Home » Servis » Bagian – Bagian Karburator Dan Fungsinya

Bagian – Bagian Karburator Dan Fungsinya

bagian+bagian+karburator+dan+fungsinya
Bagian – Bagian Karburator Dan Fungsinya

Bagian – Bagian Karburator Dan Fungsinya – Karburator merupakan bagian mesin motor atau mobil yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar dengan takaran sesuai kebutuhan yang kemudian dikirim ke ruang pembakaran dalam bentuk kabut. Untuk menjalankan fungsinya, karburator memiliki bagian-bagian penting di dalamnya.

Cara kerja karburator adalah memanfaatkan pipa kapiler yang terhisap udara. Dengan adanya udara yang mengalir di atasanya, maka bahan bakar yang berada di bawahnya akan naik terbawa oleh udara dan menjadi percikan yang sangat halus. Dan proses ini sering disebut dengan pengkabutan bahan bakar.

Perjalanan udara dan bahan bakar di dalam karburator, tentu juga melewati proses dari yang sedemikian rupa yang tak lain merupakan kinerja dari bagian-bagian karburator. Setiap komponen karburator memiliki tugas masing-masing dalam proses pengkabutan.

Bagian – Bagian Karburator Dan Fungsinya

1. Intake Manifold

Intake manifold merupakan tempat menempelnya karburator. Selain sebagai dudukan, intake manifold ini juga berfungsi sebagai saluran masuknya bahan bakar menuju ruang pembakaran.

2. Mangkuk Penampung (Float Chamber)

Bahan bakar akan mengalir ke dalam karburator, akan tertampung dalam sebuah tempat yang disebut  dengan mangkuk penampung. Kapasitas bahan bakar yang tersimpan pada mangkuk penampung, dikendalikan oleh jarum karburator yang digerakan oleh pelampung.

3. Jarum Karburator (Float Valve)

Pada setiap karburator pasti terdapat sebuah bagian yang berbentuk seperti jarum yang berfungsi sebagai pintu masuk bahan bakar ke dalam mangkuk penampung. Jarum karburator ini akan membuka jika kapasitas bensin pada mangkuk penampung berkurang. Dan akan menutup kembali jika mangkuk telah terisi penuh oleh bensin.

4. Pelampung Karburator (Float)

Pelampung karburator merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur takaran bahan bakar di dalam mangkuk penampung karburator. Pelampung karburator inilah yang akan memberi tekanan jarum karburator jika mangkuk penampung telah terisi penuh oleh bahan bakar.

5. Pilot jet

Pilot jet atau sering disebut spuyer atau pemancar kecil berfungsi sebagai jalur keluar bahan bakar dari mangkuk peampung menuju ruang pembakaran. Pilot jet ini berupa pipa yang memiliki lubang-lubang (celah-celah) yang berdiameter sangat kecil.

6. Main Jet

Main jet atau pemancar besar berfungsi untuk mengontrol bahan bakar sistem putaran menengah dan tinggi. Semakin besar ukuran lubang pada main jet, maka sekamin besar pula bahan bakar yang dikeluarkan.

7. Jet Needle

Jet needle merupakan pasangan dari pilot jet. Jet needle ini berfungsi sebagai katup pengatur komposisi bahan bakar yang menuju ruang pembakaran.

8. Choke

Choke merupakan sebuah pintu udara yang terdapat di bagian depan karburatro. Choke ini dapat dibuka dan ditutup. Fungsi choke karburatro ini yaitu sebagai jalur masuknya udara. Namun, juga berfungsi sebagai pemicu pada saat menghidupkan mesin dalam keadaan dingin.

9. Throtle Valve

Throtle valve merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur keluarnya bahan bakar yang menuju ruang kompresi. Throtle valve ini dapat berupa jarum yang menghimpit spuyer atau pun daun pintu yang dapat membuka dan menutup ketika tuas gas dimainkan.

10. Sekrup Gas (Throtle Scew)

Sekrup gas atau throtle screw merupakan bagian pada karburator berfungsi untuk mengatur posisi jet needle sebelum di gas (posisi stasioner).

11. Sekrup Udara (Air Screw)

Sekrup udara atau air screw adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur kapasitas udara yang masuk kedalam karburator untuk dicampur dengan bahan bakar.

Demikianlah uraian pembahasan mengenai bagian-bagian karburator dan fungsinya masing-masing. Semoga bisa menambah ilmu yang bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top