Home » Cara Memperbaiki Mesin Serut Kayu

Cara Memperbaiki Mesin Serut Kayu

servis+mesin+serut+kayu
Cara Memperbaiki Mesin Serut Kayu

Cara Memperbaiki Mesin Serut Kayu – Mesin serut kayu merupakan perkakas yang wajib tersedia di dunia pembuatan furniture. Karena fungsi serut kayu ini sangat membantu dalam meratakan atau pun menghaluskan permukaan kayu yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam furniture. Untuk itu, wajib bagi kita untuk melakukan servis pada mesin serut kayu tersebut secara rutin.

Mesin serut kayu ini sering digunakan secara terus menerus, sehingga ada kalanya mengalami masalah atau kerusakan. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis kerusakannya. Dengan begitu, kita dapat memperbaiki mesin serut kayu tersebut jika terjadi masalah.

Dan berikut ini akan diuraikan mengenai apa saja permasalahan yang sering terjadi pada mesin serut kayu dan cara memperbaiknya. Silahkan simak sampai selesai agar dapat mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kerusakan pada mesin serut kayu dan cara mengatasinya.

Cara Memperbaiki Kerusakan Mesin Serut Kayu

Mesin Serut Kayu Tiba – Tiba Mati

Masalah pertama yang sering terjadi pada mesin serut kayu adalah mesin tiba-tiba mati ketika sedang digunkan. Jika mengalami masalah seperti ini, kita perlu mengecek beberapa komponen pada mesin serut ini, antara lain yaitu :

  • Cek Kabel Power

Periksalah kondisi kabel power penghubung sumber listrik, apakah ada yang putus atau terlepas. Untuk mengeceknya, kita bisa menggunakan multitester. Cara yaitu mengatur panel pada posisi ohm X1, kemudian tempelkan kabel probe pada masing-masing jalur kabel pada colokan listriknya. Jika jarum multitester bergerak, maka tandanya kondisi kabel masih bagus. Jika jarum tidak bergerak, berarti ada kabel yang putus dan harus diganti. Namun, jika kondisi kabel hanya terlepas, cukup menyambungkan kembali kabel yang lepas tersebut.

  • Cek Saklar

Saklar merupakan komponen yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin dengan cara menekannya. Jika saklar ini tidak berfungsi maka menyebabkan mesin serut tidak bisa dihidupkan. Untuk mengecek saklar ini masih sama, yaitu menggunakan multitester. Caranya yaitu dengan menempelkan probe pada kedua terminal saklar, jika kita menekan saklar dan jarum meultitester bergerak, maka tandanya saklar masih berfungsi, tetpai jika jarum multitester tidak bergerak, maka artinya saklar telah rusak dan harus diganti.

  • Cek Carbon Brush

Untuk mengecek carbon brush, kita dapat melihat secara langsung kondisi Carbon brush tersebut. Jika sudah habis, maka segeralah diganti dengan yang baru. Untuk memeriksa carbon brush ini yaitu dengan cara membuka tutup tempat carbon brush tersebut dengan menggunakan obeng dan untuk mengambilnya, kita dapat menggunakan ujung obeng untuk mencukilnya.

  • Cek Kumparan Stator

Stator adalah kumparan yang tidak bergerak. Kumparan ini memiliki sepasang jalur kabel yang masing-masing terhubung ke rumah carbon brush dan kabel power. Untuk mengeceknya yatiu dengan cara seperti pengecekan kabel power dengan multitester. Periksalah secara bergantian pada masing-masing jalur kabelnya. Jika ada salah satu atau keduanya yang putus, segeralah lakukan penggantian pada stator tersebut.

Mesin Serut Kayu Kurang Tenaga

  • Cek Vanbelt

Vanbelt atau yang sering disebut dengan tali kipas merupakan karet penghubung antara dinamo penggerak dan roll pemangkas. Jika kondisi vanbelt ini sudah mengendor, maka dapat mengakibatkan tenaga yang dihasilkan mesin serut lemah akibat putaran mesin yang menurun. Untuk itu, jika kondisinya sudah longgar, maka sebaiknya ganti dengan yang baru agar transmisi putaran mesin berjalan dengan normal.

  • Cek Gulungan Stator

Untuk mengecek gulungan stator, caranya sama seperti langkah di atas. Namun, disini kita mengecek nilai resistansi pada kedua jalur stator tersebut. Karena jika nilainya berbeda, maka mengakibatkan tenaga mesin berkurang. Untuk melihat nilai resistansinya, kita dapat melihat pergerakan jarum multitester ketika berhenti pada saat pengecekan. Jarum tersebut akan berhenti pada sebuah angka dan menunjukan nilai resistansi tersebut.

  • Cek Kondisi Laher/Bearing

Pada mesin serut kayu, terdapat sepasang bearing yang berada pada shaft/as armature dan roll pemangkas. Periksalah masing-masing kondisi bearing tersebut dengan cara membongkar mesin serut. Bearing yang telah aus atau koclak akan mengakibatkan putaran mesin tidak stabil dan tenaga mesin lemah. Oleh sebab itu, jika menemukan kondisi bearing yang sudah tidak berfungsi dengan baik, segeralah diganti agar putaran mesin kembali normal.

Suara Mesin Serut Kayu Berisik

  • Cek Kondisi Laher/Bearing

Selain tenaga mesin menjadi lemah, kondisi bearing yang sudah longgar atau aus, akan mengakibatkan suara mesin berisik dan tidak normal. Oleh sebab itu, jika kondisi bearing sudah rusak, segeralah ganti dengan yang baru agar suara mesin menjadi halus kembali.

  • Cek Kondisi Baut Penyetel Mata Serut

Pada roll penyerut, terdapat tiga buah pasang baut penyetel untuk mengatur mata serut. Jika kondisi baut tersebut kendor, maka mata serut akan goyang dan menimbulkan bunyi yang tidak normal. Untuk itu, jika mesin serut berisik, periksalah kondisi baut tersebut, jika kondisinya mengendur, segeralah untuk mengencangkannya kembali.

Mesin Serut Kayu Kadang Hdup Kadang Mati

  • Cek Kondisi Saklar

Kondisi saklar yang sudah tidak normal, akan mengakibatkan mesin terkadang masih dapat dihidupkan, namun jika sedang digunakan terkadang mati sendiri. Untuk itu, jika saklar sudah tidak berfungsi dengan normal, gantilah dengan yang baru.

  • Cek Kabel Power

Kabel yang akan terbakar juga dapat menyebabkan mesin kadang hidup kadang mati. Masalah ini biasanya memiliki gejala seperti kabel harus dilakukan agar mesin dapat hidup. Jika menemui tanda-tanda seperti itu, sebaiknya gantilah kabel power tersebut agar mesin dapat normal kembali.

Demikian ulasan mengenai cara memperbaiki mesin serut kayu dengan berbagai permasalahan yang terjadi. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top