Tip & Trik Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor

Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor

cara memperbaiki aki kering tekor
Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor
Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor – Banyak yang mengatakan jika aki kering hanya sekali pakai dan tidak bisa diperbaiki jika sudah rusak. Namun, pernyataan tersebut ternyata berbanding terbalik dengan pengalaman yang akan dibahas berikut tentang cara memperbaiki aki kering yang tekor / drop.

Aki merupakan piranti penting yang ada pada mesin atau kendaraan. Alat ini berfungsi untuk menghidupkan starter mesin dan juga sebagai sumber kelistrikan. Oleh karena itu, perawatan pada aki harus diperhatikan dengan benar. Agar tidak mengalami tekor / drop pada saat melakukan start.

Dengan berkembangnya zaman, kini telah hadir jenis aki kering yang lebih aman. Dan tentu saja harganya pun lebih mahal dari aki basah. Karena, aki kering ini lebih awet dalam menyimpan energi listrik. Namun, bukan berarti aki kering ini tidak bisa tekor saat digunakan, karena setiap barang elektronik pasti memiliki umur dan suatu saat akan rusak.

Gejala yang dialami pada mesin jika aki telah rusak yaitu tidak bisa melakukan starter elektrik. Selain itu, nyala lampu juga menjadi redup. Oleh sebab itu, jika mengalami tanda-tanda tersebut, sudah pasti aki tekor dan kita harus tahu bagaimana cara memperbaiki aki tersebut agar dapat normal kembali.

Cara memperbaiki aki kering sebenarnya hampir sama dengan aki basah. Perbedaanya adalah isi cairan aki basah lebih banyak dari pada aki kering. Dan apabila aki kering sudah mengalami drop / tekor, maka harus diperbaiki agar dapat dengan cara seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor

Untuk memperbaiki aki kering yang tekor atau drop, hal yang pertama kita siapkan adalah accu suur. Accu suur adalah cairan aki yang diisikan pada saat pertama kali pengisian, bukan yang dipakai pada saat isi ulang. Sedangkan peralatan yang digunakan yaitu obeng min (-), kain lap, dan lem.

Setelah peralatan terkumpul, mulailah dengan melepas aki pada tempatnya. Kemudian, untuk cara memperbaiki aki kering tersebut bisa mengikuti langkah-langkah  berikut ini.

1. Bukalah tutup cover aki yang ada tulisan  “Do Not Open” menggunakan obeng min. Namun perlu berhati- hati dalam mencongkel agar tidak rusak atau pecah.

2. Setelah terlepas, buanglah cairannya dengan cara membalikan posisi aki.

3. Jika cairan aki sudah tuntas terbuang, isilah lubang cairan tersebut dengan air panas. Kemudian tutup lubangnya dengan kain dan kocok-kocok aki agar kotoran yang melekat pada elemen rontok. Setelah itu, buang air panas tersebut dan jemur sampai kering sekitar 20-30 menit.

4. Setelah kering, isilah aki dengan cairan accu suur sekitar satu setengah ruas jari pada masing-masing lubangnya. Jika ada cairan yang tercecer, bersihkan dengan kain lap.

5. Tutup kembali covernya dengan mengoleskan sedikit lem agar tidak terjadi kebocoran. Dan tunggulah lem kering. Selesai.

Begitulah cara memperbaiki aki kering yang tekor. Sebelum menggunakan aki tersebut, sebaiknya di charger dahulu sampai penuh agar performanya maksimal. Tetapi, jika tidak ada charger bisa langsung memasang aki pada tempatnya. Kemudian hidupkan mesin atau kendaraan selama sekitar 30 menit agar aki terisi daya listrik. Setelah itu, cobalah hidupkan mesin atau kendaraan dengan starter elektrik dan lihat hasilnya.

Mudah bukan, meskipun cara memperbaiki aki kering ini terlihat sederhana, namun hasilnya sangat maksimal. Tetapi, jika memiliki cukup uang, tidak perlu menggunakan cara seperti ini dan langsung beli aki yang baru. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *