Kelistrikan Cara Memasang Saklar Tunggal

Cara Memasang Saklar Tunggal

cara memasang saklar tunggal
Cara Memasang Saklar Tunggal
Cara Memasang Saklar Tunggal – Saklar tunggal adalah jenis saklar seri (searah) yang sering diaplikasikan pada rangkaian listrik. Sebagai contohnya yaitu pada rangkaian instalasi lampu. Saklar tunggal ini sering digunakan untuk menghidupkan dan memadamkan lampu di rumah.

Saklar tunggal merupakan saklar jalur searah yang digunakan pada rangkaian listrik. Saklar tunggal ini terdiri dari dua buah kutub yang dapat membuka dan menutup jika tombol on/off ditekan.

Jika tombol on ditekan, maka kedua kutub akan menutup, sehingga arus listrik mengalir dan perangkat yang terhubung oleh saklar tersebut akan nyala. Begitu sebaliknya, jika tombol off ditekan, maka kedua kutub akan membuka, dan perangkat yang terhubung akan mati (padam).

Cara kerja saklar tunggal ini yaitu menyambung dan memutus arus listrik searah. Meskipun dirangkai pada perangkat listrik berjumlah banyak (paralel), namun cara memasang saklar tunggal ini tetap harus pada jalur listrik searah.

Cara Memasang Saklar Tunggal

Jika akan memasang saklar tunggal untuk lampu di rumah, persiapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan, seperti yang potong, saklar tunggal, kabel, dan isolatip. Dan untuk pemasangan saklar tunggal, bisa melihat gambar dibawah ini dan langkah-langkanya :

cara memasang saklar tunggal
Cara Memasang Saklar Tunggal

1. Sebelum melakukan pengaplikasian saklar, sebaiknya matikan dulu MCB yang ada pada kWh (meteran listrik). Setelah itu cek jalur kabel yang akan di rangkai saklar dengan tespen biar lebih aman.

2. Potonglah jalur kabel phase yang terhubung pada lampu. Kemudian kedua ujung potongan tersebut sambunglah ke saklar. Jika kabelnya tidak sampai, bisa disambungkan dulu dengan kabel yang tersedia dan jangan lupa bungkus dengan isolatip.

Menagapa memasang saklar harus di kabel phase? Bukan pada kabel netral?
Hal ini untuk melindungi dari terjadinya efek kesetrum pada saat mengganti lampu yang telah rusak. Jika saklar berada pada jalur kabel netral, meskipun saklar di posisi off, maka arus listrik PLN masih tersimpan dalam perangkat yang terhubung (lampu).

3. Jika sedah selesai, cobalah cek apakah saklar telah berfungsi dengan baik. Yaitu dengan menghidupkan MCB pada meteran listrik. Kemudian tekan saklar ke posisi on/off berulang-ulang untuk memastikan sambungan saklar telah berfungsi dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai cara memasang saklar tunggal pada lampu. Sangat mudah dan sederhana. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *