Home » Tip & Trik » Cara Cek Mesin Bekas Sebelum Membeli

Cara Cek Mesin Bekas Sebelum Membeli

cara cek mesin bekas sebelum membeli
Cara Cek Mesin Bekas Sebelum Membeli
Cara Cek Mesin Bekas Sebelum Membeli – Sebuah alasan mengapa membeli mesin bekas, mungkin karena harganya lebih murah dibanding dengan harga baru. Tetapin, harus bisa mengecek kondisi mesin bekas tersebut, apakah mesin masih bagus atau tidak.
Sebelum membeli mesin bekas, sebaiknya perlu melihat kondisi mesinnya terlebih dahulu. Jangan sampai membeli mesin bekas, menyesal dan kecewa di belakang. Seperti hanya beberapa saat setelah mesin tersebut digunakan, tiba-tiba mengalami kerusakan.
Berikut ini merupakan tips mengenai bagaimana cara mengecek mesin bekas sebelum membelinya. Apa saja yang perlu dicek? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Cara Cek Mesin Bekas Sebelum Membeli

1. Cek Kondisi Fisik Mesin
Hal yang pertama yang dapat kita cek adalah kondisi fisik mesin. Periksa secara detail kondisi luar mesin yang dapat terlihat oleh mata kita. Jika kondisi lecet pemakaian, mungkin masih bisa ditoleransi. Namun jika terdapat bagian yang retak atau pecah pada blok mesin, sebaiknya urungkan untuk membeli mesin bekas tersebut.
2. Cek Suara Mesin 
Periksa suara mesin ketika dalam keadaan dihidupkan. Jika suaranya halus, maka mesin tersebut masih dalam keadaan bagus. Namun jika terdapat suara yang aneh dan tidak stabil, sudah pasti mesin tersebut dalam kondisi mengalami kerusakan.
3. Periksa Rembesan Oli
Periksa denga teliti apakah terdapat rembesan oli yang keluar dari mesin setelah mesin bekas tersebut dihidupkan. Jika seluruh permukaan mesin kering, maka mesin tersebut dalam keadaan bagus. Tetapi jika terdapat rembesan oli yang keluar, maka tandanya mesin tersebut mengalami kebocoran pada ruang mesin.
4. Lihat Asap Yang Keluar
Saat mesin dihidupkan, lihatlah asap yang keluar dari saluran pembuangan/knalpot. Jika asap yang keluar terlalu pekat dan berwarna putih, lebih baik segera untuk mengurungkan pembelian mesin tersebut. Namun, jika asapnya tidak terlihat, maka mesin tersebut dalam kedaaan masih bagus.

5. Cek Tenaga Mesin
Untuk mengecek performa tenaga pada mesin, kita dapat melakukannya dengan menghentakan panel gas ketika mesin dalam keadaan hidup. Jika panel gas ditambahkan, maka bunyi mesin akan langsung meninggi. Namun jika mesin yang kurang sehat, maka bunyi mesin akan melambat meninggi atau malah mesin tiba-tiba mati sendiri.
Demikianlah tip cara mengecek mesin bekas sebelum membeli. Pahami dan teliti dengan benar. Semoga bisa membantu dan bermanfaaat. Terima kasih.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top