Home » Mesin » Mesin Perontok Padi Modern

Mesin Perontok Padi Modern

mesin perontok padi modern
Mesin Perontok Padi Modern

Mesin Perontok Padi Modern – Mesin perontok padi atau yang sering disebut tleser merupakan alat yang berfungsi untuk merontokan padi dari gagangnya setelah  dipanen. Alat ini digunakan oleh petani modern guna memudahkan dalam melepaskan butiran-butiran padi sebelum dijemur.

berbeda sekali dengan jaman dahulu. Dimana para petani harus merontokan padi hasil panennya dengan cara di pukulkan ke peralatan yang masih tradisional. Yaitu berupa paparan bambu yang dibentuk dan disusun rata yang sering disebut dengan papan gempyok.

Namun seiring berkembangnya jaman dan tehnologi, kini telah hadir mesin perontok padi terbaru yang super canggih tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga untuk menjalankannya. Mesin tersebut bernama thresher (tleser) yang dirancang khusus untuk merontok padi.

Mesin perontok padi modern ini memiliki sistem kerja yang sederhana. Yaitu perontok yang berbentuk lingkaran gigi yang yang diputar atau dijalankan menggunakan mesin penggerak. Mesin penggerak tersebut bisa berupa mesin bensin maupun mesin diesel (solar).

Putaran lingkaran gigi tersebut memiliki poros yang ujungnya terdapat puli. Sedangkan puli tersebut digerakan oleh vanbelt yang terhubung dengan mesin penggerak. Jadi jika mesin penggerak dihidupkan, maka gigi-gigi perontok tersebut akan berputar sesuai putaran mesin penggerak.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mesin perontok padi ini dijalankan oleh mesin penggerak. Dan jenis-jenis mesin penggerak dari mesin tleser tersebut antara lain :

1. Mesin Penggerak Bensin Tipe GX 270

Mesin penggerak dari perontok padi yang pertama yaitu mesin bensin bertipe gx 270 yang memiliki kekuatan 9 PK. Mengapa harus 9 PK ? Sebenarnya bisa saja menggunakan tipe gx 160, namun tenaga yang dihasilkan kurang maksimal untuk menggerakan mesin perontok padi tersebut. Yang terjadi mesin gx 160 tersebut akan menggerung dan akibatnya akan cepat rusak.

Oleh sebab itu, sangat disarankan jika untuk meengerakan mesin perontok padi, harus menggunakan mesin bensin bertipe gx 270. Karena putaran mesin akan lebih ringan disaat mesin perontok padi tersebut digunakan untuk bekerja.

2. Mesin Penggerak Diesel

Mesin diesel telah dikenal memiliki tenaga yang kuat. Oleh karena itu, jika akan menggunakan penggerak mesin diesel, cukup yang berukuran kecil atau mesin diesel tipe R 175. Karena mesin diesel tipe tersebut sudah cukup mampu untuk menggerakan mesin perontok padi.

Namun, mesin penggerak diesel juga terkenal dengan bobotnya yang berat. Oleh karena itu, para petani lebih banyak yang memilih mesin penggerak bensin dari pada mesin diesel untuk menggerakan mesin perontok padi.

Itulah penjelasan singkat mengenai mesin perontok padi. Dan kita tidak perlu repot untuk merontokan padi di jamam modern ini. Karena telah tersedia alat canggih untuk merontokan padi saat musim panen.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top