Home » Penyebab Mesin Diesel Tidak Bisa Mati

Penyebab Mesin Diesel Tidak Bisa Mati

mesin+diesel+tidak+bisa+mati
Penyebab Mesin Diesel Tidak Bisa Mati

Penyebab Mesin Diesel Tidak Bisa Mati – Para pengguna mesin diesel pasti mengalami hal semacam ini, dimana ketika akan menghentikan mesin, tetapi malah mesin tidak bisa dimatikan. Tentu saja masalah ini akan membuat panik, dan pada akhirnya memilih jalan pintas untuk mematikannya, seperti menekan choke atau menutup kran solar.

Jika masalah seperti itu dibiarkan saja, maka akan terus terjadi dan mesin tetap tidak bisa dimatikan. Dan tentunya kita harus berani mengambil keputusan untuk memperbaikinya. Karena jika tidak segera diperbaiki, maka dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada mesin diesel.

Sebagai langkah awal sebelum melakukan perbaikan pada mesin diesel yang tidak bisa dimatikan, kita harus tahu sebenarnya apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut. Untuk itu, simak pembahasan berikut mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin diesel yang tidak bisa dimatikan.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Diesel Tidak Bisa Dimatikan

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mesin diesel tidak bisa mati, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Bosh Pump Macet

Penyebab yang pertama dari mesin diesel tidak bisa mati yaitu bosh pump atau pompa solar macet. Hal ini biasanya diakibatkan oleh oli mesin yang menggumpal di dalam bosh pump. Sehingga menyebabkan control sleeve tidak dapat bergerak dengan bebas.

Jika menemukan hal seperti ini, untuk mengatasinya yaitu dengan cara membongkar seluruh komponen yang ada di dalam bosh pump dan mencucinya dengan solar atau bensin hingga benar-benar bersih dari gumpalan oli.

2. Pinion Gear Aus

Pinion gear merupakan komponen yang ada di dalam bosh pump yang bertugas untuk menggerakan tuas plunger. Jika bosh pump macet dan kita terus menggerakkan tuas gas, maka akan mengakibatkan pinion gear menjadi aus. Akibatnya plunger tidak dapat bergerak, dan hal ini dapat menyebabkan mesin tidak dapat dimatikan.

Untuk mengecek pinion gear, kita harus membongkar bosh pump. Dan apabila menjumpai kondisi pinion gear aus, maka gantilah dengan yang baru.

3. Governor Arm Lepas Dari Control Sleeve

Penyebab yang kedua yaitu control sleeve terlepas dari governoor arm. Control sleeve adalah bagian yang berfungsi sebagai pengatur banyak sedikitnya solar yang masuk ke plunger. Jika tuas tersebut sampai lepas dari governoor arm, maka ada dua kemungkinan, yaitu antara mesin tidak bisa digas dan mesin tidak bisa dimatikan.

Untuk itu, jika mesin diesel tidak bisa mati, periksalah apakah posisi sleeve control mengait pada governoor arm. Jika dalam keadaan terlepas, maka segeralah untuk mengaitkan kembali tepat di tengah celah governoor arm.

4. Baut Adjuster Governor Berubah

Meskipun perubahan pada baut adjuster governoor jarang terjadi, namun tidak ada salahnya jika memeriksanya ketika mesin diesel mengalami masalah tidak dapat dimatikan. Karena pergeseran baut adjuster tersebut dapat menjadi penyebab mesin diesel tidak dapat dimatikan.

Mesin diesel merupakan mesin yang menghasilkan getaran cukup besar, sehingga tidak menutup kemungkinan jika baut adjuster governoor mengendur akibat getaran. Jika baut adjuster tersebut mengalami pergeseran, maka aturlah kembali ke keadaan normal.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab mesin diesel tidak bisa mati dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top