Home » Mesin » Bagian-Bagian Mesin Diesel Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Diesel Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+diesel
Bagian-Bagian Mesin Diesel

Bagian-Bagian Mesin Diesel Dan Fungsinya – Postingan kali ini akan membahas tentang komponen atau bagian-bagian mesin diesel dan fungsinya. Bagi yang ingin mengetahui apa saja nama komponen pada mesin diesel, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Mesin diesel adalah mesin penggerak yang menggunakan bahan bakar solar.Diantara fungsi mesin diesel yaitu sebagai sumber penggerak mesin-mesin industri, seperti mesin genset, mesin las, mesin molen, dan lain-lain.

Mesin ini sangat terkenal memiliki tenaga yang kuat. Karena hampir seluruh bagian-bagian yang ada pada mesin diesel ini terbuat dari bahan yang kuat, seperti baja dan besi tuang.

Diantara brand mesin diesel yang sudah terbukti kualitasnya antara lain kubota dan yanmar. Kedua merk mesin diesel tersebut memiliki bagian-bagian yang terbuat dari bahan berkualitas. Namun, ada juga merk mesin diesel dongfeng buatan china yang lebih ekonomis.

Perbedaan antara mesin diesel dan mesin bensin terletak pada bahan bakar dan sistem pengapian. Dimana mesin diesel tidak memiliki sistem pengapian. Oleh sebab itu, bagian-bagian dan cara kerja mesin diesel bisa dikatakan lebih simple dari mesin bensin.

Bagian-Bagian Mesin Diesel Dan Fungsinya

Setiap mesin memiliki bagian-bagain dengan fungsi yang berbeda antara bagian yang satu dengan lainnya. Berikut merupakan bagian-bagian yang terdapat pada mesin diesel dan fungsinya masing-masing.

1. Tanki Bahan Bakar (Full Tank)

Tangki bahan bakar adalah bagian mesin diesel yang berfungsi sebagai penampung bahan bakar solar. Tangki bahan bakar ini terbuat dari plat tebal dan memiliki lapisan anti karat di dalamnya, sehingga mampu mengurangi korosi yang disebabkan oleh bahan bakar tersebut. Pada tangki ini terdapat lubang keluar yang diatur oleh valve. Selain itu, ada juga lubang kembali untuk masuknya sisa bahan bakar yang tidak terpompa ke dalam ruang pembakaran.

2. Sistem Pendingin Mesin

Pada umumnya, ada dua jenis ruang pendingin yang digunakan pada mesin diesel pada mesin diesel, yaitu sistem dan radiator. Hooper itu sendiri merupakan sebuah tangki penampung air. Sedangkan radiator yaitu sebuah komponen pendingin berupa rangkaian pipa kapiler penampung air dan memiliki kipas pendingin. Fungsi dari air pendingin ini adalah untuk mendinginkan dinding ruang bakar agar suhunya stabil.

Baca Juga :  Bagian-Bagian Mesin Bor Tangan Listrik Dan Fungsinya

3. Filter Udara (Air Cleaner Assy)

Fungsi filter udara pada mesin diesel adalah untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Sehingga, udara yang masuk ke dalam ruang kompresi untuk pembakaran benar-benar bersih dan terbebas dari kotoran. Di dalam filte rudara inin terdapat jaring-jaring kertas yang mampu menyaring udara dari kotoran yang terhisap.

4. Knalpot

Knalpot merupakan bagian mesin diesel berupa sebuah cerobong yang berfungsi sebagai saluran pembuangan dari sisa pembakaran. Selain itu, knalpot ini juga berfungsi sebagai kedap suara yang dihasilkan oleh mesin diesel ketika dihidupkan.

5. Bosch Pump (Pompa Bahan Bakar)

Bosch pump adalah bagian mesin diesel yang berfungsi sebagai alat pompa bahan bakar. Tujuan dari pemompaan bahan bakar tersebut yaitu menciptakan pengkabuatan bahan bakar dan memompa bahan bakar agar memiliki tekanan tinggi.

6. Nozzle (Injector)

Nozzle adalah bagian yang berfungsi untuk membuat pengkabutan bahan bakar pada mesin diesel. Pengkabutan tersebut merupakan percikan butiran-butiran bahan bakar solar yang memiliki tekanan tinggi yang dihasilkan oleh sistem kerja antara bosch pump dan nozzle.

7. Indikator Oli

Indikator oli pada mesin diesel merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengontrol laju oli mesin. Apakah oli mesin tersebut telah menyebar ke seluruh bagian mesin ketika mesin diesel dihidupkan. Indikator oli ini digerakan oleh pompa oli yang terletak di bagian dalam mesin diesel.

8. Choke (Decomp Lever Assy)

Choke adalah sebuah tangkai yang digunakan untuk menekan klep pada proses menghidupkan mesin diesel. Klep yang ditekan oleh choke akan terbuka sehingga putaran mesin akan ringan tanpa kompresi pada proses menghidupkan mesin diesel.

9. Roda Gila (Fly Wheel)

Roda gila adalah sebuah besi yang berbentuk lingkaran yang menempel pada poros mesin diesel. Selain berfungsi sebagai sistem keseimbangan mesin, roda gila ini juga dapat digunakan untuk menentukan titik top mesin diesel.

10. Cylinder Head

Cylinder head atau kepala mesin merupakan bagian mesin diesel yang terdiri dari klep (valve), spring klep dan chamber (lubang dudukan nozzle). Pada cylinder head mesin diesel, terdapat ruang sirkulasi air yang berfungsi sebagai pendingin cylinder head tersebut.

Baca Juga :  Mesin Potong Rumput Dorong Dan Gendong

11. Cylinder Liner (Boring)

Cyilinder liner atau boring merupakan ruang pembakaran mesin diesel. Di sinilah alur tempat pergerakan piston yang bertugas pencipta kompresi pada mesin diesel.

12. Piston, Ring Piston, Connecting Road

Piston inilah yang merupakan jantung mesin diesel. Dimana pergerakan piston dan ring piston ini lah yang akan menghasilkan kompresi sebagai langkah usaha (pembakaran). Sedangkan connecting road (tangkai piston) merupakan bagian yang menghubungkan piston dengan ker as mesin diesel.

13. Rocker Arm Dan Push Road

Rocker arm merupakan bagian mesin diesel yang berfungsi untuk penyetelan klep. Sedangkan push road adalah bagian yang menghubungkan rocker arm dengan noken as mesin diesel.

14. Camshaft

Fungsi camshaft atau knoken as pada mesin diesel yaitu sebagai pengatur pergerakan klep. Selain itu, camshaft ini juga berfungsi sebagai pengatur gerakan pompa solar (bosch pump).

15. Crankshaft

Crankshaft atau sering disebut ker as merupakan poros utama mesin diesel. Dimana putaran ker as ini lah yang mengatur dan menjalankan seluruh komponen mesin diesel yang bergerak.

16. Gear Assy

Gear assy merupakan sekumpulan roda gigi penghubung yang menghubungkan antara poros utama (ker as) dengan poros-poros lainnya, seperti noken as, pompa oli, balancer dan poros engkol.

17. Metal Jalan

Metal jalan merupakan bagian mesin diesel yang terletak di antara ker as dan connecting road. Fungsinya yaitu sebagai pengaman ker as agar tidak mudah terkikis oleh pergerakan connecting road.

18. Governor Assy

Governor assy merupakan rangkaian yang bertugas mengatur banyak sedikitnya bahan bakar yang masuk ke dalam pompa solar. Dari pergerakan governor assy inilah mesin diesel dapat di gas dan dimatikan.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian mesin diesel dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top