Home » Penyebab Oli Mesin Dongfeng Tidak Naik

Penyebab Oli Mesin Dongfeng Tidak Naik

penyebab+oli+mesin+dongfeng+tidak+naik
Penyebab Oli Mesin Dongfeng Tidak Naik

Penyebab Oli Mesin Dongfeng Tidak Naik – Sistem pelumasan pada mesin dongfeng menggunakan pompa oli untuk menekan minyak pelumas ke seluruh bagian mesin. Peranan pompa oli tersebutlah yang menjadikan oli pelumas dari bak engkol dapat naik yang kemudian disalurkan ke seluruh komponen yang membutuhkannya. Sehingga, oli dapat menyebar secara teratur dan merata.

Namun, pada kasus yang sering terjadi pada mesin diesel dongfeng yaitu oli mesin tidak dapat naik. Sehingga pelumasan oli di dalam mesin terhenti. Hal itu tentu saja akan mengakibatkan mesin menjadi cepat panas karena tidak ada pelumasan pada bagaian yang bergerak. Dan kerusakan yang paling serius akibat oli tidak naik adalah mesin macet tidak dapat berputar sama sekali.

Untuk menghindari kerusakan mesin yang disebabkan oleh oli mesin yang tidak naik, sebaiknya lakukanlah perawatan secara rutin. Tetapi, bagi yang sedang mengalami permasalahan pada oli pelumas, silahkan baca uraian berikut tentang apa saja yang menjadi penyebab oli mesin dongfeng tidak naik. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu saja akan lebih mudah mengatasinya.

Penyebab Oli Mesin Dongfeng Tidak Naik

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan oli mesin dongfeng tidak naik, diantaranya yaitu :

1. Pompa Oli Aus

Penyebab yang pertama dari oli mesin tidak naik yaitu pompa oli mengalami kerusakan (aus). Hal ini biasanya terjadi pada mesin dongfeng yang sudah berumur. Penggunaan jangka waktu yang lama akan mengakibatkan pompa oli menjadi aus karena terus berputar mengikuti putaran mesin.

Jika pompa oli pada mesin dongfeng telah aus (rusak), maka oli yang berada pada bak engkol tidak dapat naik, sehingga pelumasan pun tidak akan berjalan. Untuk itu, jika pompa oli telah rusak, maka lakukanlah penggantian pada komponen tersebut. Karena jika sudah aus, pompa oli tidak dapat diperbaiki dan harus diganti.

2. Oil Strainer Rusak

Oil strainer adalah saringan oli yang berada di ujung pipa penghisapan. Sebelum oli masuk ke dalam pompa oli, maka akan dilakukan penyaringan oleh oil strainer agar kondisi oli bersih dan terbebas dari kotoran. Namun, jika komponen ini rusak, maka kotoran akan ikut terhisap ke dalam pompa oli.

Jika hal seperti itu dibiarkan begitu saja, maka lama kelamaan fungsi pompa oli menurun dan tidak dapat menghisap oli. Sehingga yang terjadi oli tidak dapat naik untuk di pompa. Oleh sebab itu, jika oli mesin tidak naik, periksalah kondisi oil strainer. Jika sudah tidak, lakukanlah penggantian pada komponen tersebut.

3. Filter Oli Mampat

Setelah oli ditekan oleh pompa oli, kemudian akan melalui penyaringan kedua pada filter oli sebelum oli menyebar ke seluruh bagian mesin. Namun, kasus yang sering terjadi yaitu filter oli mampat oleh banyaknya kotoran yang tersaring pada filter oli tersebut.

Filter oli yang mampat dapat diatasi dengan cara membuka filter oli tersebut dan membersihkan filternya dengan solar atau bensin. Setelah kering, pasang kembali filter oli tersebut pada tempatnya dan kencangkan dengan baut penguncinya.

4. Lubang Saluran Oli Mampat

Setelah melewati filter oli, oli akan disebarkan melalui lubang-lubang dan pipa saluran oli menuju ke seluruh bagian mesin. Jika lubang saluran oli tersebut ada yang mampat, maka oli tidak akan tersebar merata dan ada bagian mesin yang tidak terlumasi.

Jika menemukan masalah seperti ini, kita dapat mengatasinya dengan cara menyemprotkan angin kompresor pada lubang yang mampat hingga lubang tersebut terbebas dari kotoran. Jika sudah melakukannya, periksalah kembali dengan mengengkol mesin, kemudian lihatlah apakah oli sudah dapat mengalir atau tidak. Pastikan oli keluar dari lubang saluran oli.

Itulah beberapa penyebab oli mesin dongfeng tidak naik. Bagi yang sedang mengalami masalah oli tidak naik, periksalah bagian-bagian yang telah diuraikan di atas. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top