Info Baru 5 Tip Memilih Mesin Genset Yang Benar

5 Tip Memilih Mesin Genset Yang Benar

5 tips memilih mesin genset yang benar
5 Tip Memilih Mesin Genset Yang Benar

5 Tip Memilih Mesin Genset Yang Benar – Di zaman sekarang ini, mesin genset merupakan alat penerangan kedua setelah PLN. Karena kegunaannya yang memang sangat dibutuhkan pada saat terjadi pemadaman listrik, banyak masyarakat yang memiliki mesin genset ini sebagai sumber energi listrik karena mudah di gunakan.

Mesin genset ini memiliki variasi yang sangat beragam. Mulai dari jenis bahan bakar, kapasitas listrik, cara menghidupkan, kebisingan suara, bentuk mesin, dan lain – lain. Namun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai sumber energi listrik.
Berdasarkan bahan bakarnya, mesin genset dibedakan menjadi dua, yaitu mesin genset berbahan bakar solar dan mesin genset berbahan bakar bensin. Untuk yang berbahan bakar solar, biasanya memiliki kapasitas sumber energi listrik yang tinggi dan memiliki kedap suara. Hal itu dikarenakan oleh suara dari mesin diesel solar yang memiliki suara yang keras dan bising.

Dilihat dari kapasitas listriknya, mesin genset memiliki variasi yang sangat beragam. Mulai dari yang kapasitasnya kecil sampai yang tinggi. Misalnya mulai dari 500 watt, 650 watt, 1000 watt, 2500 watt, 4000 watt, 5000 watt, dan seterusnya sampai yang berkapasitas kva ( kilo volt ampere ).

Sedangkan di lihat dari cara menghidupkannya, mesin genset ini dibedakan menjadi tiga, yaitu cara manual ( tarikan ), starter ( menggunakan dinamo starter ), dan sistem starter ganda (  cara manual dan starter ).

Untuk cara manual biasanya dimiliki oleh mesin genset berkapasitas kecil di bawah 2500 watt. Untuk yang memiliki sistem starter ganda biasanya dipakai pada mesin genset berkapasitas listrik menengah, yaitu kisaran 2500 watt sampai 10000 watt. Sedangkan untuk yang starter saja biasanya digunakan oleh mesin genset berkapasitas tinggi.

Bagi yang ingin memiliki dan berniat membeli mesin genset, sebaiknya pilihlah yang sesuai kebutuhan dan sesuai dengan kondisi keuangan. Jangan sampai setelah kita memilik mesin genset, namun malah mesin genset tersebut tidak dapat bekerja sesuai yang kita harapkan. Dan berikut ini merupakan sedikit tip apabila hendak membeli mesin genset.

5 Tip Memilih Mesin Genset Yang Benar


1. Pilihlah Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Kapasitas Listrik

Sebelum kita pergi dan membeli mesin genset, sebaiknya kita menghitung berapa kapasitas daya listirk yang akan digunakan. Setelah semua daya listrik terhitung, barulah kita memilih mesin genset yang memiliki kapasitas sedikit lebih tinggi dari jumlah daya listrik yang telah terhitung. Hal ini dimaksudkan agar mesin genset tersebut memiliki ruang toleransi, sehingga pada saat mesin genset tersebut digunakan, mesin akan bekerja lebih ringan dan menjadikan mesin genset tersebut awet.

2. Perhatikan Spare Part Mesin Genset

Jika kita telah sampai pada toko penjual mesin genset, alangkah baiknya kita menanyakan suku cadang dari mesin genset yang akan kita beli. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi apabila mesin genset yang kita beli sewaktu – waktu mengalami masalah dan harus melakukan penggantian spart partnya.

3. Pilihlah Merk / Produk Yang Terpercaraya

Tip selanjutnya yaitu memilih mesin genset yang diproduksi oleh pabrik yang terekomendasi. Hal ini memang sangat disarankan, namun kita juga harus melihat kondisi keuangan kita. Karena merk mesin yang terpercaya memang memiliki harga yang lebih tinggi dari pada merk – merk biasa. Namun kualitas jauh lebih bagus dan tidak diragukan lagi.

4. Pastikan Toko Penjual Memiliki Bengkel Servise

Hal ini bertujuan agar kita tidak bingung ketika melakukan servise atau perbaikan. Sehingga kita akan lebih mudah dalam melakukan pemeliharaan mesin genset tersebut. Karena bengkel yang dapat melakukan servise mesin genset masih dapat dikatakan jarang sekali.

5. Perhatikan Area Lingkungan Dimana Mesin Genset Akan Di Tempatkan

Sebelum membeli mesin genset, alangkah baiknya kita melihat situasi dan kondisi dimana mesin genset akan di tempatkan. Jika memang lingkungannya memungkinkan untuk suara yang bising seperti area pabrik, bengkel, proyek, atau wirausaha yang jauh dari pemukiman, maka kita dapat membeli mesin genset yang terbuka. Karena selain harganya lebih murah, meesin genset tipe terbuka memiliki bobot yang lebih ringan dari pada yang tertutup atau silent. Namun untuk area kantor, rumah sakit, hotel, perumahan dan yang lainnya, sebaiknya memilih mesin genset yang tertutup atau silent. karena memiliki suara yang lebih halus dan tidak mengganggu ketenangan.

itulah beberapa tip yang perlu diperhatikan ketika kita akan membeli dan memilih mesin genset. Semoga tip tersebut dapat dijadikan acuan agar kita tidak salah dalam memilih mesin genset. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *