Home » Kelistrikan » Cara Pasang Saklar Lampu Rumah Sendiri

Cara Pasang Saklar Lampu Rumah Sendiri

cara+pasang+saklar+lampu
Cara Pasang Saklar Lampu

Cara Pasang Saklar Lampu – Lampu merupakan alat penerangan di rumah yang sangat penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari, terutama di malam hari. Sebagai salah satu perangkat penting, maka kita harus tahu bagaimana cara memasang saklar lampu yang benar.

Untuk menjaga agar instalasi listrik tetap mengalir dengan baik, kita perlu melakukan pemeriksaan rutin pada saklar lampu. Hal itu dikarenakan alat listrik tersebut sering mengalami kerusakan. Jika saklar mulai rusak, maka sebaiknya mengganti dan memasang yang baru.

Tetapi, jika belum pernah memasang saklar lampu di rumah, sebaiknya harus berhati-hati. Selain itu, kita juga perlu mengetahui bagaimana memasang saklar yang benar.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Pasang Saklar Lampu

Dalam melakukan pemasangan sakla lampur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena memasang saklar lampu ini berkaitan dengan arus listrik.

Jika tidak memperhatikan keamanan bekerja, maka dapat membahayakan diri sendiri. Misalnya efek kesetrum atau tergores alat lainnya. Berikut merupakan beberapa hal yang perlu diterapkan dalam upaya menjaga keselamatan ketika memasang saklar lampu.

  • Pastikan tegangan listrik yang ada di rumah telah dimatikan sebelum memulai proses penggantian saklar. Setelah dimatikan, lakukan pengecekan dengan menggunakan tespen.
  • Pastikan kedua tangan dalam keadaan kering dan menggunakan alas kaki pada saat memasang saklar lampu. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek kesetrum.
  • Pastikan alat-alat yang digunakan dalam kondisi tidak rusak.
  • Sebaiknya lepaskan kotak sekering agar tidak ada orang yang salah menggunakannya dan simpanlah di tempat yang aman selama proses pemasangan saklar berlangsung.
  • Pastikan memahami dengan baik cara pasang saklar lampu yang benar dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi.
Baca Juga :  Cara Memasang Saklar Lampu Tunggal Dan Ganda

Cara Pasang Saklar Lampu Rumah Sendiri

Sebelum melakukan pemasangan saklar lampu, langkah awal yang perlu kita lakukan yaitu menyiapkan peralatan yang akan digunakan, seperti:

  • kabel
  • saklar lampu
  • pipa pelindung kabel
  • klem pipa
  • obeng
  • tang
  • tespen
  • isolasip

Setelah persiapan selesai, lakukanlah pemasangan saklar dengan penuh hati-hati. Adapun langkah-langkah cara pasang saklar lampu di rumah sendiri yaitu sebagai berikut:

1. Matikan Sumber Listrik

Langkah pertama yaitu mematikan sumber listrik yang ada di rumah. Caranya yaitu dengan menggeser MCB yang ada pada kWh meteran ke posisi nol (0). Untuk memastikan apakah aliran listrik sudah mati atau belum, dapat menggunakan tespen untuk mengeceknya.

Untuk melakukan pengecekan, caranya yaitu dengan memasukan tespen ke dalam lubang stop kontak. Jika lampu tespen menyala meskipun MCB sudah dimatikan, maka tandanya ada kebocoran listrik.

Jangan melakukan pemasangan saklar lampu terlebih dahulu pada kondisi seperti itu. Tunggulah sampai tespen sudah benar-benar tak menyala.

2. Proses Pemasangan Saklar

Langkah yang kedua yaitu melakukan pembongkaran pada saklar yang akan diganti. Kita dapat menggunakan obeng untuk melepaskan sekrup saklar dari dinding.

Setelah itu, lepaskan semua kabel yang melekat pada saklar. Kemudian ambilah saklar yang baru. Pasanglah kabel pada saklar seperti semula.

3. Pengecekan Fungsi Saklar

Setelah pemasangan jalur kabel pada saklar baru telah selesai, kencangkan pengunci kabelnya agar arus listrik dapat mengalir dengan baik.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Jangan lupa untuk membungkusnya dengan isolatip pada sambungan kabel. Setelah itu, cobalah untuk menghidupkan dan mematikan lampu dan saklar. Pastikan saklar telah berfungsi dengan baik dan lampu dapat menyala dan padam dengan mudah.

4. Memasang Saklar Ke Dinding

Langkah terakhir yaitu memasang kembali saklar ke dinding tempat semula. Pastikan untuk mengencangkan sekrupnya agar saklar tidak lepas. Selain itu, memasukan kabel ke dalam pipa pelindung kabel dan tetapkan dengan klem agar lebih rapi dan aman.

Demikianlah pembahasan mengenai cara pasang saklar lampu di rumah sendiri. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top