Info Baru Fungsi Kompresor Dalam Pekerjaan Sehari – Hari

Fungsi Kompresor Dalam Pekerjaan Sehari – Hari

fungsi+kompresor
Fungsi Kompresor Dalam Pekerjaan Sehari – Hari
Fungsi Kompresor Dalam Pekerjaan Sehari – Hari – Kompresor merupakan alat yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan angin yang dimampatkan dan disimpan dalam sebuah tabung. Tekanan angin tersebut, kemudian akan digunakan untuk keperluan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan tekanan angin.

Kegunaan kompresor angin ini sering sekali diterapkan dalam peralatan elektronik, misalnya air conditioner (AC), kulkas, dan lain-lain. Dan juga banyak dimanfaatkan di dunia perbengkelan dan industri. Seperti untuk mgenoperasikan peralatan yang menggunakan sumber energi angin.

Banyaknya manfaat dari kompresor, pada kesempatan kali akan mencoba memberikan info tentang apa saja fungsi kompresor angin yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan berikut merupakan beberapa pekerjaan yang memanfaatkan tekanan angin dari mesin kompresor.

1. Memompa Ban Kendaraan

Fungsi kompresor angin yang pertama yaitu untuk memompa ban kendaraan seperti sepeda, motor, dan mobil. Dengan menggunakan alat pemompa, angin yang tersimpan pada sebuah kompresor akan dialirkan ke ban roda melalui tutup angin yang ada di roda kendaraan.

2. Untuk Pengecatan

Pengecatan yang menggunakan spray memanfaatkan angin yang berasal dari kompresor untuk menyemburkan cat yang ada pada tabung spray. Sehingga, cairan cat akan keluar menjadi butiran-butiran halus yang digunakan pada proses pengecatan.

3. Membersihkan Kotoran

Kompresor juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada spare part yang susah dijangkau oleh tangan. Hal ini biasanya dilakukan ketika melakukan servis pada kendaraan. Dengan memanfaatkan angin kompresor, spare part yang habis dicuci akan disemprot sampai bersih sebelum dipasang kembali.

4. Penggerak Hidrolik Pencongkel Ban

Pada sebuah bengkel roda kendaraan, biasanya terdapat sebuah alat yang digunakan untuk mengganti ban roda kendaraan. Alat tersebut memanfaatkan angin kompresor untuk mengoperasikan pencongkelnya agar bisa bergerak turun dan naik ketika melepas dan memasang ban roda kendaraan.

5. Untuk Mengoperasikan Nail Gun

Nail gun adalah mesin / alat yang digunakan untuk menancapkan paku. Alat ini memanfaatkan tekanan angin yang berasal dari kompresor untuk pengoperasiannya. Dengan adanya tekanan angin yang dilepas melalui panelnya, maka paku akan keluar dan menancap pada bidang yang dikehendaki.

6. Untuk Penyelaman

Angin kompresor juga berfungsi sebagai oksigen ketika melakukan penyelaman.  Penyelaman seperti ini biasanya dilakukan ketika memperbaiki bagian bawah kapal yang mengalami kerusakan.

7. Mengoperasikan Peralatan Angin

Ada beberapa peralatan yang menggunakan tekanan angin untuk mengoperasikannya. Seperti gerinda angin, bor angin, sender, dan lain-lain. Peralatan tersebut hanya dapat dijalankan dengan energi angin. Sehingga, banyak yang memanfaatkan kompresor untuk mengoperasikannya.

Itulah beberapa fungsi kompresor dalam pekerjaan sehari-hari. Mengingat pentingnya peranan sebuah kompresor, maka perawatan pada mesin kompresor harus benar-benar diperhatikan.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *