Home » Cara Cek Stator Gerinda Tangan

Cara Cek Stator Gerinda Tangan

cara+cek+stator+gerinda
Cara Cek Stator Gerinda Tangan


Cara Cek Stator Gerinda Tangan – Pada mesin gerinda tangan, terdapat bagian yang bernama stator. Komponen tersebut berupa gulungan kawat tembaga yang berfungsi sebagai penghasil gaya elektromagnetik untuk mengatur perputaran rotor (angker).  Peranan fungsi stator itulah yang mengakibatkan rotor dapat berputar stasioner. 

Diantara kasus yang sering terjadi pada mesin gerinda tangan yaitu mesin mati. Dan salah satu faktor penyebab adalah jaringan stator putus yang mengakibatkan rotor tidak berputar. Untuk itu, kita perlu melakukan cek pada bagian stator apabila mesin tidak dapat dinyalakan. 

 
Lalu bagaimana caranya? Nah, bagi yang belum tahu, silahkan ikuti panduan yang akan diuraian berikut ini mengenai cara cek stator mesin gerinda tangan apakah masih bagus atau tidak.

Cara Cek Stator Mesin Gerinda Tangan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek stator pada mesin gerinda tangan. Namun, sebelumnya kita perlu menyiapkan dulu perlatannya, seperti obeng dan multitester. Dan selama proses pengecekan, pastikan kabel power terlepas dari sumber listrik. Dan untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. 

1. Cara yang pertama merupakan langkah tercepat untuk mengetahui apakah stator dalam keadaan putus atau tidak. Caranya yaitu melepas carbon brush dari tempatnya, kemudian tekan saklar gerinda ke posisi On. Setelah itu, atur multitester pada ohm, kemudian tempelkan salah satu ujung kabel dengan salah satu rumah carbon berush secara bergantian. Pastikan setiap ujung kabel terhubung pada salah satu rumah carbon brush. Jika salah satu ada yang tidak terhubung, maka tandanya stator putus. 
2. Cara yang kedua yaitu dengan melihat secara langsung fisik stator. Namun, kita harus membongkar mesin gerinda terlebih dahulu untuk mengeceknya. Stator yang sudah tidak berfungsi biasanya terdapat gulungan tembaga yang rusak atau putus. Selain itu, bisa juga warna tembaganya yang berubah menjadi hitam karena terbakar. 
3. Cara yang ketiga ini digunakan untuk mengetahui apakah kondisi stator bocor atau tidak. Yaitu dengan menempelkan kabel multitester pada rumah carbon brush, kemudian tempelkan ujung kabel multitester lainnya pada dinding stator. Jika jarum multitester bergerak ketika pengecekan, maka tandanya stator mengalami kebocoran atau korsleting.
Demikianlah ulasan mengenai cara cek stator mesin gerinda tangan. Semoga bermanfaat dalam upaya memperbaiki mesin gerinda yang tidak bisa dinyalakan.
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top