Servis Cara Memperbaiki Karburator Mesin Rumput

Cara Memperbaiki Karburator Mesin Rumput

cara+memperbaiki+karburator
Cara Memperbaiki Karburator Mesin Rumput

Cara Memperbaiki Karburator Mesin Rumput – Melakukan servis pada karburator mesin rumput, bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Karena pada dasarnya hanya membersihkan dan setting pada bagian-bagian karburator dan mengganti beberapa komponen yang mengalami kerusakan.

Memperbaiki karburator mesin rumput, bisanya dilakukan ketika karburator mesin rumput banjir yang menyebabkan mesin potong rumput tersebut susah hidup. Oleh karena itu, perawatan pada karburator mesin rumput harus benar-benar diperhatikan.
Selain itu, keluarnya minyak (bahan bakar) pada karburator mesin rumput juga kerap terjadi. Kebocoran pada karburator tersebut biasanya muncul karena bagian-bagian karburator yang telah mengalami kerusakan.
Kerusakan yang terjadi pada komponen karburator mesin rumput tersebut harus cepat diperbaiki. Karena jika tidak, akan merambah masalah yang lain yang akan terjadi pada mesin potong rumput. 
Sebelum memperbaiki karburator mesin rumput, haruslah terlebih dahulu mengetahui masalah yang terjadi pada karburator mesin potong rumput tersebut. Atau gejala-gejala lain yang muncul pada mesin potong rumput sehingga harus dilakukan perbaikan pada karburator mesin rumput.
Tanda-Tanda Karburator Mesin Rumput Mengalami Masalah

1. Karburator Mesin Rumput Banjir

Banjir pada karburator mesin rumput di tandai oleh keluarnya minyak (bahan bakar) dari bagian depan karburator. Penyebab dari masalah ini yaitu jarum karburator mesin potong rumput tersumbat kotoran. Atau karena jarum karburator tersebut telah aus (rusak). Atau bisa juga setelan pelampung karburator salah. Akibat dari karburator banjir pada mesin potong rumput yaitu mesin susah hidup.

2. Karburator Mengalami Kebocoran 

Akibat dari karburator mengalami kebocoran yaitu bunyi mesin potong rumput mrebet. Atau jika mesin potong rumput di gas akan mati.  Penyebab kebocoran pada karburator mesin potong rumput tersebut yaitu paking karburator rusak atau baut karburator kendor. 

3. Mesin Membandang (Gas Tinggi) Kemudian Mati

Gejala karburator mesin rumput mengalami masalah selanjutnya yaitu mesin tiba-tiba ngegas tinggi kemudian mati sendiri. Penyebab dari masalah ini yaitu setelan pelampung karburator terlalu tinggi.  Atau bahan bakar kurang lancar yang disebabkan kotoran yang menyumbat pada selang bensin. Sehinnga bahan bakar tekor menyuplai ke runag pembakaran. 

Cara Memperbaiki Karburator Mesin Rumput


Setelah mengenali permasalahan yang diakibatkan oleh karburator mesin rumput, pasti sudah bisa menganalisa bagian mana saja yang perlu diperhatikan. Sehingga dalam memperbaiki karburator mesin rumput akan lebih cepat dan mudah. Dan berikut cara membongkar karburator mesin rumput untuk melakukan perbaikan dan pembersihan.
1. Bukalah tutup karburator dan lepaskan filter udara. 
2. Lepaskan jet needle assy (bagian tutup atas karburator) dengan memutar ke arah kiri.
3. Lepaskan baut joint selang bensin. Kemudian tutup kran bensin agar bensin tidak mengalir keluar.
4. Buka baut pengunci karburator dengan obeng min (-) atau kunci 8 mm.
5. lepaskan karburator dari dudukannya dengan cara menarik secara perlahan ke arah luar.
6. Buka baut karburator untuk membongkar bagian dalam karburator.
7. Lepaskan pin pelampung untuk melepas pelampung dan jarum karburator.
8. Perhatikan jarum karburator, jika telah rusak (aus), sebaiknya ganti dengan yang baru.
9. Gunakan kuas dan bensin untuk membersihkan seluruh dinding bagian dalam karburator. Besihkan juga bagian spuyer hingga lubangnya terbebas dari kotoran. Setelah itu, semprot dengan angin agar bersih sempurna. 
10. Setelah semua bersih dan kering, rakit kembali dengan benar. Jangan sampai ada yang terbalik atau tertukar.
11. Kemudian pasang kembali pada dudukan karburator. pasang juga selang bensin, jet needle assy, dan penutup karburator beserta filternya. Pastikan seluruh baut  telah dikencangkan dengan benar. Selesai.
Setelah perbaikan dan pembersihan karburator selesai, cobalah untuk menghidupkan mesin rumput tersebut agar mengetahui hasilnya. Sehingga, jika ada masalah pada perbaikan tersebut dapat diulang kembali.
Setelah mesin rumput berhasil dihidupkan, setting karburator dengan cara memutar baut stasioner yang terdapat di sisi samping karburator mesin rumput. Settinglah dengan cara memutar ke kiri atau ke kanan. Jika memutar ke kiri, maka bunyi mesin rumput akan semakin kecil. Begitu sebaliknya, jika diputar ke kanan, maka stasioner (kelamsaman) mesin rumput kaan semakin besar.
Demikianlah ulasan mengenai cara memperbaiki memperbaiki mesin rumput dan setting karburator mesin rumput. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *