Home » Info Baru » Cara Kerja Mesin Diesel

Cara Kerja Mesin Diesel

cara+kerja+mesin+diesel
Cara Kerja Mesin Diesel

Cara Kerja Mesin Diesel – Dalam melakukan usaha pembentukan tenaga, mesin diesel memiliki cara kerja yang berbeda dengan mesin bensin. Perbedaannya terletak pada sistem pembakarannya. Dimana mesin diesel tidak memerlukan busi untuk memicu pembakaran. Mesin diesel hanya memerlukan kompresi yang tinggi untuk melakukan pembakaran. Lalu, bagaimana cara kerja mesin diesel?

Mesin diesel merupakan mesin penggerak yang memiliki cara kerja pembakaran internal (combustion engine), yaitu memanfaatkan tekanan kompresi dan suhu yang tinggi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Namun, untuk siklus kerjanya umumnya sama, yakni dimulai dari langkah hisap hingga proses pembuangan sisa pembakaran.

Cara kerja mesin diesel juga didukung penuh oleh fungsi dari komponenya. Diantaranya yaitu piston, nozzle, serta valve in-ex. Piston berfungsi sebagai pembuat kompresi, nozzle berfungsi untuk mengirim bahan bakar. Sedangkan valve in-ex bertugas mengatur langkah hisap dan langkah buang. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Cara Kerja Mesin Diesel

Pada mesin diesel 4 tak memiliki empat langkah kerja dalam pembentukan tenaga. Dimulai dari langkah hisap, langkah kompresi, langkah pembakaran, dan langkah pembuangan. Berikut penjelasannya.

1. Langkah Hisap

Langkah hisap dimulai dari pergerakan piston dari titik mati atas (TMA)  menuju titik mati bawah (TMB). Pada langkah ini, katup hisap (valve in) akan membuka dan menghisap udara dari luar melalui intake (saluran hisap) menuju ke dalam ruang bakar (silinder blok). Sedangkan katup buang (valve ex) akan menutup untuk mencegah udara keluar dari saluran pembuangan (exhouse).

Baca Juga :  Tipe Dan Harga Mesin Gerinda Tangan Maktec

2. Langkah Kompresi

Langkah kompresi merupakan langkah pergerakan piston dari titik mati bawah (TMB) menuju ke titik mati atas (TMA). Pada langkah ini, katup hisap dan katup buang akan menutup secara bersamaan. Sehingga, suhu dan tekanan di dalam ruang pembakaran akan meningkat dan berubah menjadi ruangan panas bertekanan tinggi.

3. Proses Pembakaran

Sebelum beberapa detik langkah piston mencapai titik mati atas (TMA), nozzle akan mengirim bahan bakar. Sehingga, terjadilah pertemuan antara udara panas bertekanan tinggi dengan partikel-partikel bahan bakar solar. Ketika langkah piston berada di puncak titik mati atas (TMA), terjadilah pembakaran yang menghasilkan tenaga dan mendorong piston menuju kembali ke titik mati bawah (TMB).

4. Langkah Pembuangan

Langkah pembuangan merupakan pergerakan piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju ke titik mati atas (TMA). Pada langkah ini, katup hisap akan menutup. Sedangkan katup buang akan membuka dan membuang sisa gas pembakaran menuju saluran exhause (kanlpot).

Karakteristik Mesin Diesel

Dengan mengandalkan kompresi tinggi pada siklus kerjanya, mesin diesel umumnya terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan terhadap suhu yang tinggi. Berbeda dengan mesin bensin yang umumnya terbuat dari bahan aluminium. Berikut merupakan beberapa karaktersitik mesin diesel yang perlu kita ketahui.

  • Mesin diesel menggunakan bahan bakar solar, biosolar, pertadex, dan shell super untuk membentuk tenaganya
  • Tidak membutuhkan busi untuk melakukan pembakaran
  • Memiliki rasio kompresi lebih besar daripada mesin bensin, yaitu sekitar 15 : 1 sampai 22 : 1
  • Torsi dan tenaga mesin diesel dapat dicapai pada rpm yang lebih rendah dibanding mesin bensin
  • Torsi puncak yang dihasilkan mesin diesel lebih tinggi dari pada mesin bensin
  • Suara dan getaran pada mesin diesel lebih besar dari pada mesin bensin
  • Bahan pembuatan mesin diesel lebih kuat dari pada mesin bensin
Baca Juga :  Fungsi Kunci L (Bintang Dan Hexagonal)

Meskipun lebih bertenaga jika dibandingkan dengan mesin bensin, namun mesin diesel juga memiliki kekurangan. Kelebihan dari mesin diesel yaitu harga bahan bakarnya murah, mesin tangguh, lebih awet, lebih efisien karena tidak menggunakan busi pada sistem kerjanya.

Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh mesin diesel adalah memiliki harga beli lebih mahal dibanding mesin bensin, menggunakan aki berkapasitas besar untuk melakukan start, suara dan getaran yang dihasilkan sangat besar, dan rentan mengalami kerusakan jika kehabisan bahan bakar.

Demikianlah pembahasan mengenai langkah-langkah bagaimana cara kerja mesin diesel. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top