Home » Tip & Trik » Cara Memasang Dan Melepas Mata Bor

Cara Memasang Dan Melepas Mata Bor

cara+memasang+mata+bor
Cara Memasang Dan Melepas Mata Bor

Cara Memasang Dan Melepas Mata Bor – Ketika akan membuat lubang dengan menggunakan mesin bor, hal pertama yang harus dilakukan yaitu memasang mata bor. Oleh karena itu, kita harus paham bagaimana cara memasang mata bor pada kepala mesin bor yang benar.

Sebelum melakukan proses pengeboran, kita juga harus paham dalam memilih jenis mata bor yang digunakan. Misalnya mata bor besi untuk mengebor besi, mata bot beton untuk mengebor tembok, dan mata bor kayu untuk mengebor kayu.

Dengan begitu, kita akan terhindar dari kesalahan dalam memasang mata bor yang mengakibatkan mata bor patah atau menjadi tumpul. Dan berikut ini merupakan panduan cara memasang dan melepas mata bor pada mesin bor yang benar.

Cara Memasang Dan Melepas Mata Bor

Bagi yang belum paham mengenai bagaimana cara memasang mata bor pada mesin bor, silahkan bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini tentang cara memasang mata bor pada kepala mesin bor.

1. Sebelum memasang mata bor, pastikan kabel power mesin bor tidak menancap pada sumber listrik agar lebih aman.

2. Pilihlah ukuran dan jenis mata bor dengan benar. Pastikan ukuran mata bornya sesuai dengan diameter lubang yang diinginkan.

3. Gunakan kunci mata bor untuk membuka chuck kepala bor. Yaitu dengan memasukan kunci mata bor pada tempatnya dengan tepat. Kemudian putarlah ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) agar mulut chuck terbuka.

4. Setelah chuck terbuka, pasanglah ekor mata bor sampai ke dalam. Jangan sampai terbalik dalam memasang mata bor, karena tentu saja tidak bisa digunakan untuk mengebor.

5. Kemudian, kencangkan dengan menggunakan kunci bor. Yaitu dengan memutar ke arah kanan (sesuai arah jarum jam) hingga benar-benar kencang dengan sempurna.

6. Dan yang terakhir, tancapkan kabel power mesin bor ke sumber listrik. Kemudian arahkan mata bor pada medan yang akan di lubangi. Setelah itu, pegang mesin bor dengan kuat dan tekan saklarnya. Pastikan posisi mata bor tegak lurus atau sesuai kemiringan yang diinginkan.

7. Setelah selesai melakukan pengeboran, cabutlah kabel power dari sumber listrik. Kemudian, lepaskan mata bor dengan cara membuka mulut chuck bor dengan kunci bor ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam).

8. Setelah mata bor terlepas, bersihkan mesin bor dan mata bor dari sisa pengeboran.

Begitulah cara memasang dan melepas mata bor pada mesin bor listrik. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top