Home » Kelistrikan » Alat – Alat Listrik Dan Fungsinya

Alat – Alat Listrik Dan Fungsinya

alat-alat listrik dan fungsinya
Alat – Alat Listrik Dan Fungsinya
Alat – Alat Listrik Dan Fungsinya – Di zaman modern seperti sekarang ini, listrik telah menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Apalagi, hampir seluruh peralatan yang ada di rumah menggunakan energi listrik. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengenal alat – alat listrik dan fungsinya.

Meskipun banyak yang sering menggunakan alat-alat listrik, namun belum tentu mengetahui nama dan fungsinya. Karena, biasanya kita akan menyebutkan fungsinya tanpa mengetahui namanya. Sehingga, banyak yang keliru dengan nama dan fungsi alat listrik.
Banyak sekali di area rumah kita yang menggunakan alat-alat listrik sebagai jalur instalasi rangkaian listrik PLN. Dengan memanfaatkan alat-alat listrik tersebut, tentu saja setiap rangkaian listrik menjadi mudah digunakan. Dan Berikut ini merupakan rangkuman mengenai alat- alat listrik yang sering digunakan sehari-hari beserta fungsinya masing-masing.

Alat – Alat Listrik Dan Fungsinya

1. Steker

alat-alat listrik dan fungsinya
Steker
Steker merupakan komponen listrik yang biasa terdapat pada ujung kabel. Steker juga sering disebut jek listrik, yaitu alat listrik yang berfungsi untuk penghubung arus listrik ke stop kontak. Dengan menggunakan steker ini, aliran listrik menjadi lebih aman.

2. Stop Kontak

alat-alat listrik dan fungsinya
Stop Kontak
Stop kontak merupakan lawan dari steker. Atau juga sering disebut dengan colokan listrik. Yaitu alat listrik yang berfungsi sebagai terminal arus listrik. Stop kontak ini sering dijumpai di rumah dan terletak menempel di tembok rumah.

3. Saklar

alat-alat listrik dan fungsinya
Saklar
Saklar merupakan alat listrik yang berfungsi untuk menyambung dan memutius arus listrik. Alat ini sering dipakai untuk menghidupkan dan memadamkan lampu. Dan juga digunakan pada perangkat elektronik yang menggunakan sumber listrik.

4. Kabel

Alat listrik yang satu ini pasti bukan merupakan hal asing lagi. Karena setiap rangkaian elektrik pasti menggunakan kabel sebagai penghubung antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Fungsi kabel itu sendiri adalah sebagai tempat/median aliran listrik.

5. MCB

alat-alat listrik dan fungsinya
MCB
MCB merupakan alat listrik yang berfungsi sebagai saklar pengaman pada instalasi listrik. Perangkat rumah yang memiliki MCB yaitu meteran. Jika terjadi kelebihan beban atau korsleting, maka MCB ini akan secara otomatis memutus arus listrik dari PLN.

6. Fitting

alat-alat listrik dan fungsinya
Fitting Lampu
Fitting adalah komponen listrik yang digunakan sebagai tempat dudukan lampu. Alat ini biasanya terpasang pada langit-langit ruangan/rumah yang ada lampunya. Atau juga diluar rumah pada lampu penerangan jalan-jalan kecil.

7. Meteran

Meteran merupakan alat listrik yang berfungsi untuk menghitung beban listrik dengan menggunakan satuan putaran/ kWh. Alat listrik ini berupa piringan yang berputar mengikuti beban listrik yang mengalir pada rumahan.

8. Terminal Listrik

alat-alat listrik dan fungsinya
Terminal Listrik
Terminal listrik merupakan gabungan dari beberapa stop kontak yang menjadi satu. Fungsi alat listrik ini yaitu untuk mencabangkan arus listrik ke perangkat yang menggunakan arus listrik lebih satu. Misalnnya untuk steker televisi dan kipas angin dalam satu terminal listrik.
Demikianlah ulasan mengenai alat-alat listrik yang sering digunakan di area rumah. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top