Home » Kelistrikan » Fungsi Stop Kontak Colokan Listrik

Fungsi Stop Kontak Colokan Listrik

fungsi stop kontak colokan listrik
Fungsi Stop Kontak Colokan Listrik
Fungsi Stop Kontak Colokan Listrik – Stop kontak atau yang sering disebut dengan outlet, merupakan alat listrik yang digunakan sebagai terminal penghubung arus listrik dengan peralatan yang menggunakan arus listrik. Agar peralatan listrik yang disambungkan tersebut dapat berfungsi.

Sebagian orang, menamai stop kontak ini dengan sebutan colokan listrik. Hal itu mungkin berdasarkan dari cara kerja alat tersebut, yaitu dengan mencolokkan (menacapkan) steker ke lubang stop kontak, sehingga arus listrik dapat mengalir ke perangkat yang dihubungkannya.

Fungsi Stop Kontak (Colokan Listrik)

Fungsi stop kontak itu sendiri dapat dilihat dari cara kerjanya. Yaitu sebagai terminal arus listrik. Biasanya, orang memanfaatkan stop kontak ini untuk mengalirkan arus listrik ke perangkat elektronik, seperti magicom, setrika, televisi, mesin pompa air, dan lain-lain. Dan sering juga untuk mencharger smartphone.

Alat listrik ini sering dijumpai di sekitar dinding-dinding rumah. Karena fungsi stop kontak ini memang dibutuhkan dan sangat membantu untuk menyalakan atau menghidupkan perangkat elektronik di rumah.

Jenis – Jenis Stop Kontak

Berdasarkan cara penempatan dan fungsinya, stop kontak ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Stop Kontak In Bow

fungsi stop kontak colokan listrik
Stop Kontak In Bow
Stop kontak in bow ini merupakan jenis stop kontak yang tertanam di tembok secara permanen. Biasanya untuk arus listrik yang memiliki tegangan tinggi. Stop kontak penempatannya agak tinggi di dinding, agar terhindar dari jangkauan anak-anak.

2. Stop Kontak Out Bow

fungsi stop kontak colokan listrik
Stop Kontak Out Bow
Merupakan jenis stop kontak yang terletak di luar tembok dan memiliki arus listrik tegangan kecil. Stop kontak ini biasanya digunakan untuk sementara, karena memang mudah untuk dipindah tempatkan.

3. Stop Kontak Saklar

Stop kontak saklar merupakan jenis stop kontak yang dilengkapi oleh saklar penghubung. Jika saklar, tersebut di posisi on, barulah arus listrik akan mengalir.
fungsi stop kontak colokan listrik
Stop Kontak Saklar

4. Stop Kontak Tunggal

Stop kontak tunggal merupakan jenis stop kontak yang hanya berupa sepasang kutub lubang colokan. 

5. Stop Kontak Terminal

Stop kontak terminal merupakan jenis stop kontak yang memiliki banyak lubang dan terdapat satu kabel steker. Stop kontak ini diasanya digunakan untuk menyambung jarak kabel yang jauh dari sumber listrik.

Demikianlah ulasan mengenai fungsi stop kontak (colokan listrik) pada perangkat listrik. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top