Home » Penyebab Kipas Angin Berputar Lambat

Penyebab Kipas Angin Berputar Lambat

kipas+angin+berputar+lambat
Penyebab Kipas Angin Berputar Lambat

Penyebab Kipas Angin Berputar Lambat – Pemakaian kipas angin yang berlebihan, dapat menyebabkan kipas angin lebih cepat mengalami mesalah. Dan permasalahan yang sering terjadi pada kipas angin yaitu putarannya menjadi lambat meskipun telah di atur pada level tertinggi.

Meskipun kipas angin yang putarannya pelan masih bisa dipakai, namun hembusan anginnya hampir tidak terasa. Dan jika hal seperti itu dibiarkan terus-menerus, maka akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada kipas angin tersebut.

Oleh sebab itu, jika kipas angin putarannya menjadi lambat, sebaiknya hentikan dulu pemakaiannya dan segera melakukan perbaikan. Dan untuk memperbaiki masalah kuas angin yang putarannya pelan, kita harus menemukan penyebabnya terlebih dahulu agar lebih mudah mencari solusi untuk mengatasinya.

Penyebab Kipas Angin Berputar Lambat Dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kipas angin berputar pelan. Diantaranya yaitu :

1. As Rotor Seret

As rotor merupakan bagian yang berfungsi untuk memutar daun kipas. Jika as rotor seret atau macet, maka putaran daun kipas menjadi pelan. Penyebab hal ini yaitu pelumas bearing telah habis akibat lamanya pemakaian dan panas dinamo.

Untuk mengatasinya, kita dapat melumasi bearing tersebut dengan stempet atau oli. Namun, jika kondisi bearing sudah rusak parah, sebaiknya ganti bearing tersebut dengan yang baru.

2. Kapasitor Lemah

Penyebab yang kedua dari kipas angin yang putarannya melambat yaitu karena kapasitor lemah. Kerusakan pada kapasitor ini biasanya ditandai oleh bunyi berdengung dan daun kipas harus dibantu diputar terlebih dahulu menggunakan tangan ketika menyalakan kipas angin.

Kapasitor yang lemah biasanya disebabkan oleh penggunaan kipas angin yang cukul lama, sehingga menyebabkan elektrolit di dalam kapasitor berkurang. Akibatnya kapasitor hanya dapat menyimpan sedikit muatan listrik di dalamnya.

Untuk mengatasi kapasitor lemah, gantilah dengan kapasitor baru yang memiliki nilai yang sama. Biasanya nilai kapasitor kipas angin yaitu antara 1,5 πF sampai 2,5 πF. Jangan mengganti kapasitor dengan nilai yang berbeda, karena dapat menjadikan munculnya permasalahan yang baru pada kipas angin.

3. Thermostat Tidak Berfungsi

Jika thermostat pada kipas angin tidak berfungsi alias putus, jangankan dapat berputar pelan, malah yang terjadi adalah kipas angin tidak berputar sama sekali. Fungsi thermostat ini yaitu sebagai pelindung kumparan dinamo jika mengalami panas berlebihan. Thermostat akan putus jika suhu panas dinamo melebihi niai thermostat tersebut.

Untuk mengatasi thermostat yang sudah tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru. Tetapi jika susah menemukannya, kita bisa menyambungkan langsing jalur kumparan yang melewati thermostat tersebut.

4. Gulungan Dinamo Bermasalah

Dinamo merupakan mesin penggerak utama pada kipas angin. Jika dinamo mengalami masalah yang masih ringan, maka akan menyebabkan putaran kipas angin menjadi pelan. Tetapi, jika kerusakannya parah, maka kipas angin akan berbau gosong dan keluar asap yang menandakan dinamo terbakar.

Untuk mengatasi masalah pada dinamo, sebaiknya dibawa ke tukang dinamo untuk memperbaikinya. Tetapi jika sudah terbakar, lebih baik membeli kipas angin yang baru. Karena biaya menggulung ulang dinamo cukup mahal dan jarang yang memberikan garansi.

Itulah beberapa penyebab kipas angin berputar lambat dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top