Home » Kelistrikan » Cara Memasang Saklar Gantung Untuk Lampu

Cara Memasang Saklar Gantung Untuk Lampu

cara+memasang+saklar+gantung
Cara Memasang Saklar Gantung

Cara Memasang Saklar Gantung Untuk Lampu – Ada banyak jenis saklar yang sering digunakan pada instalasi kelistrikan. Salah satunya yaitu saklar gantung. Saklar ini sering dipasang di rumah lampu dan kipas angin. Pada artikel ini akan dibahas tentang cara memasang saklar gantung untuk lampu.

Saklar adalah alat yang digunakan untuk menyambung dan memutuskan arus listrik. Sedangkan saklar gantung itu sendiri merupakan jenis saklar tunggal yang dipasang secara menggantung. Cara kerjanya yang sama dengan saklar pada umumnya, yaitu memutus dan menyambung rangkaian listrik.

Dengan kontruksi yang sederhana, cara pemasangan saklar gantung ini sangat mudah. Nah, bagi yang belum tahu cara memasangnnya, silahkan simak panduan berikut ini tentang bagaimana cara memasang saklar gantung untuk lampu.

Cara Memasang Saklar Gantung Untuk Lampu

Cara mengaplikasikan saklar gantung dengan lampu sangat mudah. Sebelum melakukan praktik langsung pemasangan saklar gantung, silahkan sediakan peralatan seperti berikut ini:

  • Obeng
  • Kabel
  • Tang Pemotong Kabel
  • Isolatip
  • Saklar Gantung
  • Fiting Lampu
  • Lampu

Setelah semua peralatan terkumpul, langkah selanjutnya adalah matikan terlebih dahulu MCB pada meteran listrik. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek kesetrum. Jika arus listrik sudah padam, mulailah merangkai saklar gantung dan lampu dengan langkah-langkah berikut ini:

rangkaian+saklar+gantung
Rangkaian Saklar Gantung

1. Ambil kabel dan potong sesuai keperluan dengan menggunakan tang pemotong kabel. Lalu, kupas ujung kabel tersebut dan sambungkan ke fitting lampu dengan obeng.

Baca Juga :  Alat-Alat Listrik Dan Fungsinya

2. Potonglah kabel lagi dengan panjang yang dikehendaki untuk disambungkan ke saklar gantung. Lakukan seperti cara menyambung kabel pada fitting lampu.

3. Sambungkan salah satu ujung kabel dari fitting ke jalur kabel netral PLN. Kemudian, sambungkan ujung lainnya ke salah satu kabel yang menuju saklar gantung.Setelah itu, sambungkan ujung kabel saklar gantung lainnya ke jalur kabel phase PLN.

4. Pasang lampu pada fitting. Dan hidupkan kembali MCB pada meteran PLN. Kemudian cobalah untuk menyalakan lampu dengan saklar gantung yang telah terpasang. Selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai langkah-langkah pemasangan saklar gantung dan lampu. Pastikan posisi saklar gantung berada di jalur kabel phase PLN agar terhindar dari kesetrum ketika mengganti lampu atau menginstalasi jalur baru. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top