Home » Info Baru » Mesin Cabut Bulu Ayam Dan Penggunaannya

Mesin Cabut Bulu Ayam Dan Penggunaannya

mesin+cabut+bulu+ayam
Mesin Cabut Bulu Ayam

Mesin Cabut Bulu Ayam Dan Penggunaannya – Postingan berikut ini akan membahas mesin cabut bulu ayam dan penggunaannya. Bagi pemula yang akan menggunakan alat ini, wajib baca sampai selesai.

Mesin cabut bulu ayam adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mencabut bulu ayam atau bulu  unggas lainnya yang telah dipotong. Harga mesin cabut bulu ayam ini kisaran antara 3 juta sampai 3,5 juta (dapat berubah sewaktu-waktu) tergantung dari toko penjualnya.

Mesin cabut bulu ayam ini merupakan alat yang canggih yang memiliki desain sederhana. Mesin ini mampu mencabut bulu ayam dan bulu unggas lainnya secara otomatis, sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan cara manual untuk mencabuti bulu ayam.

Cara kerja mesin cabut bulu ayam ini yaitu memanfaatkan gerakan karet yang berputar dengan menggunakan mesin penggerak. Mesin penggerak tersebut dapat berupa mesin penggerak bensin atau elektromotor (dinamo). Namun, yang sering digunakan adalah elektromotor. Karena lebih mudah dan praktis dalam mengoperasikannya.

Mesin cabut bulu ayam ini banyak digunakan oleh para pengusaha ayam potong. Karena dengan menggunakan mesin cabut bulu ayam ini, proses pencabutan bulu ayam lebih cepat menghasilkan ayam potong yang lebih bersih dan berkualitas bagus.

Mesin Cabut Bulu Ayam Dan Penggunaannya

Cara menggunakan mesin cabut bulu ayam ini sangat mudah. Sebelum ayam di masukan ke dalam mesin ini, potonglah ayam terlebih dahulu. Kemudian bersihkan sampai kotoran yang menempel pada ayam tersebut hilang. Setelah itu, barulah menghidupkan mesin cabut bulu ayam tersebut.

Untuk menghidupkan mesin cabut bulu ayam yang menggunakan penggerak bensin, haruslah paham bagaimana cara menghidupkan mesin penggerak bensin yang benar. Sedangkan untuk menghidupkan mesin cabut bulu ayam yang menggunakan elektromotor, hanya perlu menancapkan kabel power ke sumber listrik.

Sebelum memasukan ayam ke dalam mesin cabut bulu, celupkan ayam ke dalam air panas sebentar saja. Karena jika terlalu lama, kulit ayam akan ikut mengelupas terbawa oleh bulu-bulu. Setelah itu, masukan ayam ke dalam mesin cabut bulu yang telah dihidupkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.

Setelah bulu-bulu ayam terlepas dari dagingnya dengan sempurna, matikan mesin cabut bulu ayam tersebut dan angkatlah ayam yang telah tercabut bulunya. Dan daging ayam siap untuk dipotong-potong dan di bersihkan bagian dalamnya.

Setelah selesai proses pecabutan bulu, bersihkanlah mesin cabut bulu ayam tersebut agar tidak berbau saat akan digunakan kembali. Agar lebih cepat dan mudah, sebaiknya gunakan air panas untuk menyiram dan membersihkan mesin cabut bulu ayam tersebut

Demikianlah pembahasan  mengenai cara menggunakan mesin cabut bulu ayam. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top