Home » Mesin » Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

penyebab+kulkas+tidak+dingin
Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Penyebab Kulkas Tidak Dingin – Manfaat kulkas dalam kehidupan rumah tangga memang sangat penting. Alat ini berfungsi sebagai penyimpan dan pendingin makanan dan minuman agar lebih awet dan tahan lama. Namun, dalam penggunaannya, terkadang lemari pendingin ini mengalami masalah tidak bisa dingin meskipun mesin menyala. Sehingga sangat mengkhawatirkan kondisi makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya.

Dari berbagai penelusuran, penyebab Kulkas tidak dingin dapat tersebut ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu penggunaan yang menyalahi aturan pemakaian, atau bisa juga dikarenakan oleh adanya kerusakan pada komponen kulkas itu sendiri. Sehingga mengakibatkan sistem pendingin di dalam kulkas tidak berfungsi secara normal.

Keadaan kulkas yang tidak ingin tentu saja sangat merepotkan dan mengkhawatirkan bagi yang terbiasa menyimpan makanan di dalamnya. Oleh sebab itu, jika mengalami masalah pada kulkas yang tidak bisa dingin, harus segera diperbaiki agar makanan dan minuman yang tersimpan tidak berbahaya. Namun, untuk memperbaikinya, kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dan berikut merupakan beberapa penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

1. Bunga Es Menumpuk

Salah satu penyebab kulkas tidak dingin yang pertama adalah banyaknya bunga es yang menumpuk di dalam kulkas. Hal ini menyebabkan celah-celah udara tertutup oleh bunga es tersebut. Celah-celah udara tersebut berfungsi sebagai saluran pendingin di dalam kulkas. Jadi, apabila tertutup maka suhu di dalam kulkas tidak bisa dingin.

Cara mengatasi bunga es yang menumpuk di kulkas (freezer) sangat mudah. Cukup menurunkan pengaturan suhu dan membuka pintu kulkas. Untuk mempercepat proses pencairan bisa menghidupkan kipas angin dan menghadapkannya ke depan kulkas. Karena hal ini terbukti lebih efisien dalam melelehkan bunga es.

Setelah bunga es mencair, langkah selanjutnya yaitu membuang air yang berada di dalam penampung. Kemudian lap penampung tersebut dengan kain hingga kering. Dan yang terakhir adalah memasangkannya kembali ke tempatnya.

2. Makanan Panas Langsung Dimasukan Ke Dalam Kulkas

Memasukan makanan yang masih dalam keadaan panas juga menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Hal ini dikarenakan makanan panas menyebarkan suhu panas lebih domain di dalam kulkas. Sehingga, suhu dingin menjadi lambat dalam mendinginkan ruangan di dalam kulkas dan lama-lama kulkas menjadi tidak dingin.

Oleh sebab itu, sebaiknya dinginkanlah terlebih dahulu makanan yang panas sebelum di masukan kulkas. Hal tersebut merupakan cara paling efisien dalam menjaga suhu kulkas agar tetap dingin.

3. Letak Kulkas Terlalu Dekat Dengan Alat Pemanas

Selain makanan yang masih panas, meletakan kulkas pada alat pemanas lainnya juga dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Misalnya posisi kulkas berada di dekat kompor atau mikrowave (oven).

Oleh sebab itu, jauhkan posisi kulkas dengan peralatan yang menghasilkan hawa panas. Dengan begitu, maka kulkas dapat lebih awet dalam menjaga suhu dingin di dalamnya.

4. Freon Bocor Dan Habis

Freon merupakan komponen kulkas yang bertugas sebagai penghasil suhu dingin. Jika freon ini bocor dan sampai habis, sudah dipastikan jika kulkas tidak dapat menjadi dingin meskipun lampu suhunya terus menyala.

Jika mengalami kulkas tidak dingin, maka periksalah bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill. Bagian tersebut merupakan komponen kulkas yang berfungsi untuk melepas hawa panas. Jika disentuh tidak terasa panas, maka dapat dipastikan freon habis dan harus diisi ulang.

5. Pipa Saluran Freon Mampat

Pipa saluran freon merupakan bagian yang betugas menyalurkan suhu dingin ke suluruh bagian kulkas. Namun, banyak ditemukan pipa tersebut mengalami penyumbatan yang mengakibatkan kulkas tidak dingin.

Adanya saluran yang tersumbat biasanya ditandai oleh kompresor kulkas panas karena freon tidak mengalir. Oleh sebab itu, jika kulkas tak kunjung dingin meskipun pengaturan suhunya dinaiknan, ada kemungkinan pipa saluran freon mampat dan harus diganti.

6. Stop Kontak Tidak Berfungsi Dengan Baik

Sebagian perangkat elektronik menggunakan steker (colokan kabel) untuk menyambungkannya ke sumber listrik. Dan tempat untuk memasukan steker tersebut adalah stop kontak yang terbiasa terpasang permanen di dinding.

Dalam beberapa kasus pengguna kulkas, banyak yang tidak menyadari apabila stop kontak yang digunakan mengalami masalah dan tidak berfungsi dengan baik. Sehingga kulkas tidak dingin sebagaimana mestinya.

Untuk mengecek stop kontak, kita dapat menggunakan perangkat elektronik lainnya untuk mencoba menghidupkannya. Jika memang tidak berfungsi dengan baik, maka sebaiknya gantilah stop kontak tersebut.

7. Karet Pintu Kulkas Rusak

Penggunaan kulkas dalam jangka waktu yang lama, mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen. Seperti karet pintu kulkas, dimana pintu merupakan bagian kulkas yang selalu bergerak membuka dan menutup.

Karet pintu kulkas yang rusak mengakibatkan ruangan didalam kulkas tidak dapat tertutup rapat. Sehingga mengakibatkan kulkas tidak dingin.

Jika karet pintu kulkas rusak, kita bisa mengelem karet tersebut agar rapat kembali. Namun, jika kondisinya sudah tidak memungkinkan, maka sebaiknya gantilah karet tersebut dengan yang baru.

8. Kumparan Kondensor Kotor

Perawatan dan kebersihan kulkas perlu diperhatikan dengan benar. Terutama pada bagian kumparan Kondensor. Jika bagian tersebut kotor maka dapat menyebabkan kulkas tidak dingin.

Oleh sebab itu, bersihkan kulkas secara rutin. Bersihkanlah bagian dalam dan luar secara berkala, agar performa kulkas tetap terjaga dan suhunya tetap dingin.

Itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin. Sdilahkan share jika bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top