Diesel

cara mengganti metal jalan pada mesin diesel
Cara Mengganti Metal Jalan Pada Mesin Diesel

Cara Mengganti Dan Memasang Metal Jalan Mesin Diesel – Postingan kali ini akan membahas tentang cara mengganti dan memasang metal jalan pada mesin diesel. Bagaimana langkah-lagkahnya? Simak artikel ini sampai selesai.

Metal jalan merupakan bagian mesin diesel yang terletak pada tangkai piston (setang sekher). Fungsi  metal jalan itu sendiri yaitu sebagai tempat pergesekan antara tangkai piston dan crank shaft (ker as). Oleh karena itu, metal jalan ini akan aus apabila oli mesin pada mesin diesel tersebut berkurang.

Ciri – Ciri Metal Jalan Diesel Rusak

Pengaruh yang terjadi apabila metal jalan telah mengalami aus (rusak) yaitu mesin diesel berbunyi kasar ketika mesin diesel tersebut dihidupkan. Bunyi tersebut akan terdengar keras dari bagian dalam mesin diesel.
Selain itu, ciri-ciri kerusakan metal jalan yang rusak parah dapat terlihat dari mesin diesel yang tidak dapat diengkol sama sekali atau seret (macet). Jika mesin diesel sampai macet, maka kemungkinan besar ker as pun akan luka dan harus dilakukan proses  penyelipan (over size).

Oleh karena itu, pengecekan oli mesin pada mesin diesel harus dilakukan secara rutin. Agar metal jalan tersebut tidak sampai mengalami kerusakan. Namun, jika mengalami kerusakan pada metal jalan, haruslah mengganti metal jalan tersebut dengan ukuran yang sesuai dengan metal jalan yang lama.

Untuk mengganti metal jalan yang rusak, perlu dilakukan pembongkaran pada mesin diesel untuk memasang metal jalan tersebut. Berikut merupakan langkah-langkah cara mengganti dan memasang metal jalan pada mesin diesel.

Cara Mengganti Dan Memasang Metal Jalan Pada Mesin Diesel


1. Lepaskan bagian silinder head dan semua bagian yang melekat pada silinder head tersebut seperti filter udara, knalpot, rocker arm, dan yang lainnya.
2 Buka bagian penutup belakang mesin diesel.
3. Lepaskan kedua baut pengunci tangkai piston. Kemudian ambil belahan tangkai pistonnya.
4. Keluarkan piston dengan cara menekan dari dalam ke arah luar menggunakan kayu agar tangkai piston tidak luka ( penyok ).
5. Ambil metal jalan yang berada pada tangkai piston dengan cara mencungkil dengan obeng min ( – ).
6. Pasanglah metal jalan yang baru dengan ukuran yang sama pada metal jalan yang akan diganti. Misalnya jika masih berukuran  standar ( 0.00 ), maka gantilah dengan ukuran standar juga.
7. Pasang kembali piston dengan perlahan – lahan agar metal jalan tidak terlepas.
8. Pasang dan kencangkan kembali baut pengunci tangkai piston. Kemudian pasang juga tutup belakang mesin.
9. Pasang semua bagian yang telah dilepas sebelumnya pada bagian silinder head. Selesai
Demikianlah uraian penjelasan tentang cara mengganti dan memasang metal jalan pada mesin diesel. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top