Home » Cara Menyetel Governor Mesin GX 160

Cara Menyetel Governor Mesin GX 160

cara+menyetel+governor+mesin+gx160
Cara Menyetel Governor Mesin GX 160

Cara Menyetel Governor Mesin Gx 160 – Governor merupakan seperangkat komponen yang ada pada mesin GX 160 yang berfungsi sebagai pengatur kecapatan putaran mesin. Setelan governor ini harus benar-benar diperhatikan agar mesin tidak mengalami masalah seperti tidak bisa digas atau juga tidak bisa dimatikan. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara menyetel governor mesin GX 160 yang benar.

Mesin GX 160 itu sendiri merupakan mesin penggerak berbahan bakar bensin yang sering digunakan pada mesin kompresor dan mesin ketinting (gantaran perahu). Rangkain governor pada mesin Gx 160 ini dikendalikan oleh sebuah tuas gas yang dapat digerakan maju mundur untuk mempercepat atau memperlambat putaran mesin secara seimbang.

Namun, dalam beberapa kasus permasalahan yang sering terjadi pada mesin Gx 160 yaitu setelan governornya berubah sehingga mengakibatkan mesin tidak dapat terkontrol dengan baik. Misalnya gas mesin menjadi tidak bisa stabil atau terjadi hentakan ketika meningkatkan putaran mesin. Jika mengalami hal semacam ini, maka perlu dilakukan penyetelan ulang pada governor seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Cara Menyetel Governor Mesin GX 160

Untuk menyetel governor pada mesin GX 160 caranya sangat mudah. Peralatan yang digunakan juga sederhana. Kita cukup menyiapkan peralatan seperti kunci ring 10 mm dan tang. Dan untuk langkah-langkah penyetelannya adalah sebagai berikut.

1. Lepaskan tangki bensin terlebih dahulu dengan membuka dua buah mur dan satu baut penguncinya yang terletak di bagian bawah tangki dengan menggunakan kunci ring 10 mm. Untuk letak bautnya berseberangan dengan posisi kedua murnya.

2. Kemudian sisihkan tangki tersebut dengan cara menggeser sedikit ke arah kiri atau kanan agar tindak mengganggu proses penyetelan. Atau kita bisa meletakan ditempat lain, tetapi harus menutup lubang saluran bensinnya agar tidak mengalir keluar.

3. Untuk melakukan penyetelan governor, tariklah tuas gas pada posisi maksimal (gas penuh). Kemudian kendorkan mur pengunci tangkai governor dengan kunci ring 10 mm. jika sudah kendor, putar shaft governor ke kanan (searah jarum jam) sampai mentok. Setelah itu, kencangkan kembali mur pengunci tangkainya.

4. Jika penyetelan sudah dilakukan, cobalah untuk mengeceknya dengan cara menggerakan tuas gas dari posisi nol ke posisi maksimal secara berulang-ulang. Jika shaft governor iktu bergerak mengikuti gerakan tuas gas, berarti penyetelan telah berhasil. Namun, jika shaft governor hanya bergerak sedikit, lakukanlah penyetelan ulang sampai benar-benar bergerak mengikuti gerakan tuas gas.

5. Jika sudah penyetelan sudah berhasil, pasang kembali tangki bensin dan cobalah untuk menghidupkan mesin. Periksa kembali apakah putaran mesin sudah benar-benar sesuai dengan pergerakan tuas gasnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menyetel governor mesin GX 160. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top