Home » Kelistrikan » Fungsi Saklar Listrik Dan Jenis – Jenis Saklar

Fungsi Saklar Listrik Dan Jenis – Jenis Saklar

fungsi+saklar+listrik
Fungsi Saklar Listrik

Fungsi Saklar Listrik Dan Jenis – Jenis Saklar – Ada banyak sekali jenis nama alat-alat listrik yang digunakan pada rangkaian listrik. Setiap komponen listrik tersebut memiliki fungsi yang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Salah satunya yaitu saklar, saklar adalah alat listrik ini sering digunakan untuk menyalakan dan menghidupkan lampu di rumah. Kali ini kita akan menjelaskan fungsi saklar dan jenis-jenis saklar yang sering digunakan pada instalasi listrik.

Fungsi Saklar Listrik

Fungsi saklar yang sebenarnya adalah alat listrik yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Jika keadaan terminal saklar tersambung (menutup), maka arus listrik akan mengalir. Sebalikya, jika keadaan terminal saklar terputus (membuka), maka arus listrik akan berhenti.

Banyak sekali perangkat listrik yang mengaplikasikan fungsi saklar pada kontruksinya. Diantara perangkat listrik dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan saklar, seperti televisi, lampu penerangan, mesin cuci, dan alat-alat lainnya yang menggunakan energi listrik.

Saklar juga difungsikan pada kendaraan, seperti motor dan mobil. Fungsi saklar tersebut biasanya digunakan untuk instalasi dinamo starter, pengaplikasian relay pada lampu sein, lampu penerangan, tombol klakson, pemindahan lampu dekat dan lampu jarak jauh.

Baca Juga :  Cara Mengganti Kabel Mesin Gerinda Tangan

Jenis – Jenis Saklar Dan Fungsinya

Pengaplikasian saklar biasanya selalu berkaitan dengan pemasangan kabel, lampu, dan pun stopk kontak. Namun tak hanya itu saja, karena masih banyak jenis yang difungsikan pada suatu instalasi kelistrikan. Berdasarkan fungsinya, saklar dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu sebagi berikut:

1. Saklar Seri

Saklar seri merupakan jenis saklar yang paling sederhana. Cara menggunakan dan merangkainya pun sangat mudah. Saklar seri ini sering dipakai  pada instalasi lampu di rumah.

2. Saklar Tukar

Saklar tukar ini sering dipakai di area hotel. Sehingga sering dinamai dengan saklar hotel. Fungsi saklar tukar ini adalah mengatur satu lampu dengan menggunakan dua saklar. Misalnya pengaplikasian pada lampu yang berada di langit-langit tangga.

3. Saklar Pemindah Arus

Saklar ini berfungsi untuk memindahkan jalur arus listrik yang berbeda. Misalnya saklar lampu pada motor dan mobil. Dimana kita dapat mengatur lampu jarak dekat dan jarak jauh hanya dengan menggunakan satu saklar pemindah arus.

4. Saklar Otomatis

Saklar otomatis merupakan jenis saklar yang bekerja secara otomatis. Saklar ini dapat kita jumpai pada mesin pompa air yang menggunakan otomatis. Saklar otomatis pompa air tersebut digerakan secara otomatis oleh tekanan air.

Baca Juga :  Cara Memasang Saklar Lampu Dan Stop Kontak

5. Saklar Mekanik

Saklar mekanik merupakan jenis saklar yang akan bekerja secara otomatis melalui sebuah proses perubahan parameter, seperti temperatur, posisi, dan tekanan. Salah satu perangkat yang sering menggunakan saklar jenis ini yaitu magicom (penanak nasi).

Penggunaan saklar memang sangat penting. Karena sangat memudahkan kita dalam mengatur arus listrik yang masuk dan keluar. Dengan sekali tekan, kita dapat mengontrol seluruh arus listrik yang yang mengalir pada suatu perangkat.

Dengan adanya saklar ini, pemakaian listrik juga menjadi lebih hemat. Karena, tanpa adanya saklar, kita tidak dapat memutuskan arus listrik pada sebuah perangkat tersebut. Akibatnya, arus listrik tidak dapat dihentikan dan akan mengalir terus-menerus.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi saklar dan jenis-jenis saklar listrik pada rangkaian listrik. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top