Home » Servis » Cara Memperbaiki Tuas Cup Sealer Macet

Cara Memperbaiki Tuas Cup Sealer Macet

cara memperbaiki tuas cup sealer macet
Cara Memperbaiki Tuas Cup Sealer Macet
Cara Memperbaiki Tuas Cup Sealer Macet – Pada mesin cup sealer gelas plastik terdapat tuas yang digunakan untuk menekan pemanas pada saat melakukan pengepresan. Namun, terkadang tuas tersebut macet tidak bisa digerakan. Sehingga, mesin cup sealer pun tidak dapat dioperasikan.

Meskipun kerusakan tersebut termasuk masalah yang tergolong ringan, namun banyak yang tidak tahu bagaimana cara memperbaiki tuas cup sealer macet tersebut. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengapa tuas tersebut bisa macet.

Penyebab tuas cup sealer macet tersebut hanya ada dua kemungkinan, yang pertama yaitu lubang alur pergeseran tuas yang terdapat pada pangkal tuas mengalami aus. Sehingga, apabila tuas diayun ke bawah, as pemanas tidak bergerak.

Sedangkan penyebab yang kedua dari tuas cup sealer yang macet adalah setik as yang terdapat pada komponen pemanas bergeser. Setik as tersebut ada dua batang. Dan jika kedua setik as ini tidak masuk ke lubangnya, maka akan menghambat pergerakan komponen pemanas menuju ke bawah. Sehingga, panas pun tidak bisa bergerak untuk mengepres.

Lalu  bagaimana cara memperbaiki tuas cup sealer macet tersebut? Berikut akan dijelaskan cara memperbaikinya agar tuas cup selaer tersebut dapat berfungsi normal kembali.

Cara Memperbaiki Tuas Cup Sealer Macet

Sebelum melakukan perbaikan pada tuas cup sealer macet, kita harus bisa menganalisa diantara kedua penyebab uang telah dijelaskan di atas. Dan untuk memperbaikinya adalah sebagai  berkut.

1. Jika lubang alur pergeseran tuas mengalami aus atau melebar, kita dapat mengatasinya dengan cara menutup kelebihan alur tersebut dengan di las. Namun, dalam menutup alur tersebut harus sesuai dengan langkah pergerakan tuas. Jangan sampai menutup terlalu banyak yang menyebabkan langkah tuas menjadi pendek.

2. Jika setik as cup selaer tidak masuk pada lubangnya, maka untuk mengatasinya yaitu menggeser mur setelan setik as yang terdapat pada komponen pemanas. Namun, jika setelah digeser dan setik as masih belum masuk lubang, maka kita harus menggeser lubang setik as tersebut dengan sedikit memangkas menggunakan gerinda sampai setik as masuk ke dalam lubangnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki tuas cup sealer macet. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top