Home » Kelistrikan » Macam-Macam Fitting Lampu

Macam-Macam Fitting Lampu

macam+macam+fitting+lampu
Macam-Macam Fitting Lampu

Macam-Macam Fitting Lampu – Fitting adalah komponen listrik yang digunakan sebagai tempat dudukan lampu. Fitting lampu memiliki bermacam-macam bentuk dan ukuran. Pada artikel ini akan dibahas tentang macam-macam fitting lampu.

Bentuk fitting umumnya terdapat lubang di bagian tengahnya. Fungsinya adalah untuk menaruh lampu. Untuk menaruh lampu pada fitting, caranya yaitu dengan memutar lampu ke arah kanan. Jika ingin melepas, putarlah ke arah kiri.

Selain digunakan untuk meletakan lampu, fitting juga dapat mempercantik tata ruang rumah. Karena alat ini memiliki berbagai macam jenis dan bentuk yang didesain menarik. Lalu, apa saja macam-macam fitting? Berikut pembahasannya.

Macam-Macam Fitting Lampu Dan Fungsinya

Berdasarkan ukuran dan jenisnya, fitting lampu memiliki bermacam-macam jenis dan bentuk. Mulai dari fitting berukuran kecil hingga berukuran besar. Adapun jenis-jenis fitting lampu yaitu sebagai berikut:

1. Fitting E-12

Fitting E12 merupakan jenis fitting untuk ukuran lampu dop kecil. Biasanya digunakan untuk penempatan lampu-lampu hias berukuran kecil.

2. Fitting E-14

Fitting lampu E14 sedikit lebih besar dari fitting E12. Jenis fitting ini digunakan untuk lampu sedang. Biasanya digunakan untuk dudukan lampu pada kendaraan dan lampu-lampu hias berukuran sedang

3. Fitting E-27

Fitting E27 merupakan jenis fitting lampu yang paling umum. Ukuran fitting ini merupakan ukuran standar untuk dudukan lampu rumah yang sering dijumpai di kalangan rumah tangga maupun tempat-tempat umum.

Baca Juga :  Alat-Alat Listrik Dan Fungsinya

4. Fitting E-40

Fitting E40 adalah ukuran paling besar diantara jenis fitting listrik. Biasanya digunakan untuk lampu hemat energi pada gedung-gedung besar yang membutuhkan lampu penerangan dalam jangkauan yang luas.

5. Fitting Ulir

Fitting ulir merupakan jenis fitting yang bentuk lubangnya berupa ulir (drat). Fitting ini juga merupakan jenis fitting umum yang paling banyak digunakan untuk lampu.

6. Fitting Colok

Fitting Colok atau sering disebut juga fitting sumpit. Karena, untuk  penggunaannya yaitu dengan cara menancapkan lampu ke fitting. Berbeda dengan fitting ulir yang menempatkan lampunya dengan cara diputar.

7. Fitting Gantung

Fitting gantung adalah jenis fitting yang langsung dihubungkan ke kabel dan biasanya hanya digantung pada tempat yang tinggi. Fitting gantung ini sering digunakan pada lampu penerangan jalan.

8. Fitting Tempel

Fitting tempel adalah jenis fitting yang cara penempatannya ditempel di langit-langit rumah atau di dinding ruangan.  Sehingga fitting ini sering disebut dengan fitting permanen.

9. Fitting Kombinasi (T)

Fitting kombinasi merupakan jenis variasi fitting yang memiliki stop kontak di sisi-sisinya. Sehingga terlihat seperti huruf T. Fitting T ini biasanya digunakan untuk membuat cabang baru pada rangkaian listrik.

10. Fitting Downlight

Fitting diwnlight adalah jenis fitting yang memiliki cawan mengelilingi fittingnya. Jenis fitting ini biasanya digunakan untuk lampu penerangan di area yang luas. Dengan adanya cawan tersebut, cahaya yang dihasilkan oleh lampu dapat menyebar lebih luas dan lebih terang.

Baca Juga :  Fungsi Relay Dan Cara Kerjanya

11. Fitting Keramik

Fitting keramik merupakan jenis fitting yang bahan dasarnya dari keramik. Biasanya fitting keramik ini lebih tahan lama dan digunakan untuk instalasi lampu yang sifatnya permanen.

12. Fitting Plastik

Fitting plastik adalah jenis fitting yang terbuat dari bahan plastik. Biasanya fitting ini digunakan untuk lampu yang memiliki arus listrik kecil. Karena fitting plastik ini memang rentan meleleh jika panas.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam fitting lampu dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top