Servis Cara Pasang Kapasitor Pada Genset

Cara Pasang Kapasitor Pada Genset

cara pasang kapasitor pada genset
Cara Pasang Kapasitor Pada Genset
Cara Pasang Kapasitor Pada Genset – Pada mesin genset yang memiliki kapasitas di bawah 2500 watt, terdapat sebuah komponen yang bernama kapasitor. Fungsi kapasitor tersebut yaitu sebagai pengontrol arus yang keluar pada generator genset.

Jika penggunaan listrik melebihi kapasitas daya listrik mesin genset, maka kapasitor tersebut akan rusak, biasanya akan terlihat dari perubahan bentuk kapasitor yang mengembung atau meleleh. Pengaruh dari kerusakan kapasitor tersebut mesin genset tidak keluar listrik.

Kapasitor memiliki fungsi dan tugas yang sangat penting pada mesin genset. Dengan adanya kapasitor pada mesin genset, dapat menghindari kerusakan pada gulungan generator genset terbakar. Oleh sebab itu, jika kapasitor genset mengalami kerusakan, maka harus diperbaiki dengan cara mengganti kapasitor yang baru.

Cara Memasang Kapasitor Pada Mesin Genset

Untuk memasang kapasitor pada mesin genset, yang harus dilakuan terlebih dahulu adalah menemukan letak posisi kapasitor tersebut. Pada mesin genset 2 tak (650 watt), letak kapasitor berada di bawah tangki bensin. Sedangkan untuk genset kapasitas 1000 watt atau 2000 watt, biasanya terletak di dalam kotak panel genset.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti kapasitor mesin genset adalah ukuran kapasitornya. Karena, untuk mengganti kapasitor pada genset ukurannya mesti sama dengan yang akan diganti.  Sehingga tidak menyebabkan generator genset menjadi panas. Karena, biasanya setiap merk genset memiliki ukuran kapasitor yang berbeda-beda.

Untuk mesin genset 2 tak, biasanya menggunakan ukuran kapasitor antara 12μF sampai 16μF. Sedangkan untuk mesin genset 1000 watt dan 2000 watt, ukuran kapasitornya biasanya antara 20μF sampai 24μF. Namun, untuk memastikan ukuran kapasitor genset, sebaiknya melihat pada fisik kapasitornya.

Jika sudah menemukan ukuran kapasitor yang tepat, maka segeralah pasang pada tempatnya. Untuk melepaskan kapasitor, cabut kabel koneknya. Dan untuk cara pemasangannya bebas (bisa bolak-balik) antara kedua kabelnya. Karena kapasitor tidak memiliki polaritas. Setelah kapsitor terpasang, cobalah untuk menghidupkan mesin genset. Dan lihat hasilnya, arus listrik telah keluar pada panel indikator genset.

Sekian dulu penjelasan mengenai cara pasang kapasitor pada mesin genset. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *