Home » Info Baru » Fungsi Roda Gila (Fly Wheel) Pada Mesin

Fungsi Roda Gila (Fly Wheel) Pada Mesin

fungsi+roda+gila
Fungsi Roda Gila (Fly Wheel) Pada Mesin

Fungsi Roda Gila (Fly Wheel) Pada Mesin – Roda gila atau fly wheel adalah perangkat mekanik berputar yang digunakan untuk menahan perubahan kecepatan putaran mesin dengan memanfaatkan kelembaman rotasi (moment inersia). Dengan memiliki sifat kelembaman yang signifikan, maka roda gila ini mampu menyimpan energi mekanik dalam waktu yang singkat.

Besarnya energi mekanik yang tersimpan pada roda gila, memilki nilai yang sebanding dengan kuadrat kecepatan rotasi. Energi mekanik tersebut kemudian disalurkan ke roda gila dengan torsi yang ada, sehingga akan meningkatkan kecepatan rotasi, Dengan begitu, maka energi mekanik dapat tersimpan. Sementara itu , roda gila akan melepaskan energi yang tersimpan dengan melakukan torsi ke beban mekanik, sehibgga akan mengurangi kecepatan putaran.

Sebagai contoh adalah roda gila yang digunakan untuk mempertahankan kecepatan pada sudut konstan crankshaft di dalam mesin piston. Roda gila yang dipasang pada crankshaft tersebut menyimpan energi ketika torsi yang diberikan pada roda gila oleh piston yang sedang bergerak dan melepaskan energi ke beban mekanik jika keadaan piston sedang tidak menghasilkan daya.

Pada beberapa jenis mesin, roda gila difungsikan sebagai tempat dudukan kopling. Kopling tersebut digunakan untuk meneruskan tenaga mesin ke poros gardan. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan roda gila ini sebagai tempat melekatnya gigi pinion motor starter. Sehingga roda gila akan menerima tenaga putar dari motor starter yang kemudian diteruskan ke poros engkol. Dengan begitu, poros engkol akan berputar dan mesin dapat memulai hidup.

Fungsi Roda Gila Pada Mesin

Secara umum, fungsi dari roda gila meliputi :

  • Menyediakan energi secara terus menerus pada saat sumber energi terputus. Sebagai contoh roda gila yang digunakan pada mesin piston (piston engine/reciprocating engine), karena sumber energi berupa torsi dari mesin, maka energi tersebut akan berselang (tidak konstan).
  • Memberikan energi di luar tingkat kemampuan sumber energi secara terus menerus. Hal ini dilakukan oleh roda gila dengan mengumpulkan energi dari waktu ke waktu. Kemudian energi tersebut dilepas dengan cepat, dengan tingkat yang lebih tinggi dari kemampuan sumber energi.
  • Roda gila berfungsi mengontrol orientasi pada sebuah sistem mekanik. Dalam hal ini, momentum sudut dari roda gila sengaja ditransfer ke beban mekanik pada saat energi ditransfer dari atau ke roda gila.
  • Roda gila dipergunakan untuk membuat torsi yang dihasilkan oleh motor bakar agar lebih stabil.

Roda gila merupakan komponen yang terdapat pada mesin diesel maupun bensin. Fungsi roda gila adalah sebagai masa yang berputar dan diperginakan untuk menyimpan energi mekanik pada mesin. Dengan adanya oda gila, putaran mesin menjadi stabil dan seimbang.

Roda gila biasanya terbuat dari bahan baja kualitas tinggi dan berputar pada bantalan (bearing) konvensional. Dan pada umumnya memiliki batas tingkat revolusi kurang dari 1000 rpm. Sementara itu ada juga roda gila yang terbuat dari serat karbon menggunakan bantalan magnet yang memungkinkan mampu berputar hingga 60.000 rpm.

Pada beberapa mesin, roda gila dilengkapi dengan adanya ring gear yang dipasangkan pada bagian tepinya. Fungsinya yaitu sebagai media penghubung dengan gigi pinion pada motor starter. Sedangkan pada jenis kendaraan transmisi otomatis, biasanya menggunakan torgue converter sebagai pengganti roda gila.

Roda gila dipasang dengan kuat pada bagian ujung poros engkol dan dikunci dengan sebuah mur pengikat, sehingga tidak mudah bergeser dari tempatnya. Hal tersebut juga bertujuan untuk menjamin agar roda gila dan timing penyalaan tetap pada posisi yang benar.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi roda gila pada mesin. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top