Home » Info Baru » Genset Adalah Mesin Apa?

Genset Adalah Mesin Apa?

genset adalah mesin apa?
Genset Adalah Mesin Apa?
Genset Adalah Mesin Apa? – Ketika kita berada di sebuah gedung atau tempat-tempat umum, pasti pernah melihat mesin yang selalu stanbay yang digunakan untuk antisipasi terjadinya pemadaman listrik. Ya, itulah yang dinamakan mesin genset. Lalu sebenarnya apa sih mesin genset itu? Apa fungsi genset tersebut?

Pengertian Genset

Genset adalah kependekan dari generator set. Sehingga, genset dapat diartikan gabungan dari dua komponen yang menjadi satu unit, yaitu mesin penggerak dan generator listrik.  Kedua komponen tersebut saling bekerjasama dalam menghasilkan arus listrik. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa genset adalah mesin yang dapat menghasilkan arus listrik untuk keperluan kelistrikan.

Berdasarkan jenis mesin penggeraknya, genset dibagi menjadi dua, yaitua genset bensin dan genset solar. Perbedaan dari kedua jenis genset tersebut diketahui dari jenis bahan bakarnya. Genset bensin  adalah genset berbahan bakar bensin, sedangkan genset solar adalah genset berbahan bakar solar (genset diesel).

Pada bagian generator genset, merupakan sepasang gulungan berupa armature dan stator, serta komponen listrik pelengkap lainnya, seperti kapasitor, AVR, dan komutator penyearah arus listrik (komutator). Generator genset tersebut akan menghasilkan energi listrik jika mesin penggeraknya berputar.

Fungsi Genset

Sebagai pembangkit listrik portable, fungsi genset adalah menghasilkan arus listrik. Kapasitas arus listrik yang dihasilkan oleh genset, tergantung dari besar kecilnya Medan magnet dan banyaknya jumlah lilitan tembaga pada generator.

Listrik yang dihasilkan genset, berupa tegangan arus 220 volt yang dapat langsung digunakan untuk keperluan pengganti listrik PLN. Sehingga, banyak tempat-tempat umum yang menyediakan genset secara stanby guna mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik.

Selain sebagai cadangan energi listrik, genset juga sering digunakan untuk perkerjaan malam hari yang jauh dari sumber listrik. Genset ini biasanya digunakan untuk penerangan atau untuk menjalankan alat-alat yang membutuhkan energi listrik untuk mengoperasikannya.

Cara Kerja Genset

Proses mesin genset hingga menghasilkan tegangan arus listrik merupakan cara kerja genset yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Berawal dari putaran mesin penggerak yang memutar rotor generator. Perputaran rotor tersebut menghasilkan induksi elektromagnetik. Dimana hukum faraday menyatakan bahwa aliran listrik dapat dihasilkan oleh perpindahan konduktor listrik.

Pada generator, stator merupakan bagian yang terbuat dari gulungan kawat dan magnet. Sehingga, perputaran rotor di dalam stator akan menghasilkan gaya tarik menarik yang menyebabkan listrik mengalir. Dari proses tersebutlah kemudian menghasilkan aliran listrik.

Bagian – Bagian Mesin Genset

Pada dasarnya, mesin genset terdiri dari dua bagian utama, yaitu mesin penggerak dan generator. Kedua bagian tersebut tentu saja memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Dan pada proses kinerja dari bagian-bagian genset tersebut akan menghasilkan sebuah energi listrik dengan kapasitas tertentu.

Mesin penggerak genset, merupakan bagian yang berfungsi untuk menggerakan putaran rotor pada generator. Sedangkan bagian generator itulah yang menghasilkan aliran listrik dengan kapasitas tertentu melalui siklus elektromagnetik.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu mesin genset dan penjelasanya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top