Home » Servis » Cara Mengatasi Mesin Diesel Dongfeng Susah Hidup

Cara Mengatasi Mesin Diesel Dongfeng Susah Hidup

mesin+diesel+dongfeng+susah+hidup
Mesin Diesel Dongfeng Susah hidup

Cara Mengatasi Mesin Diesel Dongfeng Susah Hidup – Dalam mengatasi masalah pada mesin diesel, memang membutuhkan ketelitian dalam mencari penyebabnya. Ap Jikaalagi jika mesin susah hidup, tentu saja kita harus mengecek satu per satu bagian yang memungkinkan menjadi penyebabnya. Dengan begitu, kita pasti akan mudah mengatasinya. Seperti yang akan dibahas pada kesempatan kali ini mengenai cara mengatasi mesin diesel dongfeng yang susah hidup.

Salah satu merk mesin diesel yang populer di masyarakat adalah dongfeng. Selain spare partnya mudah ditemukan, harganya juga terjangkau. Namun, hal itu sangat sebanding dengan kualitasnya. Karena, mesin diesel dongfeng ini sering mengalami masalah seperti susah dihidupkan ketika akan digunakan.

Sebenarnya, penyebab dari mesin diesel yang susah hidup karena kurangnya perawatan dan pengecekan pada bagian-bagian yang memang memiliki batasan umur. Sehingga, jika hal itu dibiarkan begitu saja, dapat menjadikan kerusakan yang serius dan mengakibatkan beberapa komponennya tidak berfungsi maksimal yang berpengaruh pada penurunan performa. Dan jika kerusakan sudah ditingkat yang parah, maka mesin tidak dapat hidup sama sekali.

Untuk itu, perawatan rutin pada mesin diesel perlu dilakukan untuk menghindari munculnya mesin susah hidup. Namun, jika mesin sudah terlanjur rusak, maka untuk mengatasinya harus dilakukan pemeriksaan dan pengecekan lebih lanjut. Untuk itu, berikut ini merupakan beberapa penyebab yang mengakibatkan mesin diesel sudah hidup dan cara mengatasinya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Diesel Dongfeng Susah Hidup

1. Kompresi Mesin Hilang

Penyebab pertama pada mesin diesel yang susah hidup yaitu hilangnya kompresi. Untuk mengecek kompresi mesin diesel, dapat dilakukan dengan mengengkol mesin diesel perlahan-lahan dan menekan choke. Jika choke dilepas dan mendapatkan tekanan balik, maka tandanya kompresi mesin masih bagus. Namun, jika tidak mendapati tekanan sama sekali (ngempos), maka kompresi mengalami kebocoran.

Kebocoran yang menyebabkan kompresi mesin diesel, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dan faktor-faktor tersebut antara lain :

  • Klep Dan Sitting Klep Rusak

Jika menemukan masalah pada klep, seperti klep bengkok, klep patah, atau sitting klep aus (habis), maka harus mengganti komponen klep tersebut dengan yang baru. Karena kerusakan pada klep ini akan mengakibatkan klep tidak dapat menutup rapat. Sehingga akan terjadi kebocoran pada ruang kompresi. Setelah melakukan penggantian pada komponen klep tersebut, lakukanlah proses penyekiran, agar klep dan sitting dapat menutup sempurna.

  • Ring Piston Aus

Fungsi ring piston sangat berpengaruh terhadap bagus dan tidaknya tekanan kompresi. Jika ring piston aus, dapat menurunkan tekanan kompresi yang mengakibatkan mesin susah dihidupkan.

Gejala dari ring piston yang telah aus dapat terlihat dari mesin diesel kelar asap putih pada saat dihidupkan. Oleh karena itu, jika ring piston mengalami masalah seperti aus atau patah, lakukanlah penggantian pada ring piston tersebut dengan yang baru.

  • Boring Rusak

Boring merupakan tempat pembakaran mesin. Dinding boring inilah yang bergesekan langsung dengan ring piston. Sehingga, dalam kurun waktu tertentu pasti akan aus akibat gesekan tersebut.

Jika boring telah aus (rusak), tentu saja akan mengakibatkan celah ring piston menjadi longgar. Sehingga mengakibatkan tekanan kompresi akan menurun. Oleh karen itu, jika boring telah aus, maka gantilah boring tersebut dengan yang baru.

2. Tekanan Solar Lemah

Penyebab mesin diesel susah hidup yang kedua yaitu tekanan solar mengalami penurunan. Hal ini dapat ditandai oleh hilangnya bunyi pancaran solar ketika mesin diesel diengkol. Bunyi tekanan solar yang bagus akan terdengar keras dan jelas pada saat mesin diesel diengkol.

Jika mendapati tekanan solar lemah atau hilang, yang perlu di cek adalah bosch pump dan nozzle. Kedua komponen tersebutlah yang bekerja sama dalam menghasilkan bagus dan tidaknya tekanan solar.

3. Packing Head Rusak

Packing head merupakan bagian pembatas antara ruang kompresi dengan silinder head. Mesin diesel yang sudah lama tidak dibongkar atau diservise, packing head akan mengalami penyusutan (rusak) yang mengakibatkan kompresi mesin bocor ketika mesin diesel panas. Sehingga mengakibatkan mesin diesel susah dihidupkan.

Untuk mengatasinya packing head yang rusak yaitu dengan mengganti packing head yang baru. Caranya yaitu melepas silinder head mesin diesel. Setelah sisa packing yang lama dibersihkan, pasanglah packing head baru dengan posisi yang benar.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mesin diesel dongfeng susah hidup. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top