Home » Servis » Tips Dan Cara Servis Genset Sendiri

Tips Dan Cara Servis Genset Sendiri

cara+servis+genset
Tips Dan Cara Servis Genset Sendiri
Tips Dan Cara Servis Genset Sendiri – Perawatan pada mesin genset merupakan hal yang harus diperhatikan oleh penggunanya. Agar mesin genset awet dan terhindar dari masalah yang kemungkinan terjadi. Salah salah satunya yaitu dengan cara melakukan servis genset secara rutin dan berkala.

Mesin genset itu sendiri ada dua jenis yang sering digunakan. Yaitu mesin genset bensin dan genset solar. Namun, untuk perawatannya sebenarnya sama saja. Karena komponen pada mesin genset pada dasarnya hanya terdiri dari mesin penggerak dan generator pembangkit listrik.

Dalam melakukan pemeliharaan mesin genset,  tidak harus selalu membawa ke jasa servis. Karena untuk melakukan servis genset tersebut sangat mudah dan dapat kita lakukan sendiri. Yang penting kita paham dengan bagian-bagian yang ada pada mesin genset dan cara kerjanya.

Tips Dan Cara Servis Genset Sendiri

Berikut ini merupakan beberapa tips dan cara yang dapat diterapkan pada perawatan mesin genset.

1. Bukalah filter udara dan bersihkan saringanya. Filter udara yang mampat mengakibatkan mesin genset berbunyi tersendat-sendat karena asupan udara ke ruang pembakaran menjadi kurang lancar.

2. Bersihkan karburator secara berkala pada mesin genset bensin. Karena, kebersihan karburator sangat mempengaruhi kinerja dan tenaga mesin genset.

3. Perikasa kompresi mesin. Yaitu dengan cara menarik recoil starter (tarikan start manual). Jika masih terdapat tekanan, maka tandanya kompresi masih bagus. Tetapi, jika tekananya lemah, maka bongkarlah silinder head. Kemudian bersihkan kerak yang menempel. Dan jika sempat, lakukan penyekiran agar tidak terjadi kebocoran kompresi.

4. Untuk genset bensin, periksalah kondisi busi dengan melepas busi dan melihat ujungnya. Jika busi berkerak, bersihkan dengan amplas sampai bersih . Tetapi, jika nyala busi sudah tidak bagus, sebaiknya ganti busi dengan yang baru.

5. Sedangkan untuk genset solar, periksalah performa bospom dan nozzle. Pastikan kedua komponen tersebut mampu mengkabutkan solar dengan baik.

6. Cek oli mesin genset. Jika oli sudah pekat dan berkurang. Maka sebaiknya gantilah dengan yang baru.

7. Periksa seluruh panel pada genset, seperti saklar power, indikator oli, switch breaker,  steker listrik, dan layar frekuensi tegangan. Pastikan semua berfungsi dengan baik.

8. Genset yang menggunakan elektrik starter, periksalah kondisi aki apakah masih mampu untuk menghidupkan mesin genset. Jika aki tekor tidak kuat untuk menghidupkan, maka setrumlah aki tersebut hingga maksimal.

Itulah beberapa tips dan cara servis pada mesin genset bensin maupun solar. Selain itu, sebaiknya panaskan mesin genset sekurang-kurangnya seminggu sekali jika jarang digunakan. Semoga tips ini bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top