Home » Servis Mesin Potong Rumput 2 Tak

Servis Mesin Potong Rumput 2 Tak

servis+mesin+potong+rumput
Servis Mesin Potong Rumput 2 Tak

Servis Mesin Potong Rumput 2 Tak – Mesin potong rumput 2 tak memang lebih familiar dibandingkan dengan 4 tak. Selain harganya lebih terjangkau, perawatannya juga mudah. Spare part-nya juga gampang ditemukan ketika mesin potong rumput 2 tak ini mengalami masalah.

Untuk mencegah dari kerusakan yang terjadi pada mesin potong rumput 2 tak, sebaiknya kita melakukan servis secara berkala. Hal ini bertujuan agar mesin selalu memiliki performa maksimal ketika digunakan.

Ada pun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan servis mesin potong rumput 2 tak. Apa saja hal tersebut, silahkan simak uraian berikut ini.

Panduan Servis Mesin Potong Rumput 2 Tak

Untuk melakukan servis pada mesin potong rumput 2 tak, ada beberapa komponen yang mesti diperiksa atau harus dibersihkan. Diantara yaitu :

1. Cek Kondisi Busi

Busi merupakan salah satu komponen penting pada mesin potong rumput. Oleh sebab itu, kita harus sesering mungkin melakukan pengecekan pada busi agar mesin tidak bermasalah ketika digunakan.

Performa busi yang sudah tidak bagus dapat dilihat dari nyala apinya. Jika nyala api pada busi sudah mulai lemah atau tidak nyala sama sekali, sebaiknya lakukanlah penggantian agar performa mesin tetap maksimal.

2. Membersihkan Karburator

Karburator juga tak kalah pentingnya seperti halnya busi. Sebagai komponen penyuplai bahan bakar dan udara, kebersihannya harus terjaga agar mesin tidak mengalami masalah, seperti karburator banjir yang mengakibatkan mesin susah hidup.

Untuk menjaga kebersihan karburator, sebaiknya lakukanlah pembersihan secara berkala. Yaitu dengan mencuci bagian dalam karburator dengan bensin. Selain itu, bersihkan juga busa filter udara agar udara yang masuk ke dalam karburator terbebas dari kotoran.

3. Cek Kondisi Oil Seal

Oil seal atau seal kruk as adalah komponen mesin potong rumput yang terletak pada kruk as (crankshaft) dan menempel pada dinding crankcase. Pengaruhnya sangat besar terhadap kestabilan dan tenaga mesin.

Oleh sebab itu, periksalah oil seal tersebut secara berkala. Jika ada rembesan oli yang keluar di sekitar seal tersebut, sebaiknya lakukan penggantian oil seal tersebut agar tenaga mesin maksimal. Kerusakan pada oil seal dapat menyebabkan mesin susah hidup.

4. Periksa Block Cylinder

Block cylinder merupakan ruang pembakaran yang harus dijaga kondisinya. Jika block cylinder tersebut aus, maka mesin susah hidup atau malah tidak bisa hidup sama sekali.

Untuk mengecek block cylinder mesin potong rumput 2 tak, kita bisa membuka bagian knalpot dan melihat langsung apakah kondisi dinding block cylinder tersebut masih bagus atau tidak. Jika ditemukan telah aus atau baret, sebaiknya gantilah dengan yang baru.

5. Pelumasan As Fleksibel Dan Dudukan Mata Potong

Untuk memperlancar akselerasi putaran mata potong, sebaiknya lakukan pelumasan pada as fleksibel dan dudukan mata potong yang berada paling ujung di gagang pembabat. Pelumasan ini dapat menggunakan stempet.

Selain untuk memperlancar akselerasi, hal ini juga dapat menjadikan umur as fleksibel dan roda gigi yang ada di dalam dudukan mata potong lebih awet dan berumur panjang.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan pada saat melakukan servis mesin potong rumput 2 tak. Semoga dapat dijadikan wawasan dan ilmu yang bermanfaat dalam pemeliharaan mesin potong rumput.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top